Tantia, Anita Aris (2011) Penerapan metode Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
06130007.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Metode inkuiri ialah suatu metode pembelajaran yang mampu menempatkan siswa sebagai subjek belajar yang aktif, yang menuntun siswa untuk menyadari dan memproses pengalaman belajar menjadi suatu yang bermakna dalam kehidupan nyata, melalui langkah-langkah pembelajaran yaitu merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mendeskripsikan definisi masalah, menguji hipotesis, dan membuat kesimpulan. Sedangkan Hasil belajar ialah hasil yang dicapai siswa dalam bentuk nilai atau skor yang merupakan penilaian pengetahuan dan pemahaman terhadap ilmu yang dipelajari yang diperoleh dengan cara melakukan evaluasi berupa tes lisan maupun tes tertulis. Ilmu pengetahuan sosial merupakan integrasi dari berbagai cabang ilmu-ilmu sosial seperti; sosiologi, sejarah, politik, ekonomi, hukum, dan budaya. Ilmu pengetahuan sosial dirumuskan atas dasar realitas dan fenomena sosial yang mewujudkan satu pendekatan interdisipliner dari aspek dan cabang ilmu-ilmu sosial. Pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X Akuntansi 1 Sekolah Menengah Kejuruan Muhammmadiyah 3 Singosari Malang siswa hanya terpaku dengan materi pelajaran saja dan kurang mampu menganalisis permasalahan yang berkaitan dengan materi pelajaran, siswa juga masih sering malu bertanya terhadap materi yang tidak siswa mengerti, hasil belajar yang didapat siswa rata-rata masih dibawah ktiteria ketuntasan minimum, maka diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar sehingga mendapatkan hasil belajar yang maksimal, yaitu dengan mengunakan metode inkuiri.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan metode inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Singosari Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dari empat komponen dengan 3 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Singosari Malang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan evaluasi hasil Belajar.
Hasil analisis data setelah penerapan metode inkuiri menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Singosari Malang. Secara klasikal terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 5,8% pada siklus I, sebesar 6,9% pada siklus II, dan sebesar 7,7% pada siklus
III.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Singosari Malang. Untuk itu, saran yang disampaikan agar dapat menerapkan metode inkuiri yang lebih bervariasi dan dapat dijadikan kajian untuk penelitian tentang penerapan metode inkuiri terhadap variabel yang lain.
ABSTRACT
Method of Inquiry is an study method capable to place student as subject learn active, which lead student to realize and process experience learn to become a[n having a meaning of in life of reality, passing study stages; steps that is formulating problem, formulating hypothesis, definition description of problem of, testing hypothesis, and make conclusion. While Result learn is reached result of student in the form of score or value representing assessment of understanding and knowledge to science studied by which is obtained by evaluate in the form of oral test and also test written. Social science represent integration from various social sciences branch like; sociology, history, political, economics, law, and culture. Social science formulated on the basis of social phenomenon and reality which realize one approach of interdisciplinary of social sciences branch and aspect. At study of Social Science class of X Accountancy 1 Vocational High School of Muhammmadiyah 3 Malang Singosari of student only fetching up all standing with just lesson items and indigent analyze problems related to lesson items, student also still often lose face to enquire to items which is student do not understand, result learn which is got by mean student still below/under complete criteria of minimum, hence needed by study model capable to improve liveliness of student in course of learning to teach so that get result learn maximal, that is with method of inquiry.
Target of this research is to description applying of execution of method of inquiry in improving result learn student [at] Social Science class subject of X in Vocational High School of Muhammadiyah 3 Malang Singosari.
This Research use approach qualitative with type Research Of Action Class (PTK) model Kurt Lewin which consist of four component by 3 cycle. this Research Subyek is class student of X Accountancy 1 in Vocational High School of Muhammadiyah 3 Malang Singosari. Technics of data collecting the used is observation, interview, and evaluation result of Learning.
Result of data analysis after applying of method of inquiry indicate that happened the make-up of result learn student at Social Science class subject of X in Vocational High School of Muhammadiyah 3 Malang Singosari. By classical happened the make-up of result learn equal to 5,8% at cycle of I, equal to 6,9% at cycle of II, and equal to 7,7% at cycle of III.
Obtained conclusion of this research is that applying of method of inquiry can improve result learn student at Social Science class subject of X in Vocational High School of Muhammadiyah 3 Malang Singosari. For that, submitted suggestion so that can apply method of inquiry more varying and can be made by study for research about applying of method of inquiry to other variable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zahroh, Ni’matuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Inkuiri; Hasil Belajar; Ilmu Pengetahuan Sosial; Method of Inkuiri; Result Of Learning; Social Science | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2022 10:15 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2023 09:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41775 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |