Al Hamizah, Masithah (2011) Penerapan pendekatan Kontruktivis Sosial (Social Constructivist approaches) pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan motivasi, pemahaman, dan prestasi belajar siswa kelas X-8 SMA Neegeri 1 Malang. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (8MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam di sekolah dalam pelaksanaannya masih menunjukkan adanya permasalahan. Di antaranya adalah masih diterapkannya pembelajaran secara konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas sehingga tidak dapat menarik perhatian siswa untuk belajar. Pembelajaran yang demikian berimplikasi pada kurangnya motivasi, pemahaman, dan prestasi belajar siswa terhadap pelajaran agama. Adapun pendekatan yang digunakan masih bersifat teacher centered dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Untuk itu, perlu diterapkan pendekatan alternatif dalam belajar materi Agama Islam yang dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif dan dapat mengembangkan potensi siswa secara optimal. Salah satu alternatif pendekatan yang digunakan adalah dengan penerapan pendekatan konstruktivis sosial. Dengan penerapan pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, semakin memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran Agama, dan meningkatkan prestasi belajar mereka.
Berawal dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan yaitu: (1) Bagaimanakah penerapan pendekatan kontruktivis sosial pada mata pelajaran PAI yang dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan prestasi belajar siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Malang? (2) Bagaimana peningkatan motivasi, pemahaman, dan prestasi belajar siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Malang setelah diterapkan pendekatan konstruktivis sosial pada mata pelajaran PAI?
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian kolaboratif partisipatoris dan mengacu pada model yang digunakan oleh Hopkins. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang bersifat kualitatif dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif.
Penerapan pendekatan konstruktivis sosial pada mata pelajaran PAI yang dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan prestasi siswa kelas X-8 dilakukan dengan menggunakan teknik scaffolding, tutoring, dan tutoring yang diiringi dengan scaffolding. Adapun guru bertindak sebagai fasilitator dan pembimbing, memberikan motivasi dan penjelasan ulang mengenai penerapan pendekatan konstruktivis sosial.
Penerapan pendekatan konstruktivis sosial pada mata pelajaran PAI terbukti dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan prestasi belajar siswa kelas X-8 SMA Negeri 1 Malang. Hasil observasi di lapangan menunjukkan adanya peningkatan motivasi dari pre-tes hingga ke post-tes sebesar 93%, pemahaman siswa terhadap materi meningkat sebesar 80%, dan prestasi siswa mengalami peningkatan sebesar 36,9%.
Dari hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran sebagai bahan pertimbangan kepada lembaga agar pendekatan konstruktivis sosial diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran yang lebih baik. Begitu pula kepada guru agar menerapkan pendekatan konstruktivis sosial dengan menggunakan teknik tutoring yang diiringi dengan scaffolding pada pelajaran PAI yang telah dibuktikan dari hasil penelitian bahwa kedua teknik tersebut dapat meningkatkan motivasi, pemahaman, dan prestasi belajar siswa menjadi lebih baik. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan desain penelitian kualitatif sehingga dapat diperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan data penelitian yang lebih akurat mengenai penerapan pendekatan konstruktivis sosial pada mata pelajaran PAI dalam meningkatkan motivasi, pemahaman, dan prestasi belajar siswa.
ABSTRACT
Pendidikan Agama Islam (PAI subject) at school in reality still reveals some issues. One of them is implementation of conventional learning in Pendidikan Agama Islam subject thus unable to attract student’s interest to learn. This kind of learning carry an implication toward lack of motivation, comprehension and student’s learning performance in agama subject. Approach used in this matter still teacher centered in nature, using speech and catechism method. Thus it is necessary to implement alternative approach in studying Agama Islam material which could create conducive learning environment and able to increase potential within students optimally. One alternative approach which might be used is social constructivist approach implementation. By applying this approach it is expected to be able in increasing student’s motivation in learning, enabling students in comprehending material within subject and improve their study performance.
Initiated from above problems, formulated problematic in general are: (1) How does social constructivist approach implementation in PAI subject could increase motivation, comprehension and study performance of X-8 students in SMA Negeri 1 Malang? (2) How does the increasing of motivation, comprehension, and study performance among X-8 students in SMA Negeri 1 Malang when the social constructivist approach in PAI subject have been implemented?
This study is using class action as its design with participatory collaborative type of study and refers to models used by Hopkins. Data collection is done by using observation, interview and documentation techniques. Data with qualitative nature is descriptive qualitatively analyzed, while for quantitative data is descriptive quantitatively analyzed.
Social constructivist approach implementation of PAI subject which is able to increase motivation, comprehension, and study performance of X-8 students is conducted by using scaffolding, tutoring and tutoring along with scaffolding technique. Teacher acts as facilitator and guidance, giving motivation and re-explanation about implementation of social constructivist approach.
Implementation of social constructivist approach in PAI subject has proved to be able in increasing motivation, comprehension and study performance of X-8 students in SMA Negeri 1 Malang. Observation results in field has revealed improvement of motivation from pre-test until post-test for 93%,
student’s comprehension toward material has increase for 80% and student’s performance has improve for 36,9%.
From these results, author suggested for the institution so that social constructivist approach could be used as one approach alternative in learning process therefore could increase quality of learning into better result. And for teachers involved, they should implement social constructivist approach by using tutoring technique along with scaffolding in PAI subject whom has proved from the result that both techniques could increase motivation, comprehension, and student’s performance into better. In addition, further study should be used by using qualitative study design therefore we could have an in-depth comprehension and we could obtain more accurate data concerning implementation of social constructivist approach in PAI subject to improve motivation, comprehension and student’s learning performance.
Item Type: | Thesis (Doctoral) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rossidy, Imron | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendekatan Konstruktivis Sosial; Scaffolding; Tutoring; PAI; Motivasi; Pemahaman; Prestasi Belajar; Social Constructivist Approaches; Scaffolding; Tutoring; PAI; Motivation; Comprehension; Study Performance | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 17 Nov 2022 09:31 | ||||||
Last Modified: | 17 Nov 2022 09:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41612 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |