Pendidikan keterampilan sebagai upaya peningkatan life skill santri di Pondok Pesantren An-Nur III Murah Banyu Bululawang Malang

Faizah, Lailatul (2008) Pendidikan keterampilan sebagai upaya peningkatan life skill santri di Pondok Pesantren An-Nur III Murah Banyu Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03110100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan keterampilan merupakan suatu kepentingan dan kebutuhan para santri sebagai modal untuk manusia yang bersemangat wiraswasta (entrepreneurship) dan sekaligus menunjang pembangunan masyarakat di lingkungan pondok pesantren. Selain itu, pendidikan keterampilan diperlukan dalam rangka menseimbangkan antara otak, hati, dan keterampilan tangan yang secara integral merupakan pengembangan pada diri anak. Bahkan tidak semua santri dapat mengembangkan pendidikan keterampilan yang ada di pondok pesantren. Karenanya bagaimana pelaksanaan pendidikan keterampilan sebagai upaya peningkatan life skill santri khususnya di pondok pesantren An-Nur III ”Murah Banyu” Bululawang Malang.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan pendidikan keterampilan sebagai upaya peningkatan life skill santri di pondok pesantren An-Nur III ”Murah Banyu”. Faktor apakah yang mendukung dan menghambat dalam pendidikan keterampilan sebagai upaya peningkatan life skill santri di pondok pesantren An-Nur III ”Murah Banyu”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pendidikan keterampilan dalam upaya peningkatan life skill santri di pondok pesantren An-Nur III ”Murah Banyu” Mendeskripsikan faktor apakah yang mendukung dan menghambat dalam pendidikan keterampilan sebagai upaya peningkatan life skill santri di pondok pesantren An-Nur III ”Murah Banyu”.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulkan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisisnya menggunakan metode dedskriptif kualitatif.

Hasil penelitian yang dilakukan bahwasanya pelaksanaan pendidikan keterampilan sebagai upaya peningkatan life skill santri dilaksanakan seminggu sekali di gedung keterampilan yang diberikan oleh pembina kepada para santri. Pelaksanaan tersebut didukung oleh beberapa faktor pendukungnya adalah dukungan dari penagsuh, adanya potensi dan minat santri, serta pembina yang profesional. Hal tersebut juga dihambat oleh kurang latihan bagi santri, terbenturnya waktu karena banyak kegiatan yang ada di pesantren, serta kurangnya motivasi bagi santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hasyim, Farid
Keywords: Pendidikan Keterampilan; Upaya Peningkatan; Life Skill; Pondok Pesantren
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:08
Last Modified: 09 Aug 2016 02:08
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4179

Actions (login required)

View Item View Item