Astutik, Luluk Sri (2008) Pengaruh ESQ power terhadap siswa kelas XI Semester II di SMA Islam Al-Maarif Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04130025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (886kB) | Preview |
Abstract
ESQ Power merupakan sinergisitas kekuatan emosi dan spiritual dimana hati menjadi pusatnya dan Allah hadir di dalamnya. Kehadiran Allah di dalam hati ini terjadi ketika suara hati hanya dipenuhi oleh dzikrullah (ingatan kepada Allah SWT). Semakin banyak suara hati dzikrullah, maka semakin bersih hati dari berbagai kotoran. Sedang, apabila hati semakin kotor, emosi semakin tidak stabil. Apabila hati semakin kotor, akal pun menjadi lemah, kacau, jahil, dan jumud. Dengan demikian, betapapun seseorang memiliki tingkat kecerdasan emosional yang mengagumkan, bisa jadi ia memiliki tingkat spiritual yang menyedihkan. Lebih jauh lagi, terkadang seseorang memiliki tingkat emosional yang mengagumkan, juga tercuat tingkat spiritual yang memesona, tetapi ternyata paradigma spiritualitas yang menjadi pijakannya amatlah sangat lemah, bahkan tidak bisa dibenarkan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah deskripsi kekuatan kecerdasan emosi dan spiritual (ESQ Power) terhadap siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari kelas XI semester II. danApakah ada pengaruh positif signifikan antara kekuatan kecerdasan emosi dan spiritual (ESQ Power) terhadap siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari kelas XI semester II. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang kekuatan kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ Power) terhadap siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari khususnya kelas XI semester II. Dan untuk mengetahui dan memahami pengaruh kekuatan kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ Power) terhadap siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari khususnya kelas XI semester II.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi 289 siswa dan pengambilan sampel menggunakan tehnik proporsional random sampling sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 46 siswa. Analisis datanya mengguna analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif signifikan antara ESQ Power terhadap siswa. Yang mana nilai probalibilitasnya (sig) < α (0,05) yakni nilai sig = 0.038 (motivasi), sig = 0,041 (perilaku), sig = 0,027 (kepribadian). Untuk prestasi tidak signifikan karena nilai probabilitas > α (0,05) yakni nilai sig = 0,180 dan mempunyai hubungan yang negatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Suprayogo, Imam | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | ESQ power | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Errisa Aprillia Rengganis | ||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2016 16:50 | ||||||
Last Modified: | 05 Aug 2016 16:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4159 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |