Wahidah, Zakiyah (2008) Penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari III Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03110078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pada hakikatnya kecacatan seseorang bukanlah merupakan penghalang untuk melakukan sesuatu. Pendidikan luar biasa hendaknya menjadi satu kesatuan dengan pendidikan normal lainnya, sehingga tidak akan terjadi isolasi pada mereka yang menderita kelainan. Untuk itu upaya reformasi pendidikan amat mendesak agar sumber daya manusia bisa berfungsi secara maksimal. Jelas sekali bahwa upaya reformasi pendidikan bagi penderita cacat atau kelainan perlu adanya dukungan berbagai pihak yaitu dari Pemerintah, masyarakat maupun sekolah sebagai pelaksana operasional.
Sebagai suatu upaya untuk menyetarakan hak penyandang cacat dalam hal memperoleh ilmu pengetahuan di sekolah, pemerintah bekerja sama dengan pihak sekolah akan menerapkan program pendidikan inklusi. Tujuan dari progam pendidikan inklusi ini adalah untuk memberikan pengertian pada anak didik bahwa dalam kehidupan di dunia ini, mereka akan menemui banyak perbedaan yang harus mereka hadapi dan hormati. Pendidikan yang diberikan oleh guru tidak hanya ilmu umum tetapi ilmu agama juga dimasukkan dalam pelajaran dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari para murid. Karena ilmu agama tidak kalah pentingnya bagi kehidupan murid sekarang dan masa depan, untuk saling menghormati, bertoleransi, dan saling menyayangi sesama manusia tanpa memandang kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Berdasar hal itulah, peneliti mengadakan penelitian dengan judul penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam dalam pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Negeri Sumbersari III Malang. Hal ini juga didasarkan kepada kepala sekolah, guru terutama guru agama dan guru inklusi serta siswa inklusi atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Untuk mendapatkan data penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan bahwa proses pembelajaran pendidikan agama Islam, membutuhkan kesabaran yang tinggi karena siswa inklusi atau Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tidak langsung menuruti apa yang diperintahkan oleh guru, entah itu karena belum paham perintah ataupun siswa tidak memperdulikan perintah guru agama. Melihat dari hal tersebut maka perlu adanya penyesuaian dengan perkembangan dan kemampuan anak.
Pelaksanaan penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi siswa inklusi, dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan walaupun hasilnya masih belum maksimal. Seperti dalam pelaksanaan kegiatan pondok Ramadan, siswa inklusi atau ABK melaksanakan puasa sehari penuh seperti yang diperintahkan oleh guru agama kecuali siswa kelas I dan II. Diharapkan siswa tidak hanya memahami materi yang diberikan di kelas, tetapi juga mempraktekan hal yang wajib dalam berpuasa, sunah puasa, dan menjauhi hal-hal yang membatalkan puasa. Bukan hanya puasa tetapi sekolah dan guru agama juga melaksanakan istiqhosah bersama dan mengundang orang tua siswa setiap satu bulan sekali. Dan siswa diwajibkan sholat duhur berjamaah di sekolah dan dijadwal dalam satu minggu sekali. Penerapan pendidikan agama Islam bagi siswa inklusi tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Dan juga berhasilnya penerapan pembelajaran pendidikan agama Islam didukung adanya sarana dan prasarana yang memadai, juga bimbingan yang berkesinambungan diberikan oleh guru inklusi baik didalam dan diluar kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penerapan; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Inklusi | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:08 | ||||||
Last Modified: | 09 Aug 2016 09:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4175 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |