Responsive Banner

Implementasi teknik belajar Ice Breaking dan Outbound dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VII di SMP Islam Nurul Huda Pajaran Poncokusumo Malang

Asiyah, Siti (2012) Implementasi teknik belajar Ice Breaking dan Outbound dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Kelas VII di SMP Islam Nurul Huda Pajaran Poncokusumo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
08110150.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Pada proses belajar mengajar diperlukan motivasi baik oleh guru maupun peserta didik. Sebelum guru memberikan motivasi belajar pada siswa, hendaknya guru terlebih dahulu lebih termotivasi dalam menyampaikan pembelajaran. Motivasi belajar merupakan suatu dorongan untuk belajar. Rendahnya motivasi belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar merupakan salah satu permasalahan dalam dunia pendidikan. Terutama pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Oleh sebab itu, guru perlu memberikan solusi dalam rangka meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada saat sebelum memulai pelajaran, kondisi yang dialami siswa sangat beragam. Jadi, guru perlu melaksanakan alternatif-alternatif pengajaran yang dapat menyeragamkan pusat perhatian siswa yakni terpusat pada materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Alternatifnya dapat berupa pemberian teknik belajar Ice Breaking dan outbound pada siswa.

Atas dasar latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah adalah tentang bagaimana penerapan teknik belajar ice breaking dan outbound yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa di SMP Islam Nurul Huda , implikasi penerapan teknik belajar ice breaking dan outbound dalam meningkatkan motivasi belajar PAI siswa di SMP Islam Nurul Huda.

Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kualitatif dan kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview dan skala likert.

Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh
peneliti adalah teknik belajar ice breaking dan outbound yang diterapkan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah teknik ice breaking yang berupa senam dan menyanyi serta outbound yang berupa stick walk dan snowball Growing.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti memberikan saran sebagai berikut: Hendaknya penerapan teknik ice breaking dan outbound pada siswa perlu diperhatikan. Guru harus menyesuaikan dengan keadaan siswa. Karena sejarah kebudayaan Islam merupakan pelajaran cerita, maka guru harus pintar-pintar mencari metode yang sesuai dan menyenangkan. Karena dengan hanya menggunakan metode ceramah, siswa akan bosan dan tidak akan mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Karena dengan pemilihan metode yang tepat, diharapkan tujuan pembelajaran akan tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

ABSTRACT

In the process of learning both motivations needed by teachers and learners. Before the teacher gives the students motivation to learn, teachers should first be more motivated in delivering learning. Motivation to learn is an urge to learn. The low student motivation in following the teaching-learning process is one of the problems in education. Especially on the subjects of Islamic religious education. Therefore, teachers need to provide solutions in order to improve students' motivation. At the time before the start of the lesson, the conditions experienced by students is very diverse. Thus, teachers need to implement alternatives to teaching students the unifying center of attention focused on the subject matter presented by the teacher. The alternative to the provision of learning techniques on Ice Breaking and outbound students.

On the basis of the above background, then the formulation of the problem
is about how the application of learning techniques and ice breaking outbound applied by teachers to improve student motivation in junior high school Islam Nurul Huda, the implications of the application of learning techniques and outbound ice breaking in increasing motivation to learn students in junior high school Islam Nurul Huda.

This type of research that researchers use the class action research
qualitative and quantitative methods of data collection is done by observation, interview and Likert scale.

The results obtained from studies conducted by researchers are studying ice breaking techniques and outbound applied by teachers to improve students'
motivation to learn is the technique of ice breaking in the form of gymnastics and singing as well as outbound in the form of stick walk and snowball Growing.

Based on the above study, researchers gave the following advice: Should the application of ice breaking techniques and outbound on the students need to be considered. Teachers must adapt to the circumstances of students. Because of the history of Islamic culture is a story lesson, the teacher must be smart to look for appropriate methods and fun. Because by simply using the lecture method, students will be bored and will not follow the learning process as well. Due to the selection of appropriate methods, expected learning objectives will be achieved as expected.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Marno, Marno
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMarno, MarnoUNSPECIFIED
Keywords: Ice Breaking; Outbound; Motivasi Belajar; Motivation
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 16 Nov 2022 09:01
Last Modified: 16 Nov 2022 09:01
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41592

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item