Saifudin, Faisol Kusuma (2011) Implementasi Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SD Negeri Arjosari 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Proses pembelajaran merupakan pusat kegiatan belajar-mengajar yang terdiri dari guru dan siswa. Hal tersebut akan memberikan dampak pada kematangan intelektual, kedalaman spiritual, keagungan akhlak, dan keluasan ilmu. Hubungan antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran akan menentukan keberhasilan dari proses pembelajaran tersebut. Selanjutnya, ada model pembelajaran aktif, kreatif, efektif, sekaligus menyenangkan yang akan mendukung keberhasilan sebuah proses pembelajaran. Itu tidak hanya merupakan model pembelajaran yang tepat tetapi juga merupakan solusi dari masalah saat ini. Masalah yang dihadapi pada saat ini adalah sebagian besar anak-anak akan menghabiskan waktunya untuk belajar setiap hari. Oleh karena itu, PAKEM diharapkam untuk mengembangkan motivasi siswa dan membuat mereka lebih aktif dalam kegiatan belajar. Selain itu, PAKEM diharapkan dapat menggali potensi siswa sekaligus mengembangkannya. Model pembelajaran ini tertuju pada keaktifan siswa, sikap kreatif siswa, ketepatan dalam pencapaian target dan kwalitas pembelajaran, dan menyenangkan ketika proses pembelajaran.
Dalam hal ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas sebagai desain penelitiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan paparan data mengenai masalah-masalah di SD Negeri Arjosari 2 Malang yang nyata, tepat, dan berurutan. Oleh karena itu, peneliti menggunakan beberapa cara dalam penelitiannya seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang jelas. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu rencana penelitian, pelaksanaan penelitian, dan pelaporan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua hasil yang penting dari penelitian ini. Pertama, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri Arjosari 2 Malang, guru menerapkan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) yang terdiri dari metode card sort, team quiz, tanya jawab, demonstrasi, kerja kelompok, hafalan yang disertai dengan bernyanyi, dan lain sebagainya. Dalam penerapan metode- metode tersebut, guru menyesuaikan dengan jenis maupun sifat bahan materi pelajaran dengan situasi dan kondisi dalam proses belajar mengajar. Pada aspek aktif dimaksudkan bahwa guru juga terlibat secara aktif, baik dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses pembelajaran. Kreatif dimaksudkan bahwa guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam, sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Efektif diartikan sebagai kegiatan belajar yang menciptakan perubahan serta membawa pengaruh, bermakna dan bermanfaat bagi siswa. Sedangkan menyenangkan dimaknai sebagai proses belajar yang menarik perhatian peserta didik sehingga lebih antusias pada materi pelajaran yang disampaikan. Hasil penelitian yang kedua adalah implementasi PAKEM pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Arjosari 2 Malang sudah berjalan dengan baik. Hal itu dapat dilihat dari beberapa aspek yakni cara-cara yang digunakan dalam kegiatan belajar-mengajarnya untuk mengajarkan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, proses kegiatan pembelajarannya, keaktifan para guru sekaligus siswa dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan begitu juga dengan hasil belajar siswanya. Salah satu cara yang digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah team quiz. Cara ini sudah sesuai dengan konsep PAKEM dan dengan cara ini para siswa akan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dan juga bersemangat untuk lebih aktif dalam setiap proses pembelajaran.
ABSTRACT
Learning process is the center of teaching- learning activity which consists of teachers and students. It causes qualified in their disciplines, maturity of their emotional aspects, deep religious belief, accomplishment of life, and good moral. The relationship between teachers and students in learning process determines the success of learning process. In addition, there is Active, Creative, Effective and Fun Learning Model (PAKEM) which is going to support the success of learning process. It is not only the appropriate model but also the solution of nowadays problem. The nowadays problem is most of the children at present spend their time routinely to learn every day. Therefore, PAKEM is expected to improve the motivation of the students and make the students more active in their learning activities. Besides, it is for digging the deep potency of students up and also improving it. This model looks forward to the students’ activeness, the students’ creativity, effectiveness in achievement of target and quality, and feeling fun in learning process. In short, the students are going easily to understand the subject while learning process.
However, the researcher used Descriptive-Qualitative Approach by Classroom Action Research (PTK) as the research design. The objective of the research is getting description of the problems in Elementary School Arjosari 2 Malang which is real, accurate, and systematic. Therefore, the researcher used several methods such as observation, interviewing, and documentation to collect the actual data. Furthermore, the collecting data had been analyzed by reduction, providing, and verification in order to make sure the researcher that all data had covered and the research will be a valid research.
As a final point, there are two significant results of the research. First, implementation of PAKEM on Islamic Education subject in Elementary School Arjosari 2 Malang needs balance involvement between internal and external aspects in the light of Active Learning Process. The internal aspect relates to the media and the methods of the learning process. Then, external aspect relates to the teachers and also the parents. They should motivate the students or the children to have high motivation in learning. Moreover, the teachers or the parents should not give bad judgment of the students’ learning result. After that, in the light of Creative Learning Process, the teachers of Elementary School Arjosari 2 Malang have to create variety of learning activity to encourage the students more enthusiastic. It causes the progress of students’ motivation, kind of learning activity, and will influence the learning result of the students. Then, in the light of Effective Learning Process, Elementary School Arjosari 2 Malang deals with providing the places for learning process which are appropriate with the students’ need. Finally, in the light of Fun Learning Process, the teachers of Elementary School Arjosari 2 Malang have had suitable teaching methods to their students which is actually fun and it is supported by good learning environment. Besides, the second result of the research is the implementation of PAKEM on Islamic Education subject in Elementary School Arjosari 2 Malang has been well- managed. It can be seen by several aspects such as the teaching-learning methods used to teach Islamic Education subject, teaching-learning process of Islamic Education subject and the activeness of the teachers also the students in teaching- learning process of Islamic Education subject as well as its result. One of the teaching-learning methods used is team quiz. This method is appropriate with PAKEM concept. By this method, the students will have high motivation to learn and also have spirit to be more active in every learning activity. In conclusion, every student has own responsibility in what they are going to learn and what they have learnt which is essentially maintained by the teaching-learning method.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; PAKEM; Motivasi Belajar; Implementation; PAKEM; Motivation Learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2022 09:06 | ||||||
Last Modified: | 16 Nov 2022 09:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41606 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |