Responsive Banner

Studi komparatif pemikiran pendidikan akhlak imam Al-Ghazali dan Haji Abdul Malik Karim Amrullah

Prasetyo, Hanif (2012) Studi komparatif pemikiran pendidikan akhlak imam Al-Ghazali dan Haji Abdul Malik Karim Amrullah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
07110206.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Secara umum pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, sekolah, dan masyarakat melalui bimbingan, pengajaran dan latihan yang berlangsung di sekolah dan luar sekolah sepanjang hayat, yang bertujuan untuk mempersiapkan anak didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat dimasa yang akan datang. Sedangkan pendidikan akhlak Islam merupakan proses mendidik, memelihara, membentuk, dan memberikan latihan mengenai akhlak dan kecerdasan berfikir baik yang bersifat formal maupun informal yang didasarkan pada ajaran-ajaran Islam.

Pendidikan akhlak ditujukan sebagai upaya pembentukan dan pembinaan akhlak pada jiwa anak, menanamkan nilai-nilai akhlak Islami, memberikan pengajaran, pembiasaan dan latihan untuk senantiasa berbuat kebaikan dan berperilaku sesuai dengan akhlaq al-karimah. Hal ini diwujudkan berdasarkan banyaknya kenyataan saat ini akan kemerosotan akhlak, moral dan etika dengan segala macam bentuk tingkah laku mereka yang tidak sedikit menimbulkan kekacauan bagi dirinya pribadi maupun keresahan masyarakat pada umumnya.

Fokus masalah dalam penelitian ini adalah konsep pemikiran pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali dan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) meliputi pengertian akhlak, pendidikan akhlak, metode pendidikan akhlak, dan tujuan pendidikan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana corak pemikiran Imam Al-Ghazali dan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) dalam pendidikan akhlak dengan mengkaji kembali beberapa buku karangannya yang menjadi sumber primer. Penelitian ini juga dilakukan dengan maksud untuk mengetahui secara lebih jauh konsep-konsep pemikiran keduanya yang mereka tawarkan dalam rangka pelaksanaan pendidikan akhlak.

Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan jenis library research. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan metode content analysis melalui metode induksi, deduksi dan komparatif.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pemikiran pendidikan akhlak Imam Al- Ghazali. Definisi akhlaknya adalah suatu sifat yang tertanam dalam jiwa yang darinya timbul perbuatan-perbuatan dengan dan ringan tanpa memerlukan pertimbangan pikiran lebih dulu. Pendidikan akhlaknya adalah proses menghilangkan sifat-sifat tercela dan mengisi dengan sifat-sifat terpuji atau sifat ke-Tuhan-an. Metode pendidikan akhlaknya adalah penyucian jiwa, riyadloh, dan mujahadah. Sedangkan tujuan pendidikan akhlaknya adalah mencari Tuhan (suluk) dan agar manusia meniru sifat-sifat Tuhan. (2) Pemikiran pendidikan akhlak Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA). Definisi akhlaknya adalah sesuatu yang tertanam dalam jiwa manusia atau suatu kondisi jiwa seseorang yang dapat memunculkan tingkah laku baik atau buruk sesuai dengan kondisi jiwa tersebut. Pendidikan akhlaknya adalah proses pendidikan dalam rangka menyehatkan jiwa. Metode pendidikan akhlaknya adalah metode alami, riyadloh, mujahadah, dan teladan. Sedangkan tujuan pendidikan akhlaknya adalah pendekatan diri kepada Allah dan membentuk insan al-kamil.

Komparasi dari pemikiran Imam Al-Ghazali dan Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) ini berujung pada substansi yang sama, yaitu mempunyai orientasi kepada Tuhan. Akan tetapi dalam persiapan dan prosesnya dalam pendidikan akhlak terdapat perbedaan. Hasil sintesis yang dapat dianalisis oleh penulis adalah pendidikan akhlak Imam Al-Ghazali bertumpu pada hati, sedangkan pendidikan akhlak Haji Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) adalah bertumpu pada akal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fannani, Bakhruddin
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDFannani, BakhruddinUNSPECIFIED
Keywords: Pendidikan Akhlak; Imam Al-Ghazali; Haji Abdul Malik Karim Amrullah
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 23 Nov 2022 09:18
Last Modified: 17 Apr 2023 13:56
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41727

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item