Fadhilah, Nurul (2011) Pengaruh pelaksanaan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa: Studi kasus di SMA Al-Munawwariyyah Sudimoro Bululawang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110265.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (768kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an adalah satu-satunya kitab suci yang dihafal oleh ribuan umat manusia dari seluruh penjuru dunia sepanjang zaman. Dalam usia muda, (usia pra sekolah hingga SMA) kegiatan menghafal Al-Qur’an sangat urgen ditanamkan dalam ingatan mereka agar ingatan mereka yang masih bersih terisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Oleh karena itu, orang tua dan para pendidik hendaknya memberikan perhatian dan bimbingan yang tepat agar generasi muda ini menjadi generasi yang bermanfaat bagi agama. Manusia dikatakan belajar jika mengalami perubahan tingkah laku yang relatif permanen, perubahan pengetahuan, pengalaman, pemahaman, keterampilan yang terjadi dalam individu sebagai hasil interaksinya dengan lingkungannya.
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan seseorang dalam proses belajar, perlu dilakukan pengukuran seberapa jauh pengalaman belajar telah tertanam pada diri seseorang. Dengan kata lain harus dilakukan evaluasi terhadap proses belajar. Di dunia pendidikan, biasanya pengukuran dilakukan secara kuantitatif dan diwujudkan dalam bentuk prestasi akademik.
Berpijak dari paparan diatas, maka penulis terdorong untuk mengambil judul penelitian “Pengaruh Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Al-Munawwariyyah”. Adapun rumusan masalah yang penulis ambil adalah; bagaimana pelaksanaan kegiatan menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren Al-Munawwariyyah, bagaimana hasil prestasi belajar siswa yang menghafal Al-Qur’an di SMA Al-Munawwariyyah, bagaimana pengaruh kegiatan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa SMA Al-Munawwariyyah.
Untuk membuktikan hipotesis dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, interview, dan dokumentasi. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jenis purposive sample yaitu siswa kelas XI dan XII sekolah SMA Al-Munawwariyyah Malang dengan jumlah populasi 50 siswa dan sampel sebanyak 30 siswa. Uji validitas menggunakan teknik korelasi product moment sedangkan uji reabilitas menggunakan teknik alfa chonbach dengan bantuan komputer. Selanjutnya untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungan dengan menggunakan teknik product moment. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan ada pengaruh positif antara kegiatan menghafal Al-Qur’an terhadap prestasi belajar pada aspek kognitif.
ABSTRACT
The Qur'an is the only holy book memorized by thousands of human beings from all over the world throughout the ages. In young age, (pre-school age through high school) activities of memorizing the Quran is very urgent implanted in their memories so that their memory is still a net filled with things that are worthwhile. Therefore, parents and educators should give attention and proper guidance to this young generation be the generation that are beneficial to religion. Man is said to learn if you experience changes in behavior that is relatively permanent, changes in knowledge, experience, understanding, skills that occur in individuals as a result of its interaction with its environment.
To know a person's level of success in the learning process, measurements were taken of how far the learning experience has been implanted in a person. In other words, must be evaluated against the learning process. In the world of education, usually done in quantitative measurement and expressed in terms of academic achievement.
Base of exposure to the above, then the authors are encouraged to take the title research "Influence Activities Memorizing Quran High School Student Achievement Against Al-Munawwariyyah". The formulation of the problem that the authors take is, how the implementation of memorizing the Qur'an at Al-Munawwariyyah boarding schools, how the learning achievements of students who memorize the Qur'an in Al-Munawwariyyah high school, how to influence the activities to memorize the Qur'an on student achievement SMA Al- Munawwariyyah.
To prove the hypothesis in this study used data collection method is the technique of questionnaires, interviews, and documentation. While sampling using random sampling with a type of purposive sample of students in grade XI and XII High School Al-Munawwariyyah Malang with a population of 50 students and a sample of 30 students. Test the validity of using the product moment correlation techniques while testing the reliability using alpha chonbach technique with the help of computers. Furthermore, to know the results of data collected performed calculations using the product moment technique. The results of hypothesis testing showed no positive effect between the activities of Al-Quran memorization of learning achievement on the cognitive aspects.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | menghafal al-qur’an; prestasi belajar; memorize the Qur'an; learning achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 25 Nov 2022 10:17 | ||||||
Last Modified: | 25 Nov 2022 10:17 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41764 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |