Fattah, Halimul (2011) Implementasi manajemen kurikulum dalam meningkatan mutu pendidikan pada Madrasah unggulan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan salah satu sektor penentu keberhasilan Pembangunan Nasional, baik dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia, mempercepat proses alih ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilakukan dalam rangka mewujudkan cita-cita Pembangunan Naional.Untuk masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, oleh karena itu setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan.
Perkembangan dunia pendidikan saat ini membutuhkan manajemen atau pengelolaan yang baik, demikian hal proses belajar mengajar sangat diperlukan adanya penanganan khusus baik dari segi ketepatan, sistem, atau metode pendekatan serta perencanaan manajemen yang matang. Karena peran pendidikan untuk kemajuan bangsa memerlukan pemikiran yang mendalam dalam pengolaannya, agar memperoleh hasil yang maksimal. Dalam mencapai hasil yang maksimal lembaga pendidikan diharapkan harus selalu mengadakan perbaikan dan pembaharuan, salah satu pembaharuan pendidikan adalah mengenai manajemennya.
Berdasarkan latar belakang diatas permasalahan yang penulis angkat adalah (1). Bagaimana manajemen kurikulum di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang baik dari aspek Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penggerakan (Actuating) dan Evaluasi (Controlling). (2). Usaha- usaha apa yang dilakukan Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui manajemen kurikulumn. (3). Apa kendala-kendala yang dihadapi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber datanya adalah kepala sekolah, para waka, guru, karyawan,dan lain-lain.teknis pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengecekan keabsahan temuannya adalah triangulasi, bahan referensi dan member cek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Penerapan manajemen pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 3 Malang itu melalui bebetapa tahapan yaitu: a). Perencanaan yaitu: 1). Mengadakan kegiatan “ Raker” yaitu dengan membuat prota promes 2). Merujuk pada tujuan pendidikan dan tujuan sekolah dalam satu dan lima tahun ke depan. b). Pengorganisaian meliputi 1). Membagi tugas mengajar bagi guru sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. 2). Mengupayakan agar guru mengajar 5 hari dalam 1 minggu. 3). Menyususun jadwal kegiatan perbaikan/remidi,
mengadakan les dan tryout. 4). Menyususn jadwal kegiaatn ektra kurikuler. 5). Menyusun jadwal pengajaran bagi guru tentang IPTEK. 6.) Menyusun jadwal pertemuan guru-guru secara bergiliran. c). Pelaksanaan meliputi 1). Meliputi seleksi siswa secar ketat. 2). Pengelompokan siswa secara heterogen. 3). Proses belajar mengajar d). Evaluasi meliputi menggunakan bentuk evaluasi sumatif dan formatif. (2) Usaha-usaha dalam meningkatkan mutu pendidikan meliputi a). Aspek Tujuan b). Aspek Guru c). Aspek siswa d). Aspek Alat e). Aspek kerjasama dengan pemerintah dan masyarakat (3) Kendala-kendala yang dihadapi antara lain a). Aspek anak didik b). Aspek pendidik c). Aspek dana d). Aspek waktu.
ABSTRACT
Education is one sector of determiner to get succes on National Development in incresing the quality of human, getting the process a shift of knowledge and technology which have been being done to get the expectation of National Development. That is for just and prosperous society based on Pancasila and UUD 1945. Therefore, every person has a right to get an education.
The increasing of education sector at present needs a good management because learning process needs special handling in accuration, system, or approaching method and planned management. That is because the role of education needs a deep thought in the management in order to get a maximum result. To get a maximum result, an education institution must evaluate and innovate the management system.
Based on the background above, the problems taken are (1). how the curriculum management at Islamic High School 3 Malang in planning, organizing, actuating, and controlling sector is, (2). What are the management of Islamic High School 3 Malang efforts to increase the quality of education with curriculum management, (3). What obstacles does the management face when increasing the quality of education with curriculum education at Islamic High School 3 Malang.
This experiment uses qualitative approaching in case of studying. The data resources are the head master, the vice head-master, the teachers, the employees, and others. The technique of submitting data is with observation, interview, and documentation. Meanwhile, the technique of analysis data is using qualitative- descriptive analysis. The checking about the truth of result is triangulation, reference matter, and member check.
The result shows that (1). application of learning management to increase the quality education at Islamic High School 3 Malang works with some phases. They are: a). planning, that is 1). helding “Raker” program to make PROTA PROMES, 2). referring to education purpose and school purpose in one until five years later. b). organizing, involves 1). deviding teaching assignment for teachers with their each skill department; 2). giving an effort in order that a teacher teaches 5 days in a week; 3). arranging a remedial schedule, holding additional class and try out; 4). arranging extracurricular schedule; 5). arranging learning schedule for teachers about knowledge and technology; 6). arranging a meeting schedule for teachers continually. c). actuating involves 1). Holding a tight student selection; 2). Deviding students in different skill (heterogen); 3). Learning process. d). Evaluation, involves using sumatif and formatif evaluation. (2). Efforts in increasing quality education, involves a) curriculum factor; b) student factor; c) personalia factor. The obstacles faced are a) less a role of parents; b) not wel- arranged learning process; c) not completed building facility.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | manajemen Kurikulum; Mutu Pendidikan; Madrasah Unggulan; the management of curriculum; the quality of education; the superior school | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 14:35 | ||||||
Last Modified: | 15 Nov 2022 14:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41566 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |