Konsep Al-Quran tentang materi Pendidikan Agama Islam: Analisis Surat Luqman Ayat 12-19

Aji, Tony Wasisto (2008) Konsep Al-Quran tentang materi Pendidikan Agama Islam: Analisis Surat Luqman Ayat 12-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03110064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (727kB)

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam pembangunan bangsa dan Negara. Perkembangan zaman yang semakin modern, ilmu pengetahuan dan tehnologi dewasa ini berkembang begitu cepat. Oleh kerana itu, pendidikan seharusnya dapat menyesuaikan diri dan dapat memberikan sumbangan terhadap perkembangan dan ilmu pengetahuan, namun realita yang terjadi kebobrokan moral semakin merajalela, untuk itu penanaman nilai-nilai agama sejak dini dirasa sangat perlu untuk mewujudkan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya yang dititikberatkan kepada pembinaan mental generasi muda sehingga nantinya diharapkan generasi penerus bangsa yang bertaqwa, berbudi luhur, berketrampilan, mandiri dan bertanggung jawab sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Faktor yang paling dominan dalam mengatasi perkembangan secara mental peserta didik adalah pendidkan agama islam (PAI). Karena dalam materi PAI meliputi semua pendidikan yang bersifat emosional dan spiritual.

Allah swt. telah memberikan petunjuk kepada siapa saja yang beriman, dalam firman-firman-Nya. Al-Quran telah membahas tentang bagaimana melaksanakan pendidikan yang baik, dari lahir sampai dengan meninggal. Surat Luqman adalah salah satu dari banyak surat dalam Al-Quran yang membahas masalah materi pendidikan. Surat Luqman membahas masalah materi apa saja yang harus diberikan pendidik kepada peserta didik, agar peserta didik berkembang baik secara emosinal dan spiritual.

Dalam mendidik anak, harus kita lakukan dari beberapa aspek. Dari segi intelektual, emosional maupun spiritual. Dalam tulisan saya ini saya mencoba untuk bagaimana maendidik anak menurut surat Luqman ayat 12-19. Dari beberapa sekolah modern pada saat ini banyak yang mengenjot peserta didiknya hanya dari aspek intelektualnya saja. Hal tersebut menyebabkan kecerdasan emosional anak rendah. Hal ini sangat fatal karena emosi anak akan naik turun dan tidak terkontrol. Keadaan ini akan menyebabkan anak buruk dalam tingkah lakunya, dan akan menyebabkan anak tidak bisa konstan dalam prestasi belajarnya itu sendiri. Kalaupun dia sukses dalam hal prestasi belajar. Kalau itu tidak diimbangi dengan kecerdasan emosi yang bagus, hasilnya tidak akan seperti apa yang kita harapkan. Mungkin dari segi prestasi belajar atau pekerjaan bagus. Tapi dari segi tingkah laku bisa sangat buruk. Hal tersebut kalau berlanjut maka akan munculah para koruptor baru, pencuri, perampok atau kejahatan lain yang disebaabkan oleh kecerdasan emosional yang buruk. Oleh karena itu mulai saat ini kita harus memperhatikan semua aspek kecerdasan pada ana Anak harus mempunyai kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual yang sama bagusnya. Kalaupun tidak bisa mungkin aspek emosional dan spiritual yang harus kita kembangkan.

Dalam Surat Luqman ini telah dijelaskan bagai mana mendidik anak baik dari segi keimanan, keilmuan, ibadah, prilaku yang baik terhadap manusia di sekitarnya, dan larangan untuk sombong. Jika hal seperti itu ada dalam diri anak maka Insya Allah akan tumbuh sebagai manusia yang kita harapkan dan berguna bagi agama, bangsa, dan negara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Muhammad, Suaib H.
Keywords: Penanaman Nilai-nilai Agama
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:50
Last Modified: 05 Aug 2016 09:50
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4160

Actions (login required)

View Item View Item