Masduki, Masduki (2011) Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru PAI di SMP Sunan Giri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05120028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kualitas suatu lembaga pendidikan bergantung pada kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Kepala sekolah mempunyai peranan yang sangat penting dalam memajukan lembaga yang dipimpinnya. Maka kepala sekolah bertugas membimbing pengawasan dan memotivasi kepada guru dalam bidang studi. Usaha peningkatan motivasi mengajar guru dan profesionalitas guru ini akan lebih berhasil apabila dilakukan oleh guru dengan kemampuan dan usaha- usaha mereka sendiri. Namun sering kali guru masih memerlukan bantuan orang lain karena mereka belum memahami jenis prosedur dan mekanisme untuk memperoleh berbagai sumber yang sangat diperlukan dalam usaha meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar. Disinilah diperlukan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan Motivasi guru PAI di SMP Sunan Giri Malang. Dengan adanya usaha peningkatan motivasi guru yang dilakukan oleh kepala sekolah diharapkan bisa menciptakan kualitas mengajar guru PAI yang bervariasi, menarik dan penuh semangat, sehingga akan mengantarkan peserta didik menuju kesuksesan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bersifat menggambarkan, menuturkan dan menafsirkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitatif. Mengecek keabsahan data, dalam penelitian ini menggunakan a) teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan, b) bahan referensi yaitu sebagai alat untuk menampung dan menyesuaikan dengan teknik lain untuk keperluan evaluasi, c) member check yaitu dengan mendatangi kembali informasi sambil memperlihatkan data yang sudah diketikpada lembar catatan lapangan yang sudah disusun menjadi paparan data temuan penelitian.
Kajian skripsi ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan usaha kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru PAI di SMP Sunan Giri Malang, 2) dampak motivasi kepala sekolah terhadap kinerja mengajar guru PAI, 3). Mendeskripsikan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat usaha kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi mengajar guru PAI di SMP Sunan Giri Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diadakan penelitian dilapangan. Dalam menetapkan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu: teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan pertimbangan.
Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Peran kepala sekolah dalam meningkatkan meningkatkan motivasi mengajar guru PAI antara lain: Mengikutsertakan guru dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran, Mengikutsertakan dalam penataran, dan mengikutkan seminar/diskusi. Sedangkan dampak peran kepala sekolah terhadap peningkatan mengajar guru PAI adalah: a) meningkatnya kedisiplinan guru, b) menumbuhkan rasa tanggung jawab, c) suasana belajar menjadi nyaman. Adapun Faktor pendukung: a) Pengertian dan kerjasama tenaga kependidikan sekolah; b) Semangatnya siswa untuk mengikuti pelajaran; c) Masyarakat yang bernuansya islami; d) Hubungan antara tenaga kependidikan sekolah dengan pengurus yayasan. Faktor penghambat: a) Lemahnya ekonomi wali murid; b) Tidak adanya musholla di sekolah; c) Kurangnya anggaran dana untuk meningkatkan fisik sekolah.
Dari uraian di atas diharapkan kepala sekolah lebih meningkatkan motivasi guru dan mengarahkan para guru sehingga dapat menumbuhkan kesadaran guru untuk lebih meningkatkan kualitas mengajar.
ABSTRACT
The quality of an educational institution depends on the headmaster as educational leader. The headmaster has a very important role in advancing the institution he leads. So the headmaster has to guid of monitoring and motivating the teachers in the field of study. The efforts to increase motivation and professionalism of teachers to teach will be more successful if carried out by teachers with the skills and their efforts. But often the teachers still need the help from others because they do not understand what kind of procedures and mechanisms to obtain a variety of sources that are necessary in an effort to increase the ability of teachers in teaching. This is where the headmaster efforts are needed to improve the motivation of PAI teachers in Junior High School of Sunan Giri Malang. With the efforts to increase motivation teacher conducted by the headmaster it is expected to create the quality of teaching the PAI teacher varied, interesting and full of spirit, so that will deliver students to success. The study was descriptive qualitative research that is described, explained and interpreted the data and generate descriptive data in the form of words written / spoken of the people and behaviors that can be observed and that data is a statement. Technique data collecting by interview, observation, and documentation. Descriptive qualitative data analysis technique. Checking the validity of data, in this study using a) data triangulation technique which is a technique that checks the validity of data utilizing various outside sources such as raw data comparisons, b) the reference material as a means to accommodate and adjust with other techniques for the purpose of evaluation, c) member check is to go back the information while showing data that already diketikpada sheet field notes that have been compiled into the exposure data research findings. The study of this thesis aims: 1) Describe the principal effort in improving the motivation of teachers to teach in junior high PAI Sunan Giri Malang, 2) impact on the performance of the headmaster motivation of teachers to teach PAI, 3). Describe the factors that support and hinder efforts to improve the principal motivation of teachers to teach in junior high PAI Sunan Giri Malang. To achieve these objectives, the research conducted in the field. In determining the validity of the data, this study uses data triangulation technique, namely: data validity checking technique that utilizes a variety of outside sources of data for consideration.
From the results of research and discussion can be concluded as follows: The role of headmaster in improving teaching and improving teachers' motivation PAI include: Involve teachers in the Teacher, Enrolling in a refresher, and include a seminar / discussion. While the role of the principal effects of increasing
teachers' teaching of PAI are: a) the increased discipline of teachers, b) develop a sense of responsibility, c) learn to be comfortable atmosphere. The supporting factors: a) understanding and cooperation of school staff; b) students' enthusiasm for the course; c) bernuansya Islamic Communities; d) The relationship between school staff with the board of trustees. Inhibiting factors: a) The parents of economic weakness; b) There is no mosque in the school; c) Lack of budget funds to improve school physical.
From the above description is expected to further enhance the school's head teacher motivation and directing the teachers so as to sensitize teachers to further improve the quality of teaching.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya; Kepala Sekolah; Motivasi Guru; Role; Headmaster; Teacher Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 09:45 | ||||||
Last Modified: | 15 Nov 2022 09:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41530 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |