Musthofa, Bisri (2011) Kurikulum pembelajaran bahasa Arab Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: Analisis pengembangan materi pembelajaran bahasa Arab. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110180.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan dan kemajuan zaman terutama pada teknologi informasi dan komunikasi memudahkan manusia untuk memperoleh informasi dari berbagai penjuru dunia dengan cepat. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya, budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Banyak ilmu pengetahuan yang bersumber dari kitab-kitab yang berbahasa Arab, baik di bidang teknik, ilmu-ilmu murni, ekonomi, psikologi maupun seni.
Rendahnya kemampuan berbahasa Arab yang pada dasarnya merupakan syarat bagi setiap mahasiswa yang akan melakukan kajian keislaman pada tingkat perguruan tinggi. Terlihat pada waktu seleksi ujian masuk S2, yang mana bahasa Arab dan bahasa Inggris menjadi materi ujian utama. Dalam seleksi ujian masuk ternyata tidak sedikit mahasiswa yang menemui kesulitan dalam ujian bahasa tersebut.
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang memandang sangat perlu sekali untuk membekali mahasiswanya dalam berbahasa asing khususnya bahasa Arab. Ini sejalan dengan visi misi universitas dalam rangka mewujudkan cita-cita UIN Maliki Malang dalam melahirkan dan menampilkan ulama yang intelek professional dan intelek profesional yang ulama. Untuk mewujudkan itu maka didirikan Program Khusus Pengembangan Bahasa Arab (PKPBA) yang digagas langsung oleh rektor dan dilaksanakan oleh tim bahasa yang ditunjuk yang terdiri dari direktur program dibantu dengan sekretaris, dan staf-staf lainnya. Program ini diwajibkan bagi seluruh mahasiswa baru karena didalamnya terdapat beban SKS yang harus di tempuh. Setelah mengikuti perkuliahan ini diharapkan mahasiswa mampu menguasai bahasa Arab meliputi 4 kemahiran (kalam, istima’, qira’ah dan kitabah).
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain kurikulum yang digunakan di PKPBA, untuk mengetahui pengembangan materi pembelajaran bahasa Arab di PKPBA dan untuk mengetahui pelaksanaan (implementasi) materi pembelajaran bahasa Arab di PKPBA serta hambatan dan solusinya.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang menggambarkan data-data yang ada sesuai dengan realitas yang ada (keadaan sebenarnya).
Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa desain kurikulum yang digunakan PKPBA adalah desain kurikulum yang dipusatkan pada isi atau materi yang akan diajarkan yaitu kitab al arabiyah baina yadaik atau yang dikenal dengan subject centered design. Pengembangan materi pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan PKPBA meliputi; pengembangan materi ajar, pengembangan metode (pendekatan) pembelajaran, pengembangan system perkuliahan, pengembangan desain evaluasi dan pengembangan strategi mengajar. Materi pelajarannya disampaikan secara terpisah meskipun bentuknya dalam satu kitab yang pada isinya meliputi 4 kemahiran (maharah kalam, istima’, qia’ah dan kitabah). Implementasi pembelajarannya PKPBA meliputi 3 tahapan, yaitu pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi proses pembelajaran.
ABSTRACT
The growth and development of information technology and communication make people are easy to get the information from around the world quickly. The learning of language is hoped to help the students know themselves, their culture and another culture, exploring the idea and mind, joining in the society life with that language, and finding the analysis and imaginative skills in their self. We have already known that almost the knowledge which is sourced from Arabic books, whether in technique science, pure science, economic, psychology and art.
The low ability of Arabic is basically as requirement for the students that will do Islamic studies at university level. It is appeared in entrance examination for master degree in which English and Arabic become the main material examination. In the entrance examination, many students have difficulties in Arabic or English test.
The state Islamic university Maulana Malik Ibrahim of Malang considers that it is very important to give foreign language for the students, especially Arabic language. It is in accordance with vision and mission of the university on actualizing the goal of UIN Maliki Malang to create and show the professional intellectual ulama and Intellectual professional ulama. To actualize it, Intensive English Course is established based on initiative from the rector directly and conducted by language team that has commanded. The language team consists of program director that is helped by secretary and other staffs. This program is obligated to all new students because there is credit load that must be taken by the students. After joining this program, the students are supposed to master Arabic language including four basic skills, they are speaking, listening, reading, and writing.
The objective of this research is to know the curriculum design used by PKPBA, to know the development of Arabic instructional material in PKPBA, and to know the implementation of Arabic instructional material in PKPBA with problems and solutions.
This research is qualitative descriptive research. The data collection method is done through observation, interview, and documentation. Whereas the analysis technique that used by researcher is qualitative descriptive which describes data based on the reality (real condition).
The finding shows that the curriculum design used by PKPBA is focused on the content or material given in al arabiyah baina yadaik book or it is called as subject centered design. The material is given separately although the content is in a book including four skills (speaking, listening, reading, and writing). The instructional material development used in PKBPA involves learning material development, learning methodology development, learning system development, evaluation design and learning strategy development. The implementation of instructional material on PKPBA includes three processes; they are program development, learning implementation, and learning process evaluation.
ABSTRAK ARABIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zainuddin, M | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kurikulum; Materi Pembelajaran; Desain; pengembangan; Implementasi; Curriculum; instructional material; design; development; implementation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2022 09:17 | ||||||
Last Modified: | 19 Jun 2023 14:54 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41726 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |