Diniyah, Hikmatut (2011) Kontribusi Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110273.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam kajian tentang bimbingan dan konseling, peneliti lebih memfokuskan pada kontribusi bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di lingkungan SMPN 4 Kota Malang. Penelitian ini adalah termasuk penelitian kualitatif deskriptif dan jenisnya studi kasus.
Sesuai dengan kondisi obyektif di lapangan, ada beberapa siswa yang mengalami penurunan prestasi. Untuk mengoptimalkan perkembangan belajar siswa, perlu diberikan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan konseling berusaha membantu para siswa untuk memahami yakni potensi-potensi dan kelemahan-kelemahannya.
Oleh karena itu bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMPN 4 Kota Malang dan bagaimana bimbingan dan konseling dalam meningkatkan pestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 4 Kota Malang.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah itu pengumpulan datanya menggunakan tiga cara yakni reduksi, display dan kesimpulan (verifikasi). Sedangkan analisisnya, menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif yaitu berupa penggambaran dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori data penelitian guna mendapatkan suatu kesimpulan, gambaran dengan kata-kata atau kalimat dengan cara induktif dan deduktif.
Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, peneliti menemukan bahwa: 1) pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMPN 4 Kota Malang sudah berjalan secara optimal pelaksanaannya dan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling ada program tahunan, semesteran, bulanan dan harian. 2). Kontribusi bimbingan dan konseling telah mengimplementasikan secara maksimal dalam meningkatk an prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan memberi motivasi (semangat), memperbaiki mentalnya, memonitor dan mengevaluasi untuk mengikuti bimbingan belajar dan kegiatan ekstra kurikuler BTA (baca tulis Al-Qur’an) di SMPN 4 Kota Malang.
ABSTRACT
About guidance and counseling, examiner focus in clown of guidance and counseling to increase value student’s of islamic education lesson in School 4 Malang, this examine is descriptive cualitative examine and kind of case study.
Match with condition in school 4 Malang, some student have decrease value. For developing study of student’s, we need guidance and counseling. Guidance and counseling try to help some student’s to understand about able and capable.
Over that, how to do guidance and counseling and how the clown has given by guidance and counseling to increase value student’s of islamic education lesson in school 4 Malang.
In this examine, the examiner use To collect the data used several methods, ie, observation, interviews, questionnaire and documentation. Then the collected data were analyzed in three ways, namely data reduction, data presentation, and conclusion or verification. Descriptive cualitative analyze is design with word’s or sentence according data category examine using to get verification, design word’s or sentence with inductive and deductive.
The results showed, examiner find’s that : 1) do guidance and counseling in school 4 Malang has well and there are year programs, semester programs and day programs. 2) the clawn of guidance and counseling has implementation to increase value student’s of islamic education lesson in school 4 Malang with give motivation, repair brain, give command and evaluation to follow studying private and to follow religious activity in school 4 Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bimbingan dan Konseling; Prestasi Belajar; Guidance and Counseling; Valuing Study | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2022 10:14 | ||||||
Last Modified: | 25 Nov 2022 10:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41769 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |