Arifin, Bahak Udin By (2011) Peran Kepala Sekolah meningkatkan kompetensi Pedagogik guru Pendidikan Agama Islam pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar – Risalah Lirboyo Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06110066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam upaya meningkatan mutu pendidikan, kompetensi pedagogik guru merupakan salah satu faktor yang amat penting. Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui optimalisasi peran kepala stsekolah, sebagai : educator, manajer, administrator, supervisor, leader, pencipta iklim kerja dan wirausahawan.
Peningkatan kompetensi pedagogik guru tidak lepas dari peran kepala sekolah. Dengan demikian kepala sekolah harus bisa berperan dalam meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama Islam, agar proses belajar mengajar tidak menjenuhkan dan menghasilkan lulusan yang berkualitas. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi ini dan mengambil judul Peran Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar – Risalah Lirboyo Kediri.
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk Peran Kepala Sekolah Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar – Risalah Lirboyo Kediri. serta mendiskripsikan kompetensi pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam pada Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) SMA Ar - Risalah Lirboyo Kediri.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, karena untuk menggambarkan atau mendiskripsikan fenomena- fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Adapun prosedur pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara.Untuk menganalisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yakni, identifikasi, klasifikasi, dan interpretasi. Kemudian pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi
Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa (1) Kompetensi pedagogik guru PAI kemampuan mengelola pembelajaran, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum dan perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dalogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evalluasi pembelajaran, dan pengebangan peserta didik masih sangat perlu ditingkatakan. (2) dan kemudian peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI yaitu dengan cara pengoptiomalisasian kepala sekolah, yaitu sebagai: educator, manajer, adiministrator, supervisor, leader.
ABSTRACT
In an effort to improve the quality of education, teachers' pedagogic competence is one very important factor. Efforts to improve teacher competence can be performed through the optimization of the principal roles, as: educator, manager, administrator, supervisor, leader, creator of the work climate and entrepreneurs.
Increasing teachers' pedagogic competence can not be separated from the principal role. Thus, principals should be able to play a role in improving the competence of teachers of Islamic religious education, so that the learning process does not saturate and produce quality graduates. Departing from the author's background and then want to discuss in this thesis and took the title role of Head of School Teachers Improving Pedagogic Competence Islamic Education In international school stubs High School Ar - Risalah Lirboyo Kediri.
Islamic Religious Education In international school stubs High School Ar - Risalah Lirboyo Kediri. as well as describing the pedagogical competence of the Islamic Religious Education Teacher at international school stubs High School Ar-Risalah Lirboyo Kediri.
In this study researchers used a qualitative descriptive study, due to depict or describe phenomena that it is at the sites. The data collection procedures by using the method of observation, documentation and interview.To researchers analyzed data using three stages namely, identification, classification, and interpretation. Then checks the validity of the data using triangulation
The results of this study can be concluded that (1) teachers' pedagogical competence PAI ability to manage learning, understanding of learners, curriculum development and learning design, implementation of an educational and dialogical learning, utilization of instructional technology, evaluation of learning, and pengebangan development of learners is still very necessary restyled. (2) and then the principal role in enhancing teachers' pedagogical competence PAI is by way of optimizing the role of school principals, namely as: educators, managers, administrators, supervisors, leaders.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala Sekolah; KompetensiPedagogik; Guru Pendidikan Agama Islam; Role of the Principal; Pedagogic Competence; Islamic Religious Education Teacher | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 09:48 | ||||||
Last Modified: | 15 Nov 2022 09:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41555 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |