A, Fata Pratikna (2011) Penerapan strategi belajar aktif (Active Learning Strategy) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07110171.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dalam kenyataan sehari-hari permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana pendidik (guru agama) tersebut dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sebab akhir-akhir ini banyak peserta didik yang masih kurang dalam memahami ajaran agama Islam. Apakah hal ini disebabkan siswa yang masih kurang aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar atau cara guru dalam mengajar monoton, sehingga menyebabkan siswa menjadi apatis. Oleh karena itu, guru harus memilih metode yang tepat yakni dengan menggunakan strategi belajar aktif (Active Learning Strategy) yang mana belajar aktif mempunyai banyak sekali sekali metode-metode pembelajaran untuk mengaktifkan siswa dikelas.
Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan pendekatan belajar aktif (active learning sytrategy) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Malang dan apa faktor-faktor penghambat dan pendukung penerapan pendekatan belajar aktif (active learning strategy) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Malang.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara/interview, dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data digunakan metode deskriptif kualitatif, yakni uraiannya didasarkan pada gejala-gejala yang tampak.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan pendekatan belajar aktif (Active Learning Strategy) dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Malang sudah berjalan dengan baik, walaupun ada kekurangan- kekurangan. Diantara metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Malang yang mengarah kepada pendekatan belajar aktif (active learning strategy) adalah metode resitasi, diskusi, problem solving, jigsaw,index card match, studi kasus bikinan siswa, drill/latihan, tanya jawab, bermain peran dan demonstrasi. Adapun yang menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah adanya minat belajar siswa yang tinggi, adanya fasilitas dan sumber belajar yang memadai untuk proses belajar. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan tersebut adalah adanya sebagian siswa yang enggan untuk menyampaikan pendapatnya, dan latar belakang siswa yang berbeda.
ABSTRACT
In fact the daily problems faced are how the teacher can carry out their duties properly, because there are many students not understand religious teaching of islam. is caused by the student who are less active teaching and learning or the way teacher teaching is still monotonic, so that causing student to be apathetic. So, the teacher can choose the right method that is by active learning strategy. Which is active learning has variety of learning methods to activate student in the class.
As the problems in this research is : how the application of active learning approaches implemented in the teaching of religious education in high school islamic 1 malang city and what are the factors enabling and inhibiting the application of learning islamic religious education in learning public high school 1 malang city.
In this research, author used a qualitative approach to data collection techniques through observation, interview and documentation. As for methods to analyzing data using descriptive qualitative, the explanation is based on the symptoms that appear.
Based on research result that the application of active learning in the teaching process of islamic religious education in high school malang has been running well, although there are still shortcomings. Among the methods used in islamic religious education learning that leads to active learning strategy approach is the methods of resitation, discussion, problem solving, jigsaw, index card match, case study preparation student, drill, frequently asked question, role playing, and demonstration. As for the supporting factors in learning islamic religious education is a high interest in student learning, the facilities and learning resources are adequate for teaching and learning. While the limiting factor in the application of active learning is the presence of some student are reluctant to express his opinion, and student of different backgrounds.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Muh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi (Strategy); Belajar Aktif (Active Learning); dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam; Strategy; Active Learning; and Islamic Religious Education Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 22 Nov 2022 09:19 | ||||||
Last Modified: | 22 Nov 2022 09:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41705 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |