Irham, M (2012) Implementasi pembelajaran Paikem untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al - Qur’an Hadis kelas VIII D MTS Al - Ma’arif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110196.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (784kB) |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran konvensional yang banyak digunakan oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis selama ini cenderung monoton dan tekstual sehingga siswa hasil belajarnya tidak maksimal. Atas dasar itu, perlu dicarikan alternatif- alternatif baru dalam pembelajaran mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan Hasil belajar siswa adalah Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) yang dirasa lebih tepat untuk mengatsi problema yang ada selama ini.
Berangkat dari uraian di atas, penulis mencoba untuk meneliti Model PAIKEM sebagai salah satu alternatif pembelajaran dengan rumusan sebagai berikut: 1. Bagaimana implementasi Pembelajaran PAIKEM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajran Al-Qur’an Hadis Kelas VIII D MTs Al-Ma’arif Singosari Malang? 2. Bagaimana evaluasi Pembelajaran PAIKEM Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas Kelas VIII D MTs Al-Ma’arif Singosari Malang?
Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, yaitu berupa suatu siklus spiral yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi yang dilakukan selama II Siklus.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pembelajaran PAIKEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadis Kelas VIII D MTs Al-Ma’arif Singosari Malang dengan mengemasnya lebih menarik dan menyenangkan. Seperti mengunakan bermacam- macam setting kelas serta menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi seperti numbered head together dan learning stars with A Question. Terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an hadis.
Indikator evaluasi pembelajaran PAIKEM ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa dari siklus ke siklus. Hal ini ditunjukkan dengan hasil data di lapangan yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan melalui rata-rata nilai hasil penelitian dari pre test 62,5% menjadi 66,6% pada siklus I, dan pada siklus II sebesar 74,8%, kemudian siklus III menjadi 84,5%. Kesimpulan dari keseluruhan nilai terdapat perkembangan signifikan, yaitu dari pretest ke siklus I sebesar 4,1%, siklus I ke siklus II sebesar 8,2%, dan dari siklus II ke siklus III sebesar 9,7%.
ABSTRACT
Conventional learning is widely used by the subject teachers of the Qur'an Hadith been a tendency to monotony and textual so that student learning outcome was not optimal. On that basis, need to look for new alternatives in learning subjects Qur'an Hadith. One alternative learning to improve student learning outcomes is the Model Active, Innovative, Creative, Effective and Fun (PAIKEM) were deemed more appropriate to override the existing problems so far.
Departing from the above description, the author tries to examine the Model PAIKEM as an alternative learning with the formula as follows: 1. How implementation PAIKEM Learning to improve learning outcomes Subjects Hadith Quran class MTs VIII D Al-Ma'arif Singosari Malang? 2. Learning how evaluation can improve learning outcomes PAIKEM Lesson Hadith Quran class MTs VIII D Al-Ma'arif Singosari Malang?
This research includes Classroom Action Research (Classroom Action Research). Phase of this study follows the model developed by Kemmis and Mc Taggart, namely in the form of a spiral cycle which includes planning, implementation actions, observations, and reflections made during Cycle II.
Based on these results, it can be concluded that the implementation PAIKEM Learning to Improve Learning Outcomes Lesson Hadith Quran Class VIII D MTs Al-Ma'arif Singosari Malang to package it more interesting and fun. Like using a variety of classroom settings as well as the use of learning methods as varied as numbered heads together and learning stars with A Question. Proven to improve student learning outcomes in subjects Qur'an Hadith.
PAIKEM learning evaluation indicators marked by increasing student learning outcomes from cycle to cycle. This is indicated by the results of field data that showed an increase in student learning outcomes demonstrated by the average value of the research results of the pre-test 62.5% to 66.6% in cycle I, and the second cycle of 74.8%, then cycle III to 84.5%. The conclusion of the whole value contained significant development, namely from the pretest to the cycle of
4.1% I, cycle I to cycle II of 8.2%, and from cycle II to cycle III of 9.7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Pembelajaran PAIKEM; Hasil Belajar; Al-Qur’an Hadis; Implementation; PAIKEM Learning; Learning Outcomes; Quran Hadith | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 23 Nov 2022 09:26 | ||||||
Last Modified: | 23 Nov 2022 09:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41723 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |