Al–Khoir, Bahtiar Mirza (2011) Desain pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas moral siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110107.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan guru dalam meningkatkan kualitas moral siswa melalui desain pembelajaran. Pada dasarnya pendidikan moral merupakan sarana untuk mengadakan perubahan secara mendasar, yang membawa perubahan individu sampai ke akar-akarnya.
Mengantisipasi fenomena-fenomena yang terjadi dalam masyarakat, perlu kiranya lembaga pendidikan Islam (madrasah) mengoptimalkan sistem pembelajaran yang aktual, tidak hanya terfokus pada substansi materi ajar, tetapi lebih diupayakan lagi menginternalisasikan nilai-nilai materi ajarnya, khususnya pada pelajaran Aqidah Akhlak..
Interaksi edukatif yang dibangun dalam pendidikan akhlak sebagai langkah untuk lebih menanamkan nilai-nilai moral, akhlak dan aktualisasinya. Oleh karena itu guru harus mampu membuat desain pembelajaran yang dapat memberikan nilai positif dalam meningkatkan kualitas moral siswa.
Berdasarkan latar belakang di atas perlu diteliti tentang desain pembelajaran yang dibuat oleh guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Jabung Malang. Pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kualitas moral siswa, implikasi desain pembelajaran dalam meningkatkan kualitas moral siswa, kendala-kendala serta faktor-faktor yang mendukung dalam meningkatkan kualitas moral siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain pembelajaran yang digunakan guru dalam meningkatkan kualitas moral siswa, untuk mengetahui pelaksanaan desain pembelajaran dalam meningkatkan kualitas moral siswa, untuk mengetahui hasil pencapaian guru dalam meningkatkan kualitas moral siswa, dan Untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam meningkatkan kualitas moral siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, karena untuk menggambarkan atau mendiskripsikan fenomena-fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yakni, identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi
Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa (1) Desain
pembelajaran yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah
Menengah Pertama Islam Jabung Malang sudah sesuai dengan kurikulum yang
ada. Metode yang dipakai oleh guru Pendidikan Agama Islam sudah sangat mendukung dalam pembentukan kualitas moral siswa sehingga siswa dapat terbentuk moral yang sesuai dengan harapan guru. Para guru Pendidikan Agama Islam telah melakukan penggabungan atau memvariasikan serta mengevaluasi desain pembelajaran yang sudah dibuat oleh guru dalam bentuk rancangan perencanaan pembelajaran (2) Dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guru sudah melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan baik dan seprofesional mungkin dalam meningkatkan kualitas moral siswa, sehingga siswa dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari (3) Dampak pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas moral siswa adalah terbentuknya moral yang baik, sehingga apa yang telah diajarkan oleh para guru Pendidikan Agama Islam bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam sekolah maupun di dalam masyarakat. (4) Faktor yang mendukung dalam meningkatkan moral siswa, antara lain: Wali murid bersedia untuk kami ajak bekerja sama dalam hal peningkatan moral siswa, murid selalu mentaati peraturan sekolah baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah agar selalu berperilaku baik sebagai bentuk implikasi dari pembelajaran pendidikan agama Islam. Faktor yang menghambat pembelajaran pembentukan moral siswa antara lain: Kurangnya minat belajar peserta didik, karena minat adalah sebagai penentu keberhasila n dalam mencapai tujuan pendidikan.
ABSTRACT
The success of education in schools is largely determined by the success of teachers in improving the moral quality of students through instructional design. Basically the moral education is a means to make fundamental changes, which bring the individual changes to its roots.
Anticipating the phenomena that occur in society, we should bear in Islamic educational institutions (Islamic school) system optimizes the actual learning, not only focused on the substance of teaching materials, but rather sought again to internalize the values ajarnya material, particularly on the lessons Aqidah Morals.
Interaction educative built in moral education as a step to further instill moral values, character, and actualization. Therefore, teachers must be able to create a learning design that can give a positive value in improving the moral quality of students.
Based on the above background need to be researched about the design of learning made by the Islamic Religious Education teacher at the Islamic Junior Secondary School Jabung Malang. The implementation of learning in improving the moral quality of students, the implications of instructional design in improving the moral quality of students, the constraints and the factors that support in improving the moral quality of students. The purpose of this study was to determine the design of learning used by teachers in improving the moral quality of students, to know the implementation of instructional design in improving the moral quality of students, to know the results of teachers' achievement in improving the moral quality of students, and to determine the factors that support and hinder in improving the moral quality of students.
This research is a qualitative description, because to depict or describe the phenomena that they are at the sites. The data collection procedures by using the method of observation, documentation and interviews. To analyze the data the researchers used three stages namely, identification, classification, and interpretation. Then check the validity of the data using triangulation.
Results from this study can be concluded that (1) The design of learning used by teachers of Islamic Religious Education in the Islamic Junior Secondary School Jabung Malang is in conformity with the existing curriculum. The method used by the Islamic Religious Education teachers have been very supportive in the formation of the moral quality of students so that students can form a moral line with expectations of teachers. The Islamic Religious Education teachers have been merged or varying, and evaluate the design of learning that has been created by teachers in the form of draft learning plan (2) In the implementation of Islamic Religious Education lessons, teachers are implementing the Islamic teaching of
Religious Education with a good and professional as possible in improving the moral quality students, so students can apply in everyday life. (3) The impact of learning of Islamic Education in improving the moral quality of students is the establishment of good morals, so that what has been taught by teachers of Islamic Religious Education can be applied in everyday life both in school and in society. (4) Factors that support in improving the morale of students, among others: Guardians we invite students willing to work together in terms of improving student morale, student always obey the school rules both in school and outside school to always behave as both forms of the implications of learning Islamic religious education. Factors that inhibit the formation of moral learning students include: Lack of learners' learning interests, because interest is as a determinant of success in achieving educational goals.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kualitas moral; akidah moral; moral quality; Aqidah Morals | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 14:34 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2023 15:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41565 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |