Diana, Umi Ni’matu (2011) Upaya peningkatan kompetensi profesional Guru PAI di Madrasah Aliyah Negeri MAN Wlingi-Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110219.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan faktor yang sangat dorninan dan paling penting dalam pendidikan, untuk mencapai tujuan pembelajaran di sekolah. Kemampuan guru dalam mengajar, proses pembeJajaran dan dalam mencapai tujuan pendidikan merupakan indikator keberhasilan proses belajar mengajar siswa. Agar dalam melaksanakan tugasnya secara baik sesuai dengan profesi yang dimilikinya, guru periu rnenguasai berbagai hal sebagai kompetensi yang dimilikinya.
Profesional guru merupakan suatu kemampuan guru dalam mengelola dirinya sendiri dalarn melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari secara profesional dengan sebaik-baiknya. Kedudukan guru sebagai tenaga profesional rnengandung arti bahwa pckerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu. Sedangkan kornpetensi guru adalah suatu kemarnpuan tertentu yang dimiliki guru dalam proses pembelajaran. Guru sebagai tenaga profesional harus memiliki empat kompetensi, yaitu kornpetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi .osial, dan kompetensi kepribadian.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru serta Upaya Peningkatkan Kompetensi Profesional Guru PAI di (MAN) Wlingi-Blitar. Data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif Scdangkan data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data skunder. Oara primer yang diperoleh oleh peneliti adalah hasil wawancara dengan kepala sekolah, Waka, Guru PAI (MAN) Wlingi-Blitar Sedangkan data sekunder adalah data yang diterbitkan oleh crganisasi atau lembaga yang bukan merupakan pcngolahan pcncliu. Adapun Tckhnik pcngamhilan data pada pcnelitian ini yaitu nenggunakan tekhnik observasi wawancara, dan tekhnik dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti di (MAN) Wlingi -Blitar menunjukkan bahwa Profesional Guru di Madrasah Aliyah (MAN) Wlingi-Blitar sudah cukup baik dan sudah sesuai dengan keahliannya.
Guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wlingi- Blitar dapat dikatakan professional dan xompe.ten di bidangnya, hal ini dapat diJihat dari tingkat pcndidikannya berkualifikasi pada pendidikan S-1 serta ada beberapa guru yang lulusan S-2. Upaya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Wlingi-Blitar Untuk meningkatkan Kompetensinya adalah Mengikuti MGBS (Musyawarah Guru Bidang Studi), Menambah pengetahuan baru (pengambangan pengajaran), Memanfaatkan media cetak/media masa, Belajar sendiri, Faktor Yang Mempengaruhi itu ada dua baik intern maupun ekstern, dari faktor internya itu dari guru itu sendiri kalau dari faktor ekstern itu dari penunjang atau juga dari siswanya.
ABSTRACT
The teacher is a factor that is very dominant and most important in education to achieve the goal of learning in schools. The ability of teachers in the teaching learning process and in achieving educational goals are an indicator of the success of the learning process for students. Being successful in carrying out their duties as expected, teachers need to master a variety of things as they have competence.
Professional teacher is a teacher's ability to manage itself to carry out its duties and functions of everyday professionally and well. The position of teachers as professionals means that the work of teachers can be done only by someone who has academic qualifications, competence, and educator certificate in accordance with the requirements for each particular type and level of education. While the competence of teachers is a teacher possessed a certain ability in the learning process. Teachers as professionals should have the four competencies, namely pedagogical competence, professional competence, social competence, and competence of personality.
The purpose of this study was to determine the competence of teachers and efforts to increase the Professional Competence of PAI’s Teacher in MAN Wlingi Blitar. This type of research used in this study is qualitative research. While the data in this study there are two, namely primary and secondary data. Primary data obtained by researchers is the result of interviews with school principals, deputy and PAI’s Teacher of MAN Wlingi-Blitar. While secondary data are data published by the organization or institution that is not part of this research. The data collection technique in this study using observation techniques, interview and documentation techniques.
Based on research results obtained by researchers at the MAN-Blitar Wlingi show that the Professional Teachers is good enough and is in conformity with his expertise. State teachers in MAN Wlingi-Blitar can be said of professional and competent in their field, this can be seen from a qualified educational level on education S-1 and there are some teachers who graduated from S-2. State Efforts of MAN Wlingi-Blitar To Increase Following MGBS teacher was Competence (Teacher Field Studies Council), Adding new knowledge (teaching floating), Utilizing the print / media and their own learning. Factors Affecting the two, both internal and external factors. Of the internal factors that the teachers themselves, whereas the external factors it from supporting or also from the students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Rahmawati | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profesional Guru; Kompetensi Guru; Professional Teacher; Teachers competence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2022 09:27 | ||||||
Last Modified: | 23 Nov 2022 09:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41725 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |