Nuraini, Nuraini (2011) Upaya peningkatan kualitas pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di TPQ Al-Khair Semarapura Klungkung Bali. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an adalah Firman Allah yang berfungsi sebagai mukjizat yaitu sebagai bukti kebenaran atas kenabian, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Pengajaran al-Qur’an dalam arti dari mulai membaca sampai mengamalkannya merupakan persoalan yang teramat sentral dalam Islam pada khususnya. Dan lembaga pendidikan al-Qur’an pada saat ini kian menampakkan hasilnya dalam memecahkan persoalan ummat dari buta baca dan tulis al-qur’an.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu: Bagaimana sistem pembelajaran di TPQ Al-Khair, metode pembelajaran apa yang digunakan, dan bagaimana upaya TPQ Al-Khair dalam meningkatkan kualitas baca tulis al-Qur‘an. Mengacu pada konteks penelitian di atas, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk menjelaskan sistem pembelajaran di TPQ al-Khair, untuk menjelaskan metode pembelajaran yang digunakan dan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan kualitas pembelajaran baca tulis al-Qur’an di TPQ Al-khair. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mengungkapkan daya deskriptif dari informasi yang diperoleh saat penelitian. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti memperoleh hasil: bahwa target dan tujuan TPQ al-Khair adalah anak dalam waktu relatif singkat sudah bisa membaca dan menulis al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah, hafal surat-surat pendek, hafal surat pilihan, dan hafal do’a sehari-hari yang dalam penyampaiaannya menggunakan metode Qira’aty yang memakai sistem cepat bisa baca al-Qur’an yang lebih menekankan pada aspek santri yang menuntun keaktifan, kreatifitas dan kecerdasan santri sehingga kemampuan santri dapat tersalurkan secara optimal.
Upaya peningkatan kualitas baca tulis al-Qur’an yang menjadi faktor utama adalah peningkatan kualitas guru yang merupakan penanggung jawab atas berlangsungnya pendidikan, hal ini bisa dilakukan dengan bimbingan, penataran guru dan studi banding ke lembaga lain yang kualitas pendidikannya lebih baik, peningkatan kualitas santri melalui pemberian tugas kepada santri baik itu membaca ataupun menulis al-Qur’an. Penambahan pendanaan dengan cara mencari sumbangan dari donatur, infaq, shadaqah dari orang muslim dan juga sumbangan yang sifatnya tidak mengikat dan juga pemasukan dari koperasi TPQ. Penambahan sarana dan prasarana dengan cara merenovasi bagunan TPQ dan membangun ruang wudhu’ bagi santri. Maka dari itu, TPQ memiliki peranan yang sangat baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sebagai akhir dari skripsi ini dikemukakan saran-saran penulis, diharapkan dapat bermanfaat bagi pelaksanaan pendidikan di TPQ Al-Khair Semarapura Klungkung Bali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Aziz, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peningkatan, Baca Tulis Al-Qur’an TPQ Al-Khair | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2022 10:23 | ||||||
Last Modified: | 21 Nov 2022 10:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41658 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |