Aflahah, Nurul (2011) Penerapan metode kerja kelompok dan pemberian tugas belajar untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTsN Malang III Gondanglegi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110136.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sekarang ini sering kita jumpai para siswa yang tidak punya kesiapan dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar, terutama dalam hal materi pelajaran yang akan disampaikan, bahkan kadang lupa sama sekali, sehingga ketika di dalam kelas siswa tidak tahu materi apa yang dibahas, apalagi mengenai isinya dan sering dari mereka itu melupakannya. Serta di dalam kegiatan belajar mengajar siswa kurang aktif dan antusias terhadap mata pelajaran yang disampaikan. Selain itu dalam proses belajar mengajar sering kita jumpai bebagai permasalahan yang salah satunya adalah masalah alokasi waktu yang tidak mencukupi, sehingga menyebabkan interaksi belajar mengajar menjadi tidak efektif dan efesien serta tidak sesuai dengan tuntutan yang diharapkan oleh kurikulum. Untuk menanggulangi kejadian yang seperti itu banyak teori tentang pembelajaran aktif yang ditawarkan. Metode pembelajaran kelompok dan pemberian tugas nampaknya merupakan solusi atas permasalahan yang terjadi didalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik. Sebab di dalam metode ini yang diutamakan adalah keaktifan peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode kerja kelompok dan pemberian tugas belajar di kelas VII F MTsN Malang III Gondanglegi.
Untuk mencapai tujuan itu digunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Urutan kegiatan mencakup: (1) perencanaan, (2) implementasi, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan aplikasi metode pembelajaran kelompok dan pemberian tugas belajar terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Bukti-bukti secara kuantitatif adalah hasil dari test siklus kesatu peningkatan prestasi dibandingkan hasil pre test yang telah dilakukan yaitu nilai rata-rata pre test 65,28 dan test siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 79,7 atau meningkat menjadi 18,09%. Dalam test siklus I siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 7 siswa. Pada siklus kedua nilai rata-ratanya yaitu 84,2 atau meningkat 22,5%. Dalam test siklus II siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu minimal 75 sebanyak 3 siswa. Sedangkan pada siklus ketiga nilai rata-rata kelas yaitu 92,63 atau meningkat 29,53% pada siklus ketiga siswa yang belum lulus sesuai KKM ada 1 siswa. Bukti-bukti kualitatif dapat dilihat dari banyaknya siswa yang sudah mulai aktif dalam kegiatan pembelajaran. Siswa sudah berani mengajukan pertanyaan dan mengungkapkan pendapatnya. Siswa sudah memiliki rasa tanggung jawab baik dalam pekerjaan tugas secara individu dan tugas secara kelompok.
ABSTRACT
Today we often encounter students who do not have the readiness to face teaching and learning activities, especially in terms of subject matter that will be delivered, even sometimes forgotten altogether, so that when in the classroom students do not know what materials are discussed, especially regarding its content and often of them is forgotten. As well as in teaching and student learning activities are less active and enthusiastic about the subjects presented. In addition, in the learning process we often encounter problems one of them is the problem of inadequate allocation of time, causing teaching and learning interaction become ineffective and inefficient and does not comply with the demands expected by the curriculum. To cope with such events are many theories about active learning offered. Group learning methods and the provision of duty seems to be a solution to the problems that occur in learning. By using this method is expected to increase learner motivation and achievement. Because in this method is the preferred active learners.
The purpose of this study is to describe the process of improving students’ motivation and learning achievement in the subject of Al-Qur'an Hadith by using group work and giving the task of studying in class VII F MTsN Malang III Gondanglegi.
To achieve this goal the design used Classroom Action Research using qualitative and quantitative data. The sequence of activities include: (1) planning, (2) implementation, (3) observation,and(4)reflection.
Results showed the application of learning methods and the provision of group learning task proved to be effective to improve motivation and learning achievement in the subjects the Qur'an and hadith. Quantitative evidence is the result of the test cycle performance improvement compared to unity pre test results that have been done that is the average value of 65.28 pre test and test the first cycle the average value increased to 79.7 or increased to 18.09% . In the test the first cycle of students who have not achieved minimum mastery criterion (KKM) were 7 students. In the second cycle average rating of 84.2, an increase of 22.5%. In the test cycle II students who have not achieved minimum mastery criterion (KKM) is at least 75 of 3 students. Meanwhile, in the third cycle the average value of 92.63, an increase of class 29.53% in the third cycle students who have not graduated according to KKM is a student.
Qualitative evidences can be seen from the many students who have started actively in learning activities. Students have the courage to ask questions and express opinions. Students already have a good sense of responsibility in the work of individual tasks and task groups.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | metode kerja kelompok; pemberian tugas belajar; motivasi; prestasi belajar; group work method; giving the task of learning; motivation; academic achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Nov 2022 09:00 | ||||||
Last Modified: | 16 Nov 2022 09:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41585 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |