Aini, Eni Sifau'ul (2012) Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa penyandang Tunagrahita Di SMPLB-C SLB pembina tingkat Nasional Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110241.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Belajar merupakan suatu faktor yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Terlebih dalam hal ini adalah belajar Pendidikan Agama Islam. sebab Pendidikan Agama Islam adalah pendidikan yang mengarahkan pada manusia untuk mampu memahami dan mengamalkan nilai-nilai Islam. Pendidikan Agama Islam sebagai bagian dari pendidikan, merupakan salah satu bidang stadi yang ada di lembaga pendidikan umum yang bertujuan membantu siswa memperoleh kehidupan yang bermakna, sehingga diperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Selain dari pada itu, dengan belajar Pendidikan Agama Islam siswa diharapkan mampu untuk mengamalkan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, kemampuan yang dimiliki siswa tidaklah sama. Pada siswa penyandang tunagrahita yang notabennya memiliki IQ di bawah rata-rata, pendidikan yang diberikan adalah pendidikan khusus. Sehingga materi yang disampaikan dapat disesuaikan dengan kemampuannya. Hal ini juga merupakan uapaya yang dilakukan oleh SLB Pembina Tingkat Nasional Malang dalam pemberian materi pelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa penyandang tunagrahita di SMPLB-C. Kendatipun demikian pada kenyataannya masih banyak dijumpai siswa penyandang tunagrahita di SMPLB-C SLB Pembina Tingkat Nasonal Malang yang terkendala dalam belajar.
Sehubungan dengan hal ini, penulis tertarik untuk meneliti dan melakukan pengamatan mengenai “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Siswa Penyandang Tunagrahita di SMPLB-C SLB Pembina Tingkat Nasional Malang ”.
Adapun tujuan yang diinginkan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa penyandang tunagrahita di SMPLB-C SLB Pembina Tingkat Nasional Malang, dan untuk mengidentifikasi upaya yang dilakukan lembaga dalam mengatasi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa penyandang tunagrahita di SMPLB-C SLB Pembina Tingkat Nasional Malang tersebut.
Jenis penelitian yang penulis lakukan dalam skripsi ini adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan dua pendekatan, yakni pendekatan empiris dan pendekatan teoritis. Dalam pendekatan teoritis penulis menggunakan kajian pustaka yaitu dengan membaca dan menganalisa buku-buku yang relevan dengan judul skripsi tersebut. Sedangkan pendekatan empiris penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala SLB, para guru, dan siswa SMPLB-C. Untuk menganalisa data penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari lisan
xviii
orang, dan pengamatan ke lokasi secara langsung, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada dilapangan, disini penulis sertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat data penelitian.
Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwasanya problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa penyandang tunagrahita di SMPLB-C SLB Pembina Tingkat Nasional Malang merupakan suatu permasalahan yang terkait dengan beberapa hal, yakni: problem peserta didik, problem pendidik, problem kurikulum, problem sarana dan prasarana, dan problem lingkungan. Adapun upaya yang telah dilakukan lembaga dalam mengatasi problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa penyandang tunagrahita di SMPLB-C SLB Pembina Tingkat Nasional Malang adalah merupakan salah satu cara kongkrit yang dapat dilakukan dalam mengatasi problematika belajar tersebut. Sehingga problem belajar tersebut dapat terminimalisir, meskipun di sana-sini masih banyak dijumpai kekurangan. Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan kontribusi untuk pengembangan mutu Pendidikan Agama Islam di Indonesia, sehingga mampu mencetak insan-insan yang berkepribadian mulia.
ABSTRACT
Learning is a very important factor for human life. Especially in this case is to learn the Islamic Education. for Islamic Education is education that leads in humans be able to understand and practice Islamic values. Islamic Education as part of education, is one area study in public educational institution that aims to help students gain a meaningful life, in order to obtain happiness in the world and the Hereafter. Apart from that, the study of Islamic Religious Education students will be able to practice the teachings of Islamic values in everyday life. But in fact, the capabilities of the students are not the same. At students with a notabennya tunagrahita have an IQ below average, the education provided is of special education. So that the material presented can be adapted to their abilities. It is also the undertakings made by SLB National Level Coaches Malang in providing learning materials for students of Islamic Education a the physically tunagrahita at SMPLB-C. Even so, in fact, there's also a disabled student tunagrahita in SMPLB-C SLB National level Coaches are constrained Malang in learning.
In this connection, the authors are interested in researching and making
observations about the "Problems Islamic Education Learning For Disabled
Students Tunagrahita in SMPLB-C SLB Trustees of National Malang".
The desired goal in this study was to describe the learning problems of Islamic Education for students with tunagrahita in SMPLB-C SLB Malang National Trustees, and to identify the efforts made in addressing the problem of learning institutions of Islamic education for disabled students tunagrahita in SMPLB-C SLB National Level Coaches Malang.
This type of research by the author in this thesis is a qualitative descriptive, using two approaches, namely the empirical approach and theoretical approaches. The author uses a theoretical approach to literature review is by reading and analyzing books that are relevant to the title of the thesis. While the empirical approach the author uses the method of observation, interview and documentation. Interviews were conducted to the head of special schools, teachers, and students SMPLB-C. To analyze research data using qualitative descriptive methods, namely the form of the data is written or oral from people, and observation to the site directly, so in this case the authors attempt to conduct a descriptive study thoroughly about the real situation. In addition, to support the description of the real situation existing in the field, here the authors include the documentation as a complement and reinforcement of research data.
The results of research on the author can be concluded that the problem of
learning for students of Islamic Religious Education at the physically tunagrahita
SMPLB-C SLB National Trustees Malang is a problem related to several things, namely: problem learners, the problem of educators, curriculum problems, problems of facilities and infrastructure, and environmental problems. The efforts made in addressing the problem of learning institutions of Islamic education for disabled students tunagrahita in SMPLB-C SLB Trustees of National Malang is one concrete way that can be done to overcome the learning problems. So that the learning problem can be terminimalisir, although here and there are still many deficiencies encountered.
The implication of this study is expected to contribute to the development of
quality Islamic Education in Indonesia, so that beings capable of printing a noble personality.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; dan Siswa Penyandang Tunagrahita; Learning the Islamic Religious Education; and the Disabled Students Tunagrahita | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 24 Nov 2022 14:04 | ||||||
Last Modified: | 24 Nov 2022 14:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41747 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |