Pengaruh bimbingan belajar di sekolah terhadap prestasi siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 02 Malang

Subhan, Subhan (2009) Pengaruh bimbingan belajar di sekolah terhadap prestasi siswa mata pelajaran ekonomi kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 02 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04130010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Dalam meningkatkan mutu pendidikan yang sesuai cita-cita bangsa Indonesia yakni mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa adalah sangat diharapkan pada lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia. Untuk mencapai mutu pendidikan yang benar-benar berkualitas salah satu cara untuk mewujudkanya adalah dengan adanya bimbingan belajar yang implikasinya bertujuan untuk meningkatkan Prestasi siswa.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana Bimbingan Belajar terhadap prestasi siswa Disekolah pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Malang?; kedua, Apa ada Pengaruh Bimbingan Belajar Disekolah terhadap prestasi siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI dan XII Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Malang?; dan ketiga, Bagaimana Perbedaan Prestasi Siswa kelas XI dan XII yang mengikuti Bimbingan Belajar Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Malang?.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan mengunakan metode questioner (angket) sistematis, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI dan XII SMA Muhammadiyah 2
Malang dengan jumlah sampel 29 siswa. Analisa data yang dilakukan dengan langkah-langkah tahap pertama: Pengolahan data (editing atau koding), Tabulasi dan penyesuaian data, tahap dua: pengujian hipotesis.

Setelah melalui tahap hipotesis temuan penelitian dalam skripsi ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Bimbingan belajar siswa kata gori sedang dengan sekor interval 23-26 dengan nila 39.2 %. Adapun prestasi siswa kata gori tinggi dengan sekor interval 34-38 dengan nilai frekuensi antar 44.9 %; Kedua, Tidak ada pengaruh signifikan bimbingan belajar terhadap prestasi siswa kelas 2 (XI) dengan kelas 3 (XII) pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah
2 Malang. Karena nilai sig > α.; dan Ketiga, Untuk nilai ujian kelas 2 lebih tinggi (72.92) dari pada kelas 3 (70.13). dengan perbedaan rata-rata (mean diference) kelas 2 dan 3 SMA Muhammadiyah 2 Malang sebesar 2.798 (72.92-70.13).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rasmiyanto, Rasmiyanto
Keywords: Bimbingan Belajar; Prestasi siswa
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Kumala Inayati
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:47
Last Modified: 05 Aug 2016 09:47
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4163

Actions (login required)

View Item View Item