Upaya Ma’had Sunan Ampel Al-Ali dalam menanamkan nilai-nilai agama pada mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Malang

Mahmud, Muhammad Rofiqi (2008) Upaya Ma’had Sunan Ampel Al-Ali dalam menanamkan nilai-nilai agama pada mahasiswa baru Universitas Islam Negeri (UIN) Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (815kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Universitas Islam negeri (UIN) Malang adalah sebuah perguruan tingkat tinggi yang yang mulai di kenal tidak hanya di wilayah lokal jawa timur saja, akan tetapi juga nasional dan bahkan internasional. Dengan berbagai upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikanya UIN Malang berhasil menarik minat mahasiswa dari berbagai daerah dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Salah satu yang menjadi primadona pengembangan mutu pendidikan UIN Malang adalah adanya asrama mahasiswa yang dinamakan Ma’had Sunan Ampel Al Aly yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa baru selama dua semester pertama mereka kuliah. Salah satu yang menjadi tujuan pendirian ma’had selain usaha untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing mahasiswa adalah usaha untuk meningkatkan kemampuan, wawasan dan pemahaman nilai-nilai agama Islam. Oleh karena itulah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian “Upaya Ma’had Sunan Ampel Al-Ali Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Pada Mahasiswa Baru Universitas Islam Negeri (UIN) Malang”.

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana upaya yang dilakukan oleh segenap pengurus Ma’had Sunan Ampel Al Aly untuk meningkatkan nilai-nilai agama mahasiswa baru UIN Malang. Bagaimana program-program untuk meningkatkan nilai agama dan segala permasalah yang dihadapi baik oleh pengurus Ma’had Sunan Ampel Al Aly sendiri atupun Mahasiswa baru.

Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Apa saja upaya yang dilakukan MSAA dalam menanamkan nilai-nilai agama pada mahasiswa baru UIN Malang. 2). Bagaimana Respon Mahasiswa baru terhadap upaya yang dilakukan MSAA dalam menanamkan nilai-nilai agama pada mahasiswa baru UIN Malang. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh MSAA dalam menanamkan nilai-nilai agama pada mahasiswa baru UIN Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggambarkan data yang telah diperoleh untuk memperoleh kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini adalah pertama, Pengurus Ma’had Sunan Ampel AlALy telah berupaya maksimal untuk dapat meningkatkan nilai-nilai agama pada mahasiswa baru UIN Malang, hal ini terbukti dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh mereka seperti Ta’lim Al Quran, Ta’lim Al Afkar Al Islamiy, Sholat berjamaah dan Peringatan Hari Besar Islam. Kedua, secara garis besar ada dua respon yang diperlihatkan oleh mahasiswa baru yaitu kelompok mahasantri yang merasa senang dan terbiasa dengan berbagai kegiatan yang diadakan oleh MSAA dan Kelompok mahasantri yang merasa terkekang dan kurang bebas dengan adanya berbagai kegiatan di ma’had. Ketiga, faktor pendukung yang mempengaruhi upaya yang dilakukan MSAA untuk menig\ngkatkan nilai agama mahasiswa bari antara lain; a) Peraturan yang jelas dan mengikat, b) Lokasi yang strategis, c) Uswatun khasanah dari pengurus MSAA, d) Tutor yang lebih menguasai materi. Sedangkan faktor yang menghambat antara lain; a) Kesibukan mahasantri dengan acara diluar ma’had, b) Pengaruh dari pihak luar Ma’had, c) Kurangnya semangat belajar mahasiswa baru, d) Heterogenitas background pendidikan mahasiswa baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hasyim, Farid
Keywords: Peningkatan Nilai-nilai Agama; Mahasiswa Baru
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 09 Aug 2016 02:01
Last Modified: 09 Aug 2016 02:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4169

Actions (login required)

View Item View Item