Implementasi metode cerita Islami dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam di Raudlatul Athfal Al Fattah Peterongan Jombang

Faulinawati, Winne Aisha (2008) Implementasi metode cerita Islami dalam penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam di Raudlatul Athfal Al Fattah Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
04110004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA:

Pelaksanaan pendidikan agama Islam yaitu pada aspek metodologi pembelajaran, guru masih cenderung bersifat normatif, teoritis dan kognitif artinya dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan satu metode saja, karena guru adalah sebagai fasilitator dan guru juga sebagai salah satu pelaksana pendidikan di sekolah dituntut untuk mampu menciptakan situasi dan kondisi pembelajaran yang hidup dan menyenangkan, jadi mengingat hal tersebut perlu adanya variasi metode pembelajaran yang relevan dengan materi pelajaran yang disampaikan.

Penerapan metode cerita Islami bisa dijadikan salah satu alternatif metode pembelajaran yang digunakan dalam penanaman pendidikan agama Islam, khususnya dalam pembahasan ini mengenai nilai-nilai Pendidikan Agama Islam itu sendiri, penerapan metode tersebut selain bisa cepat menyentuh di hati para siswa, metode cerita Islami juga membuat siswa tidak akan cepat merasa bosan di dalam kelas, karena dalam metode cerita Islami para siswa akan mengetahui gambaran tentang kisah para Nabi, sifat-sifat para Nabi atau orang-orang terdahulu, yang dapat diambil pelajaran untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan yang akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis mereka nantinya.

Yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana metode cerita Islami dapat diterapkan secara efektif dan dapat mengaktifkan siswa sehingga pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas mendapatkan respon yang positif, menarik perhatian, dapat dikembangkan dan diamalkan dalam sikap yang positif pula dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan metode yang penulis gunakan dalam teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperoleh data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di RA AL-Fattah Peterongan Jombang. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif untuk data yang kualitatif.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan meode cerita Islami dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam? 2) Bagaimana dampak metode cerita Islami dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat metode cerita Islami dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam di RA AL-Fattah Peterongan Jombang? penerap Adapun tujuannya adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode cerita Islami dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam. 2) Untuk mengetahui bagaimana dampak metode cerita Islami dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam di RA AL-Fattah Peterongan Jombang. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghanbat metode cerita Islami dalam penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam di RA AL-Fattah Peterongan Jombang..

Penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam ini sangat penting sekali untuk diajarkan kepada siswa karena nilai-nilai pendidikan agama Islam itu diantaranya adalah mengenai pendidikan akhlakul karimah, pendidikan akidah, pendidikan ibadah, dan pendidikan sosial.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu data yang dikumpulkan berasal dari naskah, wawancara, catatan lapangan, dan dokumen- dokumen. Dan jenis datanya berupa data kualitatif, kemudian data yang terkumpul penulis analisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cerita Islami
dalam penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di RA AL-Fattah Peterongan Jombang cukup efektif. Sebagai bukti bahwa proses penanaman nilai- nilai Pendidikan Agama Islam itu efektif yaitu proses penerapan siswa, metode, sarana dan media yang digunakan, hasil belajar serta sikap siswa dalam mengamalkan materi pelajaran yang telah disampaikan dalam kehidupan sehari-harinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Keywords: Metode Cerita Islami; Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:49
Last Modified: 05 Aug 2016 09:49
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4158

Actions (login required)

View Item View Item