Juniasih, Dwi Kurnia (2011) Implementasi strategi pembelajaran Poster Comment dan Index card Match dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VII A di SMPN 2 Nguling Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (40MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam suatu proses pembelajaran, seorang Guru mempunyai peranan yang sangat penting. Guru harus berupaya menggunakan berbagai cara agar dalam proses pembelajarannya siswa selalu termotivasi untuk belajar. Karena motivasi adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa dalam meningkatkan prestasi belajar. Motivasi siswa ini dapat ditumbuhkan dengan penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang tepat. Penggunaan strategi pembelajaran yang monoton dan membosankan membuat motivasi belajar siswa turun dan berdampak pada penurunan prestasi belajarnya.
Sebuah fakta di SMPN 2 Nguling Pasuruan kelas VIIA bahwa dalam pembelajaran PAI menggunakan metode atau strategi pembelajaran tradisional dan konvensional, yaitu ceramah, penugasan LKS, demonstrasi, dan tanya jawab. Dengan metode tersebut, prestasi belajar siswa kelas VIIA cenderung kurang memenuhi KKM. Untuk itu siswa merasa perlu hadirnya suatu pembaharuan dalam pembelajaranya yakni penggunaan metode atau strategi pembelajaran yang menciptakan suasana belajar enjoy dan menyenangkan. Salah satu alternatif strategi yang dapat digunakan adalah strategi Poster Comment dan Index Card Match. Kedua strategi ini digunakan dengan harapan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
Adapun rumusan dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan tindakan pada penerapan strategi pembelajaran Poster Comment dan Index Card Match dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIA di SMPN 2 Nguling Pasuruan.
Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dan jenis penelitiannya yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif antara peneliti dengan Guru PAI. Pelaksanaan penelitian selama 2 siklus dengan menggunakan model desain PTK Kurrt Lewin yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, pengukuran tes hasil belajar dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Poster Comment dan Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIA pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Nguling Pasuruan. Dari hasil nilai evaluasi juga dapat dilihat tentang peningkatan prestasi belajar mulai dari pre tes hingga siklus 2 dengan rincian rata-rata kelas nilai pre tes 64,0; siklus I 66,4; dan siklus II 78,2. Peningkatan prestasi belajar pada lembar observasi siklus I sebesar 44%, dan pada siklus II sebesar 54%.
ABSTRACT
In a process of learning, a teacher has very important roles. Teachers should try to use a variety of ways for a student in the learning process is always motivated to learn. Because motivations are the factors that influence the success of student learning in improving learning achievement. Students' motivation can be fostered by use of methods or appropriate learning strategies. The use of learning strategies that are tedious and boring to students' motivation decreased and the impact on the academic achievement.
A fact in SMP 2 Nguling Pasuruan class PAI VIIa that in learning to use traditional methods or learning strategies and conventional, i.e. lectures, assignment worksheets, demonstrations, and question and answer. With these methods, student achievement is less likely to meet the class KKM VIIa. To that students feel need the presence of a renewal in learning methods or learning strategies that make learning fun and enjoy. One alternative strategy is a strategy that can be used and Index Comment Poster Card Match. Both strategies are used in hopes of creating an atmosphere of active learning, innovative, creative, effective and fun.
The formulation and the purpose of this study were to determine how the planning and implementation of action on the application of learning strategies and Index Comment Poster Card Match in improving student achievement in class VIIa SMPN 2 Nguling Pasuruan.
This research approach is qualitative descriptive, and the type of research that is Classroom Action Research (PTK) collaborative between researchers with Master PAI. Implementation research for 2 cycles by using the design model Kurrt Lewin PTK consisting of planning, implementation, observation and reflection. The collection of data obtained using observation techniques, interviews, tests measuring learning outcomes and documentation.
The results of this study indicate that the application of learning strategies and Comment Poster Card Match Index can improve student achievement in subjects VIIa class PAI SMPN 2 Nguling Pasuruan. From the results of the evaluation value can also be viewed on improving learning achievement from pre test to cycle 2 with details of the class average pre-test value of 64.0; cycle I 66.4
and 78.2 second cycle. Improved learning achievement on the observation sheet I
cycle by 44%, and the second cycle of 54%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran Poster Comment; Index Card Match; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam (PAI); Learning Strategies Poster Comment; Index Card Match, Learning; Achievement; Islamic Religious Education (PAI) | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 21 Nov 2022 10:23 | ||||||
Last Modified: | 21 Nov 2022 10:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41655 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |