Adi, Ramli (2008) Peran musyawarah guru mata pelajaran sekolah (MGMPS) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04130035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (14MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Pendidikan merupakan sarana efektif bagi suatu bangsa untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompetitif. Untuk itu pemerintah dalam hal ini menteri pendidikan nasional telah mencanangkan gerakan peningkatan mutu pendidikan dengan diberlakukannya otonomi pendidikan untuk meningkatkan peran aktif guru mata pelajaran. MGMPS merupakan suatu wadah bagi guru mata pelajaran sejenis untuk meningkatkan kualitas dan sebagai tempat mengkomunikasikan upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran.
Berangkat dari hal tersebut penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul peran (MGMPS) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Malang. Adapun fokus masalahnya adalah secara umum yaitu bagaimana peran MGMPS dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Malang. Sedangkan fokus penelitian secara khusus yaitu, bagaimana peran (MGMPS) dalam merencanakan pembelajaran, pelaksanaa pembelajaran, dan evaluasi/penilaian IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Malang.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah secara umum untuk mendeskripsikan peran (MGMPS) IPS Terpadu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 13 Malang. Sedangkan tujuan penelitian secara khusus yaitu, mendeskrepsikan peran (MGMPS) dalam proses perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan dalam evaluasi/penilaian IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitif. Dalam perjalanan pengumpulan data, penulis menggunakan metode interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari guru-guru IPS Terpadu yang menjadi anggota MGMPS IPS terpadu SMP Negeri 13 Malang, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil dari penelitian, bahwa MGMPS dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Terpadu, dapat dilihat dari peran MGMPS yang banyak membantu guru mata pelajaran dalam perencanaan pembelajara, pelaksanaan pembelajaran, dalam evaluasi/penilaian hasil pembelajaran. Pelaksanaan MGMPS dapat meningkatkan kualitas profesionalitas serta sebagai tempat memecahkan permasalahan yang dihadapi guru mata pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | MGMPS; Kualitas pembelajaran IPS terpadu | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Errisa Aprillia Rengganis | ||||||
Date Deposited: | 09 Aug 2016 08:55 | ||||||
Last Modified: | 09 Aug 2016 08:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4173 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |