Ula, Arina Hidayatul (2012) Pelaksanaan bimbingan Agama Islam bagi narapidana anak di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak kelas II A Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
08110133.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah warisan budaya bangsa, hak dan kewajiban kita sebagai warga negara yang cinta tanah air untuk melestarikan budaya bangsa Indonesia. Anak-anak yang hilang kemerdekaannya, narapidana yang di dalam Lembaga Pemasyarakatan mereka tetap berhak mendapat pendidikan, dan berkewajiban untuk memberikan persembahan untuk bangsa Indonesia. Pengarahan untuk membimbing mereka agar mampu menghadapi permasalahan yang ada.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan agama Islam bagi anak-anak yang berada dalam lembaga pemasyarakatan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian naturalistik, karena penelitiannya dilakukan pada kondisi alamiah. Kegiatan pokok penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisa secara intensif tentang segala fenomena sosial yang diteliti mengenai pelaksanaan bimbingan Agama Islam di lembaga pemasyarakatan khusus anak. Secara terperinci dan terprogram peneliti mengolah data yang didapat dari lembaga pemasyarakatan. Peneliti berfungsi sebagai instrumen penelitian karena peneliti merupakan perencana, pelaksana pengumpulan data, analisis, penafsir data, dan pada akhirnya menjadi pelapor hasil penelitian. Kegiatan yang dilakukan peneliti sehubungan dengan pengambilan data yaitu, wawancara dengan petugas-petugas yang terkait dengan pelaksanaan bimbingan Agama Islam (kepala sekolah, pegawai lapas bagian pembinaan, dan staf-staf kepegawaian) dan peneliti bertindak sebagai pencari informasi yang aktif mencari data-data para narapidana dengan mencari satuan-satuan data yang berkaitan dengan penelitian sehingga menjadi sebuah keutuhan makna. Dan peneliti juga mencari data tertulis yang menunjukkan informasi mengenai lembaga pemasyarakatan, narapidana, bimbingan untuk membantu pendidikan.
Hasil dari analisis penelitian tentang pelaksanaan bimbingan Agama Islam bagi narapidana anak di lembaga pemasyarakatan khusus anak Blitar adalah ada dua metode pelaksanaan bimbingan yaitu: metode bimbingan individu dan metode bimbingan secara kelompok. Bimbingan yang diadakan oleh lembaga pemasyarakatan untuk membantu narapidana menggali potensi-potensi yang masih terpendam dan untuk membantu narapidana agar dapat mencapai tujuan perkembangan meliputi aspek sosial, belajar, dan pekerjaan. Dan mewujudkan tingkah laku yang sesuai dengan norma yang ada agar mereka tidak mengulang tindak pidana lagi dan tidak kembali lagi ke lembaga pemasyarakatan.
ABSTRACT
Education is a nation culture legacy, our right and obligation as the citizen of Indonesia who affects the nation is to continue Indonesian culture. By using education, people directed in the better live. Hence, education is an obligation for all member of Indonesia society. Children who lose the independent, the prisoners in Social Institute still have the right in getting education and obliged to give dedication for Indonesia.
The purpose in doing this research was to know the implementation of educational Islamic religion for the children in social institute for children. The researcher used descriptive qualitative in doing this research, she also did the natural research method, because the research done in natural setting condition. The main activity in this research is description and analysis intensively about any kinds of researched social phenomena about the implementation of educational Islamic religion for the children in social institute for children. The researcher processes the data gotten from social institute for children in details and programmed. The instrument of the research is the researcher herself, because she is the planner, implementer of data collection and analyzing the data, interpreting the data and she is the only one who reports the result of the research. The activities of the researcher related to getting the data are the interview with officials relate to educational implementation (headmaster, free worker of development, and workers staff) and the researcher is an active seeker of information about related data of prisoners by looked for the units of related research data until they be a totality meaning. Besides that, she also looked for the written data that they were giving the information about social institution, prisoners, and guidance for helping education.
The results of doing the research about the implementation of Islamic Religion Education for children prisoners in social institute for children Blitar, there were three kinds of educational implementation, they were: formal education, non-formal education, and informal education. The most stressed model of implementation of education is Islamic religion education, because it can increase believe to the God and Godfearing of prisoners and to help them not to repeat the criminal again, and do not come back again to the social institution again, and it also to make them getting better behavior for children prisoners.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasyim, Farid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bimbingan Agama Islam; Narapidana anak dan Lembaga Pemasyarakatan khusus anak; Islamic Religion Guidance; Children Prisoners in Social Institute for Children | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 09:44 | ||||||
Last Modified: | 15 Nov 2022 09:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41538 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |