Hikmah, Liwa’ul (2012) Implementasi metode brainstorming dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Hasyim Asy’ari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110163.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu masalah psikologis yang biasa terjadi pada masa remaja adalah kurangnya kepercayaan diri.Kurangnya kepercayaan diri dalam belajar juga menjadi permasalahan pada siswa di MTs Hasyim Asy’ari Malang, khususnya untuk siswa kelas VII pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.Kurangnya kepercayaan diri pada remaja dapat menimbulkan sikap seperti; tidak mau mencoba sesuatu yang baru, memiliki emosi yang kaku dan disembunyikan, mudah mengalami frustasi dan tertekan serta meremehkan bakat dan kemampuannya sendiri.Salah satu cara yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa adalah penggunaan metode brainstorming dalam pembelajaran.Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Sulis Setyawan salah satu langkah yang dapat dipakai untuk menumbuhkan kepercayaan diri siswa adalah mendorong para siswa untuk semaksimal mungkin menunjukkan keberaniannya, baik keberanian dalam berbicara, tampil, bertanya, dan menjawab pertanyaan guru, maupun keberanian berargumen.
Dalam Penelitian ini yang menjadi permasalahan adalah bagaimana implementasi metode brainstorming dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII A pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Hasyim Asy’ari dan apakah implementasi metode brainstorming dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII A pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Hasyim Asy’ari. Tujuannya untuk mengetahui implementasi metode brainstorming dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII A pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Hasyim Asy’ari Malang dan mengetahui apakah implementasi metode brainstorming dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII A pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Hasyim Asy’ari Malang.Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru dalam hal ini yaitu guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan obsevasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Dari hasil penelitiandapat disimpulkan bahwa implementasi metode brainstorming dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VII A pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits MTs Hasyim Asy’ari Malang sebagaimana yang telah peneliti lakukan sesuai dengan tahapan-tahapan dalam prosedur penelitian, yaitu melalui tiga siklus dengan alur pelaksanaannya berupa perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi dan refleksi.Penelitian tersebut pada saat pretest memperoleh rata-rata tingkat kepercayaan diri siswa pada setiap aspeknya sebesar
1,28 sedangkan pada siklus I meningkat sebesar 30,4% dari sebelumnya dengan rata-rata 1,67. Untuk siklus II meningkat sebesar 36,5% dengan rata-rata 2,28. Sedangkan untuk siklus III rata-ratanya 3,72 yaitu meningkat sebesar 63,1%. Berdasarkan hasil observasi dan refleksi PTK pada tiap siklusnya terbukti bahwa implementasi metode brainstorming pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VII A MTs Hasyim Asy’ari Malang dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa, hal ini bisa dilihat dari indikator aspek-aspek kepercayaan diri yaitu; rasa aman, ambisi normal, mandiri, yakin pada kemampuan diri sendiri, toleransi dan optimis.
ABSTRACT
One of the common psychological problems in adolescence is a lack of confidence.Lack of confidence in learning is also be a problem on MTs Hashim Ash'ari students in Malang, especially for students in grade VII on the subjects of the Qur'an and hadith.Lack of confidence in teens can lead to such behavior; not want to try something new, have a rigid and hidden emotions, easily frustrated and depressed and had underestimated the talent and ability alone.One way that can help increase the confidence of the students is the use of brainstorming in teaching methods.As noted by Sulis Setyawan one step that can be used to foster self-confidence of students is to encourage the students to the maximum extent possible show their courage, bravery in speaking well, look, ask, and answer the questions the teacher, or argue courage.
In this study the problem is how the implementation of brainstorming methods to improve the confidence grade VII A lesson on the Qur’an Hadith in MTs Hashim Ash'ari and whether the implementation of brainstorming method can increase the confidence of students in grade VII A on subjects Al-Qur'an Hadith in MTs Hashim Ash'ari.The goal is to find out the implementation of brainstorming methods to improve the confidence grade VII A lesson on the Qur’an Hadith in MTs Hashim Ash'ari Malang and find out whether the implementation of brainstorming method can increase the confidence of students in grade VII A lesson on the Holy Quran'an Hadith in MTs Hashim Ash'ari Malang.Methods of research used a qualitative approach, the type of Classroom Action Research (PTK) carried out collaboratively between researchers with the teacher in this case the subject teachers of the Qur'an and hadith.While the data collection technique used observation, interviews and documentation studies.
From the research results can be concluded that the implementation of brainstorming methods to improve the confidence grade VII A lesson on the Al - Qur’an Hadith MTs Hashim Ash'ari Malang as has been done according to the research stages in the research procedure, that is, through three cycles the execution flow of planning, action, observation, or observation and reflection.The study at pretest gained an average confidence level of students in every aspect of 1.28 while on cycle I increased by 30.4% from the previous average of 1.67.For the second cycle increased by 36.5% with an average of 2.28.As for the third cycle of 3.72 is the average increase of 63.1%.Based on the results of observation and reflection in each cycle PTK proved that the implementation of the method of brainstorming on the subject of the Qur'an Hadith in class VII A MTs Hashim Ash'ari Malang can increase the confidence of students, it can be seen from the indicators of aspects of self-confidence namely security, normal ambition, self- reliant, confident in yourself, tolerance and optimism.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Brainstorming; Kepercayaan Diri Siswa; Brainstorming Method; Student Confidence | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2022 09:32 | ||||||
Last Modified: | 17 Nov 2022 09:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41625 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |