Puspitasari, Intan Nuyulis Naeni (2011) Pengorganisasian internalisasi nilai-nilai agama Islam terhadap siswa melalui Boarding Education: Studi program Sampoerna Academy di SMA Negeri 10 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110275.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (16MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam merupakan pendidikan yang tidak hanya cukup untuk diketahui atau menjadi pengetahuan saja, sehingga hanya sampai pada pengetahuan kognitif. Lebih dari itu, Pendidikan Agama Islam merupakan ilmu pengetahuan yang aplikatif, yaitu ilmu yang harus ditindak lanjuti dengan sebuah pendalaman, pemahaman, penghayatan dan pelaksanaan secara lahir dan batin. Sehingga menjadi sebuah pedoman dan pandangan hidup yang mampu mengantarkan perilaku siswa sesuai dengan nilai-nilai agama. Dalam proses penjiwaan tersebut, maka perlu adanya proses pengorganisasian, agar segala faktor-faktor yang mempengaruhinya, baik faktor yang muncul dari dalam (faktor intern) maupun faktor dari luar (faktor ekstern) bisa dimanajemen dengan baik, sehingga mencapai hasil yang maksimal. Dengan melihat latar belakang tersebut, mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang “pengorganisasian internalisasi nilai-nilai agama Islam terhadap siswa melalui Boarding Education (Studi Program Sampoerna Academy di SMAN 10 Malang)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengorganisasian yang dilaksanakan oleh guru dan siswa dalam proses internalisasi nilai-nilai agama Islam serta hasil yang bisa dirasakan dari proses tersebut.
Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah desain, proses, dan hasil pengorganisasian internalisasi nilai-nilai agama Islam terhadap siswa melalui Boarding Education di SMAN 10 Malang”. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Selanjutnya melakukan pengecekkan keabsahan data dengan teknik triangulasi, persistent observation, diskusi, dan membercheek.
Penelitian ini dilaksanakan mulai observasi bulan November 2010 dan proses penelitian dari bulan Januari sampai Maret 2011. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek adalah Guru Pendidikan Agama Islam, Koordinator Asrama, Koordinator Learning to Live, dan sebagian siswa kelas XI SMAN 10 Malang. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru dan siswa menginternalisasi nilai-nilai Agama Islam melalui Boarding Education, yaitu suatu pendidikan asrama yang mengembangkan kegiatan-kegiatan keagamaan dan pembelajaran hidup (Learning to Live).
Penulis berhara pada penelitian lanjutan sebagai respon positif dalam proses internalisasi nilai-nilai agama Islam terhadap siswa melalui Boarding Education. Sehingga nantinya tercipta konsep baru yang bisa mewujudkan siswa memiliki kemampuan moral yang diimbangi kemampuan akademiknya.
ABSTRACT
Islamic education is an education which not enough to be known or being a knowledge for cognitive skill only. More of that, it is an applicative knowledge that ought to be flow up with any deep, understanding and implementation for the matter of the inner self and the outer world, up to be the orientation and the philosophy of life which capable to bring the students behavior appropriately for Islamic value. It’s need to organizing process to manage all of factors which influence it, even intern factor or extern factor till they force a maximal point, by showing the background, the writer pushed up to held the result about “Organizing The Internalization Of Islamic Value For Students Through Boarding Education (Study Programme Of Sampoerna Academy In SMAN 10 Malang”. This result supposed to know the teacher and student organizing for the internalization process of Islamic value and also the outcoming from that process.
The problem formulation in this result is “how does the organizing, process, and the outcoming of internalization of Islamic value for the studens in SMAN 10 Malang”. The kind of this result is the field work by using qualitative descriptive method. The technique of data collecting is data interview, observation and documentation. The writer use the reduction, display and verification. So, do the checklist for the data by triangulasi, persistent observation, discussion and membercheek.
Thist result is held from November 2011 for observation and January 2011 until march 2011 for result process. The subject of this work is Islamic education teacher, building coordinator, Learning to Live coordinator and a half students of SMAN 10 Malang. Its showed that the teacher and student internalize the Islamic value thourg boarding education, it is a building education which improve many kinds of religion and learning to live programme.
The written hopes for the next result as a positive respond about internalization process of Islamic value for the students through boarding education. Finally, it’s create a new concept to make the student have the moral ability which balance with their academic skill.
ABSTRAK ARABIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengorganisasian; Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam; Boarding Education; Organizing; The Internalization Of Islamic Value; Boarding Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2022 10:15 | ||||||
Last Modified: | 25 Nov 2022 10:15 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41770 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |