Ferdiansyah, Muhammad Rizal (2011) Strategi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110155.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Di zaman globalisasi ini ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang, begitu juga dengan pendidikan agama Islam. Dalam hal ini guru PAI sebagai tenaga pendidik yang terjun langsung dalam proses belajar mengajar juga harus bisa menguasai teknologi pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut peningkatan kompetensi guru sangat diperlukan dalam upaya meningkatan mutu pendidikan Kompetensi guru tersebut meliputi kompetensi pedagogic, kepribadian, profesional, dan kepribadian.
Peningkatan kompetensi guru tidak lepas dari peran kepala sekolah. Dengan demikian kepala sekolah harus mempunyai strategi dalam meningkatkan kompetensi guru PAI, agar proses belajar mengajar tidak menjenuhkan atau monoton dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi ini dan mengambil judul Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Batu.
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam Meningkatkan kompetensi guru PAI, mendiskripsikan hambatan apa saja yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI dan solusi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Batu.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, yaitu untuk menggambarkan atau mendiskripsikan fenomena-fenomena yang ada di lokasi penelitian. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara.Untuk menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yakni, identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi.
Dari hasil penelitian dan didukung oleh beberapa kajian teori dalam penulisan skiripsi ini, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI yaitu dengan Mengikutkan guru PAI dalam diklat, pelatihan dan seminar, membangun cultural dan kedisiplinan, Memotivasi guru, Supervisi. Hambatan yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI yaitu guru PAI umumnya masih mengalami kesulitan dalam membuat perangkat pembelajaran, terbatasnya waktu, rendahnya minat siswa terhadap mata pelajaran PAI, padatnya materi, kurang disiplinnya guru. Adapun Solusi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru PAI yaitu mengadakan kegiatan ekstra keagamaan, diklat dan pelatihan guru, diadakannya musyawarah guru pendidikan agama, Membina guru-guru untuk lebih memahami tujuan umum pendidikan, memberi kebijakan kepada guru PAI untuk mengembangkan diri diluar maupun di dalam sekolah, melakukan pendekatan dan mengajak diskusi Guru PAI.
Dalam skripsi ini, penulis akhiri dengan beberapa saran yang ditujukan kepada Kepala sekolah untuk lebih meningkatkan kompetensi guru PAI dikarenakan ilmu pengetahuan dan tehnologi terus berkembang, serta Guru PAI agar lebih meningkatkan kualitas diri agar seorang guru dapat memahami secara baik seluk belukdunia pendidikan dan permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi pendidikan Indonesia sasat ini.
ABSTRACT
Knowledge and technology are growing faster in this globalization era as just we have seen in the Islamic Teaching. In this case, Islamic teachers as the lecturers that face the problem directly in the field of teaching and learning should be able to achieve the teaching technology. This means that we have to improve teachers‟ competency, which includes in pedagogic competence, personality and professional, in order to increase the teaching quality.
The headmaster of the school plays an important role to reach this goal. He/she has to have a strategy to improve the Islamic teachers‟ competency and makes a nice teaching learning atmosphere, so that it can produce some good quality students. Those statements become the reason of taking this thesis title, which is “The Headmaster’s Strategy to Improve the Islamic Teachers’Competency in the State Senior High School 2 Batu”.
The purpose of this research is to describe the headmaster strategy to improve the Islamic teachers‟ competency, describe the obstacles that the headmaster faced to improve the Islamic teachers‟ competency, and some solutions that the headmaster taken to improve the Islamic teachers‟ competency in the State Senior High School 2 Batu.
In this research, the researcher used the qualitative descriptive research, which has the function to draw or describe some phenomena that occurred in the field of teaching learning. There are some procedures in collecting data; those are by using observation method, documentation and interview. To analyze the data, the researcher used three phases, which are: identification, classification and interpretation.
From the research results and the supports of some theory analysis in this thesis writing, the researcher could draw a conclusion that the headmaster‟s strategys to improve the Islamic teachers‟ competency were encouraging the Islamic teacher to attend the teaching workshops, trainings and seminars, growing the cultural and discipline, motivating the teacher and supervision. The obstacles that the headmaster faced to improve the Islamic teachers‟ competency were that the Islamic teachers generally had some problems in making teaching instruments, limited time, the lacking of students‟ interest in the lesson, over limited material, and the lacking of teacher‟s discipline. Whereas, some solutions that the headmaster done to improve the Islamic teachers‟ competency were holding the extra-Islamic activities, workshops and teacher trainings, holding the meeting of Islamic teachers, managing the teachers to understand more about the teaching objectives, giving some policies to the Islamic teachers to spread their wings inside and outside of the school, approaching and inviting the Islamic teachers in the Islamic teachers‟ discussion.
In this thesis, the researcher is willing to give some suggestions for the headmaster of the school to improve the Islamic teachers‟ competency because knowledge and technology are growing faster nowadays. Moreover, the researcher also wishes that the Islamic teachers will improve their quality in teaching so that they can understand more about the teaching learning cases and the problems about teaching learning that are faced in Indonesia nowadays.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Sekolah; Kompetensi; Guru Pendidikan Agama Islam; headmaster; competency; the Islamic teacher | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 14:36 | ||||||
Last Modified: | 15 Nov 2022 14:36 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41570 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |