Peran musyawarah guru mata pelajaran sekolah (MGMPS) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 13 Malang

Adi, Ramli (2008) Peran musyawarah guru mata pelajaran sekolah (MGMPS) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS terpadu di SMP Negeri 13 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04130035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (14MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Pendidikan merupakan sarana efektif bagi suatu bangsa untuk membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan kompetitif. Untuk itu pemerintah dalam hal ini menteri pendidikan nasional telah mencanangkan gerakan peningkatan mutu pendidikan dengan diberlakukannya otonomi pendidikan untuk meningkatkan peran aktif guru mata pelajaran. MGMPS merupakan suatu wadah bagi guru mata pelajaran sejenis untuk meningkatkan kualitas dan sebagai tempat mengkomunikasikan upaya peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran.

Berangkat dari hal tersebut penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul peran (MGMPS) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Malang. Adapun fokus masalahnya adalah secara umum yaitu bagaimana peran MGMPS dalam meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Malang. Sedangkan fokus penelitian secara khusus yaitu, bagaimana peran (MGMPS) dalam merencanakan pembelajaran, pelaksanaa pembelajaran, dan evaluasi/penilaian IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Malang.

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah secara umum untuk mendeskripsikan peran (MGMPS) IPS Terpadu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMP Negeri 13 Malang. Sedangkan tujuan penelitian secara khusus yaitu, mendeskrepsikan peran (MGMPS) dalam proses perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, dan dalam evaluasi/penilaian IPS Terpadu di SMP Negeri 13 Malang.

Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitif. Dalam perjalanan pengumpulan data, penulis menggunakan metode interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari guru-guru IPS Terpadu yang menjadi anggota MGMPS IPS terpadu SMP Negeri 13 Malang, sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.

Hasil dari penelitian, bahwa MGMPS dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS Terpadu, dapat dilihat dari peran MGMPS yang banyak membantu guru mata pelajaran dalam perencanaan pembelajara, pelaksanaan pembelajaran, dalam evaluasi/penilaian hasil pembelajaran. Pelaksanaan MGMPS dapat meningkatkan kualitas profesionalitas serta sebagai tempat memecahkan permasalahan yang dihadapi guru mata pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Wahidmurni, Wahidmurni
Keywords: MGMPS; Kualitas pembelajaran IPS terpadu
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Errisa Aprillia Rengganis
Date Deposited: 09 Aug 2016 01:55
Last Modified: 09 Aug 2016 01:55
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4173

Actions (login required)

View Item View Item