Juniawan, Arief Luqman (2011) Problematika pembelajaran Al-Qur’an dan upaya pemecahannya di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110016.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Menurut Yanwar dalam skripsinya yang berjudul Problematika Pendidikan Islam Masa Kini dan Akan Datang telah menjelaskan bahwa dalam proses pembelajaran baca tulis al-Qur’an terdapat problem yang tidak sedikit dan sederhana. Diantaranya, ada siswa yang baru lancar dalam membaca al-Qur’an, ada yang belum lancar, dan ada yang buta terhadap huruf al-Qur’an. Hal ini ternyata juga terjadi di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang. Meskipun sekolah ini merupakan salah satu lembaga pendidikan RSBI yang memiliki mutu pendidikan yang baik, namun ternyata masih ditemukan adanya suatu problem dalam proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran Al-Qur’an di sekolah tersebut.
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Apa problematika yang dihadapi Siswa dalam Pembelajaran al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang? (2) Apa sebab- sebab timbulnya Problematika Pembelajaran al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang? (3) Bagaimana Upaya Pemecahan problematika Pembelajaran al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang? Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk memaparkan bagaimana problematika dalam pembelajaran al-Qur’an di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang, (2) Untuk memaparkan sebab-sebab timbulnya problematika dalam pembelajaran al-Qur’an di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang, (3) Untuk memaparkan usaha-usaha pemecahan problematika dalam pembelajaran al-Qur’an di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang.
Sesuai dengan rumusan masalah dan tujuan penelitian di atas, maka penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif karena peniliti berusaha untuk menggambarkan dan memaparkan segala fakta dan peristiwa yang terjadi di SMK terutama yang berhubungan dengan problematika pembelajaran Al-Qur’an. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang Tahun Ajaran 2009/ 2010 sebanyak 270 siswa dengan sampel berjumlah 43 siswa yang diambil dengan teknik purposive sample (sampel bertujuan). Sedangkan untuk mengumpulkan datanya, dilakukan dengan metode observasi (pengamatan), metode intervew (wawancara) dan metode dokumentasi. Kemudian, hasil penelitiannya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Problematika yang dihadapi siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang adalah sebagian besar siswanya terutama kelas X TKR 5 belum bisa menulis dan membaca al-Quran dengan lancar dan baik sesuai dengan tajwid. (2) Sebab-sebab timbulnya problematika pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang antara lain: kurangnya sarana prasarana yang menunjang dalam mata pelajaran Al-Islam khususnya dalam pembelajaran Al-Qur’an; minimnya waktu pembelajaran agama khususnya Al-Islam karena dalam kurikulumnya sendiri memang untuk pelajaran agama di SMK terbagi menjadi 3 yaitu Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab. Sehingga pembelajaran tidak bisa maksimal; banyak dari siswa yang belum mengenal ilmu tajwid (3) Upaya pemecahan problem dalam pembelajaran Al-Qur’an antara lain: siswa harus mampu memanfaatkan sumber belajar yang sudah ada dan sudah disediakan oleh pihak sekolah baik sumber yang dirancang atau secara sengaja dibuat atau dipergunakan untuk membantu belajar mengajar, misalnya buku paket; melakukan proses pembelajaran Al-Qur’an di luar jam yang tersedia agar proses pembelajaran Al-Qur’an bisa mencapai target yang diinginkan; kegiatan belajar mandiri dan kegiatan belajar kelompok; guru dalam melakukan proses pembelajaran tentang sistem penyampaian pada proses pembelajaran Al-Qur’an harus bisa menerapkan beberapa metode dan strategi.
Penulis berharap ada peneliti lanjutan sebagai respon positif dalam upaya pemecahan problem dalam pembelajaran Al-Qur’an di SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang sebagai objek penelitiannya. Sehingga nantinya dapat dijadikan pertimbangan terhadap kebijakan pendidikan dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
ABSTRACT
According Yanwar in a thesis entitled Problems of Islamic Education Today and Will Come Already tells that in the process of learning reading and writing the Quran there are problems that are not small and simple. Ones among them, there are new students who are already fluent in reciting the Quran, some are getting hard, and some other are blind to the letter of Quran. This was also happening in SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang. Although this school is one institution that has RSBI good quality education, but it is still found the problem in the learning process, especially in learning Quran at the school.
Problems that will be investigated in this research are: (1) What are the problems faced by students in learning Quran at the Vocational School (SMK) of Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang? (2) What are the causes of the emergence of al-Quran Learning Problems in Vocational School (SMK) of Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang? (3) What problem solving efforts of al-Quran Learning Vocational School (SMK) of Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang? This study aimsat: (1) Explaining how the problems in learning the Quran at SMK of Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang, (2) Explaining the causes of problems in learning the Quran at SMK of Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang, ( 3) Explaining the problem-solving efforts in learning the Quran at SMK of Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang.
In accordance with the formulation of the problem and research purposes above, this research included in the qualitative study is descriptive because the researcher attempted to describe and explain all the facts and events taking place in vocational school related to the problem of learning Qur'an. The population used in this study is all students of class X SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang in Academic Year 2009/2010 of 270 students with a sample of 43 students taken with the technique of purposive sampling (samples intended). As for collecting the data, performed by the method of observation, interview and documentation. Then, the research results were analyzed using descriptive analysis method.
The results of this research are: (1) The problems faced by students in learning the Quran in Vocational School (SMK) of Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang is the majority of students, especially class 5 X TKR has not been able to write and read the Qur'an fluently and good accordance with Tajweed. (2) The causes of problems in learning Qur'an it Vocational School (SMK) of Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang, among others: the lack of infrastructures that support the subjects al-Islam, especially in learning the Quran; lack of time teaching religion in particular Al-Islam because the curriculum it self is to religious instruction in vocational divided into 3 namely Al-Islam,
Kemuhammadiyahan and Arabic. So the learning can not be maximal; Many of the students who do not know the science of Tajweed (3) problem-solving efforts in learning the Quran, among others: students should be able to take advantage of learning resources that already exist and have been provided by the school either drafted or source deliberately created or used to assist learning and teaching, such as textbooks; the process of learning Qur'an outside of available hours for the process of learning Qur'an can achieve the desired target; self-learning activities and group learning activities; teachers in the learning process about the delivery system in the process of learning the Quran should be able to apply some methods and strategies.
The authors hope that there is continuity as a positive response researcher in solving problems in learning the Quran in SMK of Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang as an object of research. So that later, it can be considered against the policies of education in improving quality of education in Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problematika; Pembelajaran Al-Qur’an; Upaya Pemecahan; Problems; Al-Qur'an Learning; Solving Efforts | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2022 08:58 | ||||||
Last Modified: | 18 Nov 2022 08:58 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41634 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |