Su’udi, Ach. (2011) Metode pendidikan anak dalam keluarga: Analisis pola pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Text (Fulltext)
07110232.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Anak merupakan rahmat dari Allah SWT, kepada orang tuanya yang harus disyukuri, dididik dan dibina agar menjadi orang yang baik, berkepribadian kuat dan berakhlak terpuji, merupakan keinginan setiap keluarga terutama orang tua dan semua guru. Islam juga telah mengajarkan kepada kita bahwa anak itu membawa berbagai potensi yang selanjutnya apabila potensi tersebut dikembangkan ia akan menjadi manusia yang secara fisik dan mental memadai.
Oleh karena itu, agar anak-anak kelak mempunyai tabiat yang baik, maka harus dididik sesuai dengan ajaran-ajaran Islam terutama dalam cara mendidik anak. Salah satu alternatif diberikan Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam yang menawarkan bagaimana sebaiknya kita sebagai para pendidik terutama para orang tua dalam mendidik anak, khususnya yang berkaitan dengan metode pendidikan anak dalam keluarga.
Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul “Metode Pendidikan Anak Dalam Keluarga (Analisis Pola Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam yang penulis jadikan sebagai tema dalam penelitian ini.
Berpijak dari latar belakang di atas, maka permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah metode pendidikan anak dalam keluarga menurut konsep Abdullah Nashih Ulwan sebagaimana tertuang dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, metode pendidikan anak dalam keluarga ditinjau dari segi: Psikologi, Sosiologi, dan Religi.
Adapun tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pendidikan anak dalam keluarga menurut konsep Abdullah Nashih Ulwan, metode pendidikan anak dalam keluarga ditinjau dari segi: Psikologi, Sosiologi, dan Religi.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian library research dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif analisis kritis. Dan agar hasil penelitian berjalan dengan baik, maka dalam pengumpulan datanya, penulis menggunakan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisisnya, penulis menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, dapat disampaikan di sini bahwasanya Metode pendidikan anak dalam keluarga menurut pola pemikiran Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, merupakan metode pendidikan yang efektif dan efisien, yang bersumber langsung pada al-Qur’an dan al-Hadits. Dalam pandangan syekh Abdullah keteladanan kedua orang tua merupakan salah satu metode yang cukup efektif untuk mendidik anak, karena anak suka meniru dengan apa yang dilihat dan didengar. Dengan pembiasaan pendidikan Islami dan pembiasaan hidup dilingkungan Islami secara kontinu akan menjadikan kebiasaan itu dapat mengantarkan anak menjadi sosok yang mempunyai akhlak yang mulia. Dengan nasehat anak akan sampai pada pengetahuan yang sebenarnya, mendorong untuk berbuat kebajikan, menghiasi dengan akhlak yang mulia, dan utamanya nasehat dapat membekalinya dengan prinsip-prinsip Islam. Dengan perhatian/pengawasan terhadap aspek iman, mental, moral, fisik, spiritual, dan sosial anak akan dapat menciptakan generasi muslim yang memiliki kepribadian integral, matang, dan sempurna, yang dapat memenuhi hak semua orang. Dengan hukuman akan dapat memperbaiki kekhilafan dan kesalahan anak, sehingga membuat anak jera. Sedangkan dalam penerapan metode pendidikan anak ini terhadap anak, dimulai sejak seorang anak sudah dapat berfikir dan memahami realitas kehidupan sampai usia dewasa.
Sementara metode pendidikan anak dalam keluarga menurut Abdullah Nashih Ulwan ditinjau dari aspek: psikologi, sosiologi, dan religi, mempunyai pengaruh yang sangat menentukan terhadap perkembangan psikologis, sosiologis dan religius anak sehingga dapat menjadi manusia yang berkepribadian muslim yang bulat lahiriah dan batiniah sehingga mampu mengabdikan segala amal perbuatannya untuk mencari keridaan Allah Swt.
Oleh karena itu, perlu kiranya penulis memberikan sumbangan pemikiran berupa saran-saran antara lain: pertama, bagi para pendidik (orang tua/ustadz/guru dll.) baik dilingkungan keluarga, maupun disebuah lembaga formal dan nonformal hendaknya tidak hanya mementingkan materi pendidikan saja, namun juga harus memperhatikan dan menggunakan metode pendidikan yang bersumber dari ajaran Islam, karena tanpa itu semua sangat mustahil meraih tujuan pendidikan itu sendiri. Kedua, bagi keluarga dan masyarakat. Kalau kita melihat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa angka kenakalan remaja sangat tinggi, untuk mewujudkan manusia yang berkepribadian muslim yang bulat lahiriah dan batiniah, tentu tidak akan mudah. Maka dari itu selain faktor intern keluarga, pertumbuhan dan perkembangan anak juga harus disterilkan dari pergaulan dilingkungan ekstern keluarga.
ABSTRACT
Child is a blessing from Allah Swt to his parents who should be thankful for, and he must be educated and nurtured to become a good person. Being strong personality and admirable character is the wish of every families, especially parents and all teachers. Islam also has teaches us that the child was carrying a variety of potential further if the potential is developed it will physically and mentally become a good person.
Therefore, in order to have good behavior, so the children must be educated based on Islamic doctrine especially in the way of educating children. One of alternatives conveyed by Abdullah Nashih Ulwan in the book Tarbiyatul Aulad Fil Islam that offers how we as educators, especially parents should educate their children, especially the methods related with children education in the family.
From the background study the writer wants to discuss it in a thesis entitled "Methods of Children Education in the Family (Analysis of Abdullah Nashih Ulwan‘s Thought Pattern In the Book Tarbiyatul Aulad Fil Islam) that is made as a theme by the writer in this study.
Based on the explanation above, the issues that the writer want to be answered in this study is the method of children education in the family according to the concept of Abdullah Nashih Ulwan as it contains in the Book Islam Tarbiyatul Aulad Fil Islam, the effectiveness of children educational methods in the family: Psychology, sociology, and religion.
The purpose of this study was to know the method of children education in the family according to Abdullah Nashih Ulwan’s concept, the effectiveness of children educational methods in the family: Psychology, sociology, and religion.
The Research done by the writer is library research using a qualitative descriptive approach of critical analysis. And in order to the research results is well, so the writer uses the method of documentation in collecting data. whereas, in analyzing, the writer uses the technique of content analysis. From the research results that the writer got, it can be explaned here that the method of children education in the family according to the Abdullah Nashih Ulwan’s view in the book Tarbiyatul Aulad Fil Islam is an effective and efficient method, which is sourced directly on al-Quran and al-hadith. In sheikh Abdullah’s view that the exemplary of both parents is one of the most effective methods for educating children, because the children like to imitate what they seen and heard. By being habituation of Islamic education and living in Islamic environment continually, it will drive a child having a noble spirit. With the child advice which is the actual knowledge, encouraged to do good, adorned with a noble spirit, and especially the advice that can teach Islamic principles. By giving attention or controling to the faith aspects, mental, moral, physical, spiritual, and social development will be able to create a generation of Muslims who have an integral, mature, and perfect personality which can fulfill the right of all people. By the punishment, it will make child realize his mistake than he can be deterrent. The application of this child education method bagan when a child can think and understand the realities of life until adulthood.
While the child educational methods in the family according to Abdullah Nashih Ulwan in psychology aspects: sociology, and religion, has a crucial influence on the psychological development, so the child’ can be the human that has Muslim personality totally which are able to devote all deeds to seek pleasure of Allah.
Therefore, the writer need to ontribute ide as suggestions include: first, for educators (parents/ustadz/teacher etc.) even in family environment, formal and nonformal institutions they should not only be concerned with educational materials, but also should pay attention and use educational methods that is sourced of the teachings of Islam, because it is quite impossible to achiev the goal of education itself without them. Secondly, for family and socity , If we see the results of reaserch showing that the rate of juvenile delinquency is very high, so it not easy to realize the human to have Muslims personality totally, which is able to devote all his deeds to seek pleasure of Allah. Beside the internal factors-family, the growth and development of children should also be cared from the external relationships - environment.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Pendidikan Anak; Keluarga; Abdullah Nashih Ulwan; Methods for Children Education; Families; Abdullah Nashih Ulwan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2022 15:42 | ||||||
Last Modified: | 25 Nov 2022 15:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41791 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |