Fahruddin, Ahmad Afghor (2011) Upaya Kepala Sekolah dalam memanajemen mutu kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMKN 5 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110239.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Upaya kepala sekolah sangatlah menentukan keberhasilan dalam memanaj mutu kurikulum pendidikan agama islam, memanaj mutu kurikulum pendidikan agama Islam itu seperti menerangkan apa itu konsep kepala sekolah, konsep mutu, konsep kurikulum PAI, dan konsep manajemen mutu kurikulum PAI. Sehingga upaya kepala sekolah dalam melakukan memanaj mutu kurikulum PAI sangatlah berperan, apabila kepala sekolah tidak bisa memanaj maka kurikulum PAI tidak akan terlaksana dengan baik, dan harus di dukung oleh berbagai pihak, yang paling terpenting adalah kerja samanya guru-guru pendidikan agama Islam.
Kepala sekolah harus melaksanakan kewajibannya seperti halnya perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi. Seperti yang sudah di lakukan kepala sekolah SMKN 5 Malang ialah mengadakan review setiap tahun, meningkatkan kualitas SDM, dan budaya seni yang ditingkatkan. Dalam perencanaan dengan menetapkan tujuan pendidikan, dokumen yang diperlukan Penyediaan sumber daya, Kegiatan supervisi, analisis kurikulum dan evaluasi, rekaman sebagai bukti proses pendidikan telah berlangsung. Pelaksanaan, sesuai visi dan misi SMKN 5 Malang. Pengorganisasian, koordinatif dan bersinergi dalam kerangka kerja tim sesuai dengan struktur manajemen di SMKN 5 Malang. Pengawasan yaitu, pemantauan, evaluasi, dan tindak lanjut. Evaluasi mutu kurikulum, dilakukan oleh kepala sekolah untuk memastikan bahwa kegiatan serta hasilnya memenuhi persyaratan yang ditentukan, sesuai dengan sasaran mutu SMKN 5 Malang.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka skripsi ini mengkaji tentang: 1.Bagaimana manajemen mutu kurikulum pendidikan agama islam di SMKN 5 Malang? 2. Bagaimana upaya kepala sekolah dalam Memanaj mutu kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMKN 5 Malang? 3. Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam Memanaj mutu kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMKN 5 Malang?
Penelitian yang dilakukan penulis ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
ABSTRACT
Principal effort very is determining of efficacy in managing of quality of education curriculum of religion of Islam, managing quality of curriculum education of religion of Islam that like explaining what that principal concept, conception quality, curriculum concept of PAI, and management concept quality of curriculum of PAI. So that strive principal in conducting management of curriculum quality of PAI so central, if principal do not manage hence curriculum of PAI will not be executed better, and have to be supported by various most all important party is cooperation of teachers of education of religion of Islam.
Principal have to execute its obligation as does planning, execution, organizational, evaluation and observation. Such as those which have been conducted by principal of SMKN 5 Malang is perform a review every year, improving the quality of human resource, and artistic culture which improved. In the plan by specifying the target of education, needed document ready of resource, activity of supervision, curriculum analysis and evaluation, record as evidence process education has taken place. Execution is as according to mission and vision of SMKN 5 Malang. Organizational, coordinative, and synergies in team framework is as according to management structure in SMKN 5 Malang. Controlling is monitoring, evaluation, and follow-up. Evaluate quality of curriculum, conducted by principal to ensure that activity and also its result fulfill determined conditions, as according to target quality of SMKN 5 Malang.
Relate to mentioned above, hence this thesis study about; (1) How management quality of curriculum education of religion of Islam in SMKN 5 Malang? (2) How principal effort in managing quality of curriculum education of religion of Islam in SMKN 5 Malang? (3) Factor any kind of supporting and pursuing in managing quality of curriculum education of religion of Islam in SMKN 5 Malang?
Research that done by writer including research having the character of descriptive qualitative. In course of data collecting, writer use some method that is observation method, documentation and interview. While for the analysis of its data, writer use techniques of descriptive analysis qualitative, that is in the form of data presentation in writing regarding related data, either written and also oral than research object exist in above mentioned institute which have been perceived, where in the case of writer depict by totally about real situation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Sekolah; Kurikulum; Pendidikan Agama Islam; principal; curriculum; education of religion of Islam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2022 08:58 | ||||||
Last Modified: | 18 Nov 2022 08:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41636 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |