Prayitno, Handoko (2012) Tipologi pemikiran pendidikan Islam perspektif Muhaimin dan kontribusinya dalam perkembangan Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110178.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Muhaimin adalah seorang tokoh dalam pembaruan pendidikan Islam yang memiliki kapakaran di bidangnya. Dia juga merupakan salah satu Guru Besar dalam bidang ilmu pendidikan Islam. Konsep pemikirannya condong pada pendidikan Islam, dia banyak memberikan sumbangsih pemikiran dan pandangan tentang pendidikan Islam, dia mampu membandingkan tentang kajian pemikiran pendidikan Islam, banyak karya-karya yang dia terbitkan dalam mewarnai pemikiran pendidikan Islam srta dia mampu mentipologikan pemikiran pendidikan Islam yang berkembang. Sehingga dari konsep pemikirannya Muhaimin banyak memberikan kontribusi dalam perkembangan pendidikan secara umum dan pendidikan Islam secara khusus.
Untuk itulah peneliti memberikan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep pemikiran pemikiran pendidikan Islam perspektif Muhaimin; (2) Bagaimana tipologi pemikiran pendidikan Islam perspektif Muhaimin; (3) Bagaimana kontribusi pemikiran Muhaimin terhadap pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
Penelitian ini menggunakan penelitian library research atau penelitian kepustakaan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Sumber data primer adalah buku-buku karya Muhaimin tentang pendidikan Islam dan hasil wawancara dengan Muhaimin dan data sekunder adalah menganalisis buku-buku literatur yang mendukung pembahasan skripsi ini. Dalam analisis, penulis menggunakan content analisis yakni pemahaman secara konsepsional yang berkelanjutan didalam deskripsi, artinya melakukan analisis terhadap makna yang terkandung dalam keseluruhan pemikiran Muhaimin tentang pemikiran pendidikan Islam guna mendapatkan suatu kesimpulan.
Hasil penelitian yang penulis dapatkan menunjukkan bahwa konsep pemikiran Muhaimin menekankan pada proses transformasi dan internalisasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai (nilai ilahi dan nilai insani) pada diri anak didik melalui penumbuhan dan pengembangan potensi fitrahnya (menumbuhkan, mengembangkan, memelihara dan menjaga potensi laten) serta menyelamatkan potensi tersebut (terlindungi dalam koridor Islam dan tetap berada di atas jalan yang benar yang diridhai oleh Tuhan), dan menyiapkan mereka untuk hidup di masa depan. Konsep pemikiran Muhaimin dalam pemetaan kelima tipologi yang dia jabarkan menunjukkan atas kecondongannya pada teori Kognitivisme. Dimana teori ini memiliki asumsi filosofis, yaitu the way in which we learn. Pengetahuan seseorang diperoleh berdasarkan pemikiran. Kontribusi riil pemikiran Muhaimin tentang pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang terbentuk dalam konsep tarbiyah ulu al-Albab dan konsep kurikulum yang dia rintis sejak dulu dan sampai sekarang tetap teraktualisasikan dengan modifikasi yang ada sesuai dengan perkembangan pendidikan dan teknologi di masyarakat.
ABSTRACT
Muhaimin is a leader in education reform Islam that has expertise in his field. He was also one of the Professors in Islamic education. The concept of lean thinking on Islamic education, he has a lot to contribute ideas and views on Islamic education, he was able to compare assessment about Islamic education, many of his works which he published in the coloring of Islamic educational and he is able to perform typology in growing Islamic education thought. By the the concept of his thought, Muhaimin contribute a lot in the development of education in general and Islamic education in particular.
For this reason researchers give the formulation of the problem as follows: (1) How does the concept of Islamic education thought from the perspective of Muhaimin; (2) How does the typology of Islamic educational thought from Muhaimin perspective, (3) How to contribute ideas Muhaimin of Islamic education in the State Islamic University (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.
This study uses a research library research or library research. The authors collected data using the method of documentation and interviews. The primary data sources are books about Islamic education Muhaimin works and interviews with Muhaimin and secondary data were analyzed literature books that support the thesis of this discussion. In the analysis, the author uses content analysis of the conceptual understanding that is sustainable in the description, it means doing an analysis of the meaning contained in the overall Muhaimin thought about the idea of Islamic education in order to get a conclusion.
The results show that the writers get ideas Muhaimin concept emphasizes the process of transformation and internalization of knowledge and values (the divine and human values) in their students and development potential of nature (to grow, develop, maintain and protect the potential latent) as well as the potential saving (in the corridor of protected Islam and remained on the right path is blessed by God), and prepare them for life in the future. The concept of mind mapping Muhaimin fifth typology in which he suggests describe the thoughts that tend to Cognitivism theory. Where this theory has philosophical assumptions, namely
„the way in the which we learn’. someone knowledge is obtained based on the thought. Muhaimin thinking about the real contribution of Islamic education at the State Islamic University (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang formed in the tarbiyah concept of ulu al-Albab and curriculum concepts that he pioneered long ago and remains actualized with the modifications that are applicable to the development of education and technology in society.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tipologi; Pemikiran; Pendidikan Islam; Muhaimin; Typology; Thought; Islamic Education; Muhaimin | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 11:03 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 11:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41787 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |