Pengaruh latar belakang pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar PAI Siswa Kelas II SMP Negeri 2 Batu

Mukarromah, Siti Aminatul (2008) Pengaruh latar belakang pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar PAI Siswa Kelas II SMP Negeri 2 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (765kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan Formal adalah jalur pendidikan yang tersruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Dalam penelitian ini, peneliti mengadakan penelitian di lembaga pendidikan, guna membuktikan apakah latar belakang pendidikan formal orang tua yang tinggi berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI anaknya. Untuk mencapai suatu tujuan diperlukan adanya sarana belajar yang memadai. Pemenuhan belajar yang sangat penting bagi siswa untuk mengejar prestasi. Lingkungan tempat tinggal dan adanya dorongan internal yang muncul dari dalam diri anak sehingga timbul suatu kebiasaan pada diri anak, hal itu merupakan pengaruh dasar dari orang tua apalagi pengaruh Religi pada diri anak yang sangat mendarah daging. Begitupun pengaruh eksternal yang sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar PAI anak tersebut. Namun jika tidak mempunyai minat yang tinggi dalam dirinya, akan mendapat hambatan dalam mencapai hasil belajarnya, sehingga prestasi yang dicapai dibawah yang semestinya.

Penelitian yang peneliti lakukan pada tanggal 20 Juni 2008 sampai tanggal 20 Juli 2008 dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling yaitu cara pengambilan sample berdasarkan tujuan tertentu, dengan berbagai pertimbangan yaitu siswa kelas II yang berjumlah 332 siswa dan diambil 10% yaitu 34 siswa. Selanjutnya untuk mengetahui hasil data peneliti menggunakan rumus Produck Moment:

P=F/(per) N (dikali X) 100%

Keterangan:
P: Prosentase
F: Jumlah frekuensi hubungan respon
N: Bilangan Constant

Hasil persentase yang peneliti dapat adalah Jumlah persentase Tingkat pendidikan orang tua (X) dari Pendidikan Dasar sebanyak 52,9%, Pendidikan Menengah sebanyak 36,8%, Pendidikan Tinggi 10,2%.Jumlah persentase (X2 1) tindakan orang tua jika anaknya tidak bisa mengerjakan tugasnya; meminta bantuan pada orang lain 32,3%, dan memberikan jawaban 67,7%.Jumlah persentase (X) tindakan orang tua jika anaknya malas belajar; 17,6%(memarahi), 52,9% (mengadakan pendekatan), dan 29,4% (memaksa agar anak belajar).Jumlah persentase (X3) usaha orang tua agar anaknya tetap semangat belajar; membuatkan jadwal belajar untuk anaknya (32,3%), memberikan hadiah jika anaknya berprestasi (38,2%), dan memarahi jika anaknya tidak belajar (26,4%).Jumlah persentase (Y) Prestasi belajar PAI siswa kelas II D; kategori tinggi; nilai 9 sebanyak 5 anak (14,7%), kategori sedang; nilai 8 sebanyak 11 anak (32,3%), dan kategori rendah; nilai 7 sebanyak 18 anak (52,9%). Adapun untuk mengetahui adanya pengaruh peneliti menggunakan jasa komputer program SPSS 12.0 hasilnya menyatakan F hitung > F table atau nilai sig. F ≤ α atau dapat ditulis 40.839 > 21.507 atau sig. 0,000 ≤ 0,05. hal ini menunjukkan bahwa f hitung >0,05 sehingga H 0 ditolak dan H diterima yang berarti bahwa variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sahlan, Asmaun
Keywords: Pendidikan Formal Orang Tua; Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI)
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:00
Last Modified: 09 Aug 2016 02:00
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4176

Actions (login required)

View Item View Item