SUBHAN, M. AGUNG (2012) Analisis buku ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas X SMA Negeri 8 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110212.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam meningkatkan kualitas pembelajaran telah di lakukan berbagai upaya, salah satunya dengan meningkatkan dan mengembangkan bahan ajar yang berupa buku ajar. buku ajar berperan penting untuk menyampaikan informasi atau ilmu pengetahuan baru. Dalam pengukuran kualitas buku harus diperhatikan aspek-aspek penting yaitu kebenaran konsep, bahasa, dan penyajian gambar. banyak guru cenderung menganggap keseluruhan buku itu benar dan menerima apa adanya tanpa menganalisis terlebih dahulu isi materi. pada observasi awal, satu dari tiga buku yang paling banyak di gunakan di SMA Negeri se-kota Malang banyak mengandung kesalahan konsep dan bahasa. hal ini akan menyesatkan siswa dalam menerima pengetahuan berikutnya dan sangat sulit dibetulkan kembali karena dalam pemikiran siswa biasanya bersifat tetap (permanen).
Dari kajian pustaka diketahui buku ajar merupakan media pembelajaran yang penggunaannya paling dominan di sekolah. Keadaan tersebut menuntut adanya pengkajian atau analisis terhadap berbagai aspek dalam buku ajar, agar dapat mengimbangi kurangnya penggunaan media lain selain buku dan agar buku ajar dapat digunakan secara efektif dan efesien dalam kegiatan pembelajaran. Bertolak dari latar belakang tersebut, masalah-masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut (1) Bagaimana Kesesuaian Buku Ajar PAI yang digunakan di kelas X SMA dengan kurikulum berbasis kompetensi 2006 untuk sekolah tingkat atas, (2) Bagaimana kesesuaian soal dan latihan dalam buku ajar kelas X SMAN 8 Malang, (3) Bagaimana Tehnik Penulisan Buku Ajar PAI yang digunakan kelas XA SMAN 8 Malang.
Penelitian ni disebut penelitian deskriptif kualitatif yang mengguanakan dokumen yang sebagai objek kajian. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatandeskriptif kualitatif. Data atau sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah buku ajar yang digunakan oleh guru dan siswa sekoalah tingkat atas di Malang, adapun buku ajar yang digunakan adalah buku ajar pendidikan agama Islam terbitan TIM MGMP PAI MALANG dimana pokok bahasan dan sub pokok bahasan dari tiap buku dijadikan sumber data. Instrument penelitian, peneliti sendiri sebagai intrumennya yang menggunakan teknik non tes dengan menggunakan metode dokumentasi, selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil Penelitian menyimpulkan bahwa (1) kondisi tentang kesesuaian isi buku ajar PAI yang digunakan kelas X SMAN 8 Malang sudah sesuai dan isi buku ajar terbitan TIM MGMP PAI MALANG, (2) Kondisi soal dan latihan dalam buku ajar PAI kelas X yang digunakan kelas X SMAN 8 Malangsudah sesuai dengan materi atau kompetensi yang diharapkan dalam GBPP kurikulum 2006 yaitu kurikulum KTSP.
Penelitian menyarankan agar para penyusun, evaluator dan penerbit buku ajar Pendidikan Agama Islam kelas X Sekolah Tingkat Atas khususnya memeperbaiki beberapa unsure dalam buku ajar yang relevan dengan fungsi masing-masing. Dan kepada guru dan siswa sebagai pemakai buku ajar disarankan agar dalam memilih buku ajar benar-benar jeli dan memperhatikan kesuaiannya dengan kurikulum atau GBPP yang berlaku, dan memperhatikan ketersediaan isi, soal dan latihan.
ABSTRACT
From the literature review it is known that textbook is a learning media which is most dominant of in use the school. That situation requires assessment or analysis of various aspects in the textbook, in order to compensate the lack of use of other media than books and in orther the textbooks can be used effectively and efficiently in learning activities. Starting from this background, the problems in this study are formulated as follows (1) How is the confornity of Islamic Education (PAI) Textbook which is used in Tenth grade of State Senior High School (SMAN) 8 Malang to The Competency-Based Curriculum 2006 for Senior High School, (2) How is about the suitability between questions and exercises in Islamic Education (PAI) Textbook for Tenth grade in State Senior High School (SMA) 8 Malang, (3) How is the writing technique of Islamic Education (PAI) Textbook for Tenth grade which is used in State Senior High School (SMAN) 8 Malang.
This research is a descriptive qualitative research that usesusing documents as objects of the study. The approach of this study by is using descriptive qualitative approach. Data or data sources which is used in this study are the textbooks used by teachers and students in Senior High Schools (SMA) in Malang City, while the textbook used is Islamic Education (PAI) textbook which is published by the team of Deliberations Subject Teachers (MGMP) of the PAI MALANG, where the subject and sub subject discussion of each book are used as data sources. The instrument of this research, researcher him self as its instrument that uses non-test technique by using method of documentation, further data analysis technique which is used is descriptive qualitative data analysis techniques.
The research results concluded that (1) conditions concerning the suitability of the content of of Islamic Education (PAI) Textbook which is used in Tenth grade of State Senior High School (SMAN) 8 Malang is appropriate and the content of textbooks published by the team of Deliberations Subject Teachers (MGMP) PAI MALANG which is, (2) Condition of questions and exercises in the Islamic Education (PAI) Textbook used in Tenth grade of State Senior High School (SMAN) 8 Malang is accordance with the material or competencies that are expected in GBPP 2006, i.e The Competency-Based Curriculum 2006 for Senior High School.
Research suggests that the compilers, evaluators and textbook publishers of Islamic Education (PAI) Textbook which is used in tenth grade for Senior High School level to correct some elements in the textbook that are relevant to their respective functions. And to teachers and students as the users of the textbook are suggested to attention and to be rigorous in choosing a text book which is attention to the suitable with the curriculum or GBPP, and pay attention to the availability of content, questions and exercises.
ABSTRACT ARABIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Analisis; Buku Ajar; PAI; Analysis; Textbook; Islamic Education (PAI) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2022 09:19 | ||||||
Last Modified: | 23 Nov 2022 09:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41729 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |