Nashir, Muhammad Abdul (2012) Penerapan metode Inquiry dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X PS-C di SMK Negeri 4 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam di sekolah dalam pelaksanaannya masih menggunakan metode tradisional sehingga terkadang siswa cenderung malas untuk belajar Pendidikan Agama Islam. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merubah pendekatan dan metode dalam kegiatan belajar mengajar yang ada selama ini, dimana guru selalu diposisikan sebagai satu-satunya sumber meraih informasi (teacher centered) dan siswa bersikap pasif dalam mencari dan mengolah informasi tersebut, dengan membiasakan siswa secara kreatif (student centered) menkonstruksi sendiri pemahamannya melalui kegiatan belajar mereka. Metode Inquiry merupakan salah satu alternatif untuk melakukan perubahan tersebut. Dengan penggunaan metode ini diharapkan membantu melatih siswa untuk lebih peka pada dirinya dan lingkungannya, serta mampu untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran metode Inquiry dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X PS-C di SMK Negeri 4 Malang?. (2) Apakah pelaksanaan pembelajaran metode Inquiry dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X PS-C di SMK Negeri 4 Malang?
Penelitian ini dilakukan di kelas X PS-C SMK Negeri 4 Malang. Dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) jenis kolaboratif. Tahap penelitian ini mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, yaitu meliputi kegiatan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) pengukuran tes hasil belajar; dan (3) metode dokumentasi.
Data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif cukup dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan sajian visual.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, proses pembelajaran Metode Inquiry secara konsisten dengan menggunakan media belajar, berusaha untuk mengubah kebiasaan belajar siswa dengan memberi pengertian tentang metode Inquiry, memodifikasi kegiatan belajar dengan cara mengorganisir siswa untuk melakukan Inquiry secara kelompok, memberikan variasi berupa stimulus berupa hadiah (reward), dan pemberian motivasi. Pelaksanaan metode Inquiry sebanyak tiga siklus, data di lapangan dapat diperoleh gambaran bahwa peningkatan motivasi dan prestasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah lebih baik/memuaskan. Sejak dilakukan pre test, siklus I, siklus II hingga siklus III sudah menunjukkan peningkatan motivasi dan prestasi siswa yang memuaskan, sebagaimana ditunjukkan dari lembar observasi pada siklus III, yakni: jumlah nilai rata-rata peningkatan motivasi siswa yang semula dalam pre test sebesar 1,6 meningkat sebesar 2,2 atau sebesar 37,5% pada siklus I. Pada siklus II, meningkat menjadi 2,8 atau sebesar 27,27%. Sedangkan pada siklus III, meningkat menjadi 3,5 atau sebesar 25%. Jumlah nilai rata-rata peningkatan prestasi siswa meningkat yang semula dalam pre test sebesar 75,1 meningkat menjadi 79,4 atau sebesar 5,7% pada siklus I. Pada siklus II, meningkat menjadi
84,2 atau sebesar 6,04%. Sedangkan pada siklus III, meningkat menjadi 89,8 atau sebesar 6,65% dan dari pre test kesiklus III meningkat sebesar 19,57%. Secara keseluruhan, sejak dilakukannya pre test, siklus I, siklus II hingga siklus III, terjadi peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa yang memuaskan, dimana dengan penerapan metode Inquiry pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X PS-C SMK Negeri 4 Malang.
Hasil penelitian ini, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan pertimbangan, antara lain: bagi guru PAI, Agar dalam penerapan metode Inquiry benar-benar efektif, guru harus secara konsisten mengikuti prosedur metode Inquiry, menggunakan media belajar, berusaha untuk mengubah kebiasaan belajar siswa dengan memberi pengertian tentang metode Inquiry, memodifikasi kegiatan belajar antara lain dengan cara mengorganisir siswa untuk melakukan Inquiry secara kelompok, memberikan stimulus berupa hadiah (reward), dan pemberian motivasi.
ABSTRACT
Islamic Religious Educationin schools in the implementation is still using traditional methods so that sometimes students are lazy to study Islamic Education. One way to do is to change the approach and methods inteaching and learning activities which is existed, where the teacher is always positioned as the only source of information reaching (teacher centered) and the passivity of students in searching and processing information, to familiarize students creatively (student centered) construct their own under standing through their learning activities. Inquiry method is an alternative to make these changes. By using this method, it is expected to help train students to be more sensitive to them selves and their environment, and able to improve motivation and learning achievement of students on the subjects of Islamic Religious Education.
Departing from the above problems, the general problem formulated in this thesis are: (1) How is the learning process of Inquiry method in increasing students’ motivation and achievement in the subjects of Islamic Religious Education Class X PS-C at the Vocational School 4 Malang? (2) Can the implementation of the Inquiry increase students’ motivation and achievement in the subjects of Islamic Religious Education class X PS-C in the Vocational School
4 Malang?
This research was conducted in class XPS-C of Vocational School 4
Malang. With the design of classroom action research (Classroom Action Research) type of collaborative. Phase of this study follows the model developed by Kemmis and Taggart, which includes an action plan, implementation measures, observation, and reflection. Data collection techniques used, namely: (1) observation, (2) the measurement of learning outcomes tests, and (3) documentation methods.
The qualitative data as the result of observations and documentation were analyzed by using descriptive qualitative, while the numeric or quantitative data were simply analyzed by using descriptive quantitative analysis and presentation visuals.
Based on the results of research conducted, the Inquiry Method of learning is consistent with the use of learning media, trying to change the habit of learning by giving students an understanding of methods of Inquiry, modify learning activities by organizing students to make Inquiry as a group, giving a variation in the form of stimulus in the form of gifts (reward), and motivation. Inquiry method implementation for three cycles, the data in the field can increase his motivation
and increase student achievement in the subjects of Islamic education is better / satisfactory.Since being given pre-test, cycle I, cycle II until cycle III, it already shows the increase of students’ motivation and achievement are satisfactory, as indicated from the observation sheet in the cycle III, are: the average value of the increase of students’ motivation originally in pre-test is 1.6, increased by 2.2 or by 37.5% in cycle I. In the second cycle, increasing to 2.8 or by 27.27%.While in the third cycle, increasing to 3.5 or by 25%. Amount of the average value of the increase of students’ achievement which is initially in the pre-test of 75.1 increased to 79.4 or by 5.7% in cycle I. In the second cycle, increased to 84.2 or by 6.04%. While on cycle III, increased to 89.8 or by 6.65% and from pre-test to the cycle III increased by 19.57%. Overall, since the pre-test, cycle I, cycle II to cycle III, there is satisfactory of the increasing students’ motivation and achievement, where the application of the method of Inquiry on the subjects of Islamic education can increase students’motivation and achievement in the grade XPS-C of Vocational School 4 Malang.
The results of this study, researchers gave some suggestions as the consideration, such as: for Islamic Education teachers, inorder forthe application of Inquiry methods are truly effective, teachers must consistently follow the procedures of Inquiry method, using the media to learn, trying to change students' learning habits by making understanding of the methods of Inquiry, modify learning activities, such as, by organizing students to make Inquiry in a group, giving a reward as stimulus, and giving motivation.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sutiah, Sutiah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Inquiry; Motivasi; Prestasi; Pendidikan Agama Islam; Method of Inquiry; Motivation; Achievement; Islamic Religious Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2022 09:01 | ||||||
Last Modified: | 16 Nov 2022 09:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41593 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |