Inayati, Isna Nurul (2011) Pengaruh sikap, norma subjektif, dan Perceived Behavior Control terhadap kesiapan guru PAI atas kebijakan dimasukannya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam ujian nasional: Survei di SMAN dan SMKN se-Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110012.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ujian Nasional sebagai salah satu bentuk alat evaluasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dirasa belum mampu menyentuh ranah perbaikan moral bangsa. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah berencana akan memasukan mata pelajaran agama dalam Ujian Nasional. Penetapan kebijakan ini pastinya akan semakin menimbulkan kontroversi dikalangan guru PAI di Indonesia.
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan tentang adakah pengaruh yang positif baik secara simultan dan parsial dari sikap, norma subyektif dan PBC terhadap kesiapan Guru PAI atas kebijakan dimasukannya mata PAI dalam Ujian Nasional; serta variabel manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi kesiapan guru PAI yang mengajar di SMKN dan SMAN di Kota Malang dalam melaksanakan kebijakan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner pada responden. Jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh Guru PAI yang mengajar di SMAN dan SMKN di Kota Malang. Dari data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif untuk mengetahui mean, frekwensi dan prosentase, Korelasi pearson pruduct moment untuk melihat apakah ada hubungan antara 2 variabel yang diteliti, ANOVA satu arah untuk mengetahui apakah perbedaan yang signifikan antara 2 variabel atau lebih, Regresi berganda (multiple regression) untuk melihat pengaruh dan sumbangan dua variabel atau lebih.
Berdasarkan alat analisis di atas diperoleh hasil bahwa secara parsial hanya variabel norma subjektif yang memiliki pengaruh positif terhadap kesiapan Guru PAI atas kebijakan dimasukannya mata PAI dalam Ujian Nasional. Sedangkan secara simultan ketiga variabel bebas yaitu sikap, norma subyektif dan PBC memiliki pengaruh yang positif terhadap kesiapan Guru PAI atas kebijakan dimasukannya mata PAI dalam Ujian Nasional; dengan faktor yang paling dominan adalah norma subjektif. Kedua hasil penelitian ini memang sedikit bertentangan. Hal ini dikarenakan menurut teori perilaku terencana, aplikasi ketiga variabel bebas yaitu sikap, norma subjektif dan kontrol perilaku harus dalam satu kesatuan, artinya dari tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya.
ABSTRACT
National Examination as a form of evaluation tools that can be used to improve the quality of education in Indonesia. It is felt not able to touch the realm of the nation's moral improvement. To overcome this, the Government plans to include subjects of religion in the National Examination. Determination of this policy will certainly be more controversial among teachers PAI in Indonesia.
The purpose of this study was implemented to answer the question about is there a positive influence on both simultaneously and partially from attitudes, subjective norms and PBC towards readiness of PAI teacher on the inclusion PAI lesson in the National Examination, and also where the most dominant variable in affecting the readiness of teachers' PAI who are teaching at SMKN and SMAN in Malang in implementing that policy.
This study is a quantitative approach with correlational type. The data were collected by using a questionnaire on the respondents. The population of this study was all PAI teachers who teach in SMAN and SMKN in Malang. The data which have been obtained and analyzed using descriptive statistics to determine the mean, frequency and percentage, Pearson Correlation pruduct moment to see if there is a relationship between two variables studied, one-way ANOVA to determine whether a significant difference between two or more variables, multiple regression to see the influence and contributions of two or more variables.
Based on the above analysis tools obtained results that are partially subjective norm only variable that has a positive influence on PAI teacher preparedness on the inclusion PAI lesson in the National Examination. While simultaneously the three independent variables namely attitude, subjective norm and PBC have a positive influence on PAI teacher preparedness on the inclusion PAI lesson in the National Examination; with the most dominant factor is the subjective norm. Both of these results is a bit contradictory. This is because according to the theory of planned behavior, the third application of the independent variable is the attitude, subjective norm and behavioral control should be in one entity, it means that can not be separated from one to another.
ARABIC
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sikap; Norma Subjektif; Perceived Behavior Control; Kesiapan; Guru; Ujian Nasional; Attitude; Subjective Norm; Perceived Behavior Control; Readiness; Teacher; National Examination | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2022 13:42 | ||||||
Last Modified: | 11 Jul 2023 10:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41654 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |