Assholihah, Siti Aminah (2011) Implementasi pendidikan akhlak dalam mengembangkan kepribadian siswa di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
07110255.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Manusia sebagai khalifah dimuka bumi ini perlu menempatkan diri sepanjang fitrahnya. Al-Qur’an adalah sumber pemberi arah, bagaimana seorang muslim memilih metode geraknya sesuai dengan kehendak Allah SWT. Pendidikan akhlak sejak awal merupakan salah satu tujuan pendidikan agama dalam menumbuhkan dan memantapkan kecenderungan tauhid yang telah menjadi fitrah manusia. Oleh karena kepribadian manusia meliputi tiga aspek, yaitu aspek jasmaniyah, kejiwaan dan kerohanian, akan dapat menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia bila dilandasi dengan dasar agama dan nilai-nilai akhlak. Karena itu, pendidikan akhlak sangat berperan dalam membentuk kepribadian seseorang, terutama kepribadian muslim lebih-lebih pendidikan akhlak itu diberikan secara intensif dan kentinew.
Berdasarkan pernyataan diatas, penulis merasa tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Mengembangkan Kepribadian Siswa Di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung”, dalam hal ini rumusan masalahnya adalah: 1). Bagaimana pendekatan yang digunakan dalam implementasi pendidikan akhlak di SMA Islam Sunana Gunung Jati Ngunut Tulungagung. 2). Bagaimana upaya guru dalam pengenbangan kepribadian siswa di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung.
Penelitian berbentuk deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian meliputi : informan, tempat dan peristiwa serta arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisa data dilakukan mulai dari pengumpulan data, editing (pemilahan), dan pengecekan keabsahan data. Untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode tringulasi, ketekunan pengamatan (presistent observation) dan diskusi.
Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa pendekatan pelaksanaan pendidikan akhlak di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung dalam penerapannya dilakukan dengan pendekatan keimanan, pendekatan pengalaman, pendekatan pembiasaan, pendekatan rasional, pendekatan emosional, pendekatan fungsional, dan pendekatan keteladanan. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam mengembangkan kepribadian siswanya yaitu memberikan pemahaman yang benar terhadap agama, pembiasaan penerapan prinsip akidah, pembiasaan penerapan nilai akhlak dan moral, menciptakan lingkungan islami serta dengan peraturan dan kegiatan yang mengarah pada penerapan nilai-nilai akhlak.
ABSTRACT
Humans as caliph on earth need to put themselves throughout nature. The Qur'an is the source of direction giver, how a Muslim choose a method of motion in accordance with the will of Allah SWT. Moral education from the start is one purpose of religious education in growing and establishing that monotheism has been the tendency of human nature. Therefore, the human personality comprises three aspects, namely jasmaniyah aspects, psychological and spiritual, will be able to be something very important for human life when based on the basic religious and moral values. Therefore, moral education was instrumental in shaping one's personality, particularly personality all the more education the Muslim character was given an intensive and kentinew.
Based on the above statement, the author feels attracted to conduct research under the title "Implementation of Moral Education In Developing the Islamic Personality of High School Students In Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung", in this formulation of the problem are: 1). How is the approach used in the implementation of moral education in the Islamic school Sunana Ngunut Tulungagung Gunung Jati. 2). How the efforts of teachers in high school students in personality pengenbangan Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung.
Descriptive qualitative research shaped. Source of research data include: informants, places and events as well as archives and documents. Data collection techniques in the form of interviews, observation and documentation. The process of data analysis carried out starting from data collection, editing (sorting), and checking the validity of the data. To check the validity of research data using a method tringulasi, perseverance observations (presistent observation) and discussion.
From the results of the study authors found that the approach to the implementation of moral education at SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung in its application is done by faith approach, experiential approach, habituation approach, a rational approach, emotional approach, functional approach, and exemplary approaches. While the efforts made to develop a personality that is to give students a correct understanding of religion, faith application of the principle of habituation, conditioning the application of moral values and morals, Islamic as well as create an environment with rules and activities that lead to the application of moral values.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | mlpementasi pendidikan akhlak; mengembangkan kepribadian; Implementation of moral education; personal development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 28 Nov 2022 11:04 | ||||||
Last Modified: | 28 Nov 2022 11:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41783 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |