Responsive Banner

Penerapan strategi bauran pemasaran dalam perspektif ekonomi konvensional dan ekonomi Islam : Studi kasus pada Pabrik Tahu Jawa di Desa Branggahan-Kediri

Nurdyansyah, Nurdyansyah (2008) Penerapan strategi bauran pemasaran dalam perspektif ekonomi konvensional dan ekonomi Islam : Studi kasus pada Pabrik Tahu Jawa di Desa Branggahan-Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04130024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA :

Untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas, kita diwajibkan berusaha misalnya dengan menjadi wirausahawan. Dalam pandangan Islam berusaha itu merupakan "ibadah". Oleh karena itu, berusaha tidak hanya sebatas untuk mencari keuntungan semata tetapi juga harus menjunjung tinggi etika bisnis yang Islami seperti: jujur, amanah, adil dan halal. Persaingan pasar yang sangat kompetitif seperti era sekarang ini, menuntut seseorang wirausahawan untuk menyiapkan strategi yang matang dan tepat apabila ingin usahanya tetap bertahan dan mampu bersaing dalam dunia global. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi "Bauran Pemasaran" (Marketing Mix) yang terdiri dari 4P (Product, Price, Place/distribution, dan Promotion) sebagai alat-alat pemasarannya. Oleh karena itu wirausahawan harus memperhatikan produk, harga, tempat/distribusi dan promosinya secara efektif dan efisien. Dengan demikian, setiap konsumen akan merasa puas yang pada akhirnya akan senantiasa loyal terhadap usaha yang kita jalankan.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi fokus penelitian ini adalah pertama, bagaimana penerapan strategi bauran pemasaran Tahu Jawa, dalam perspektif ekonomi konvensional dan ekonomi Islam pada usaha Tahu Jawa di Desa Branggahan–Kediri? dan kedua, bagaimana teknik penjualan dalam pemasaran Tahu Jawa di desa Branggahan-Kediri?.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap lima perusahaan dari sepuluh perusahaan yang ada di desa Branggahan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Analisa data yang dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: editing, classifying dan verifying.

Setelah melalui tahap pengumpulan dan analisa data temuan penelitian dalam skripsi ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, penerapan strategi bauran pemasaran dalam perspektif ekonomi konvensional dan ekonomi Islam pada usaha Tahu Jawa di Desa Branggahan-Kediri belum optimal. Hal ini berdasarkan pada kurangnya penerapan srtategi unsur-unsur 4P: Produk (Kemasan, Garansi, Nama Merk, dan Design), Harga (strategi periode pembayaran), Distribusi (saluran pemasaran, transportasi), Promosi (public relation, advertising). Kedua, teknik-teknik yang dilakukan dalam penjualan Tahu Jawa di Desa Branggahan-Kediri menggunakan 1). Teknik Personal Selling, dengan cara Penjual menggunakan teknik penjualan keliling, 2). Teknik penjualan menggunakan identitas khusus seperti berpakaian rapi dan sopan, memakai topi (capil Lop) serta penjual mengunakan ucapan-ucapan yang dapat digunakan sebagai tanda. 3). Teknik pemotongan harga dan welasan (pemotongan harga bagi pelangan tetap dan memberi tambahan jumlah (welasan) produk bagi pembeli yang membeli dengan jumlah yang banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yunus, Muh
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDYunus, MuhUNSPECIFIED
Keywords: Strategi; Bauran pemasaran; Ekonomi konvensional dan Islam
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Errisa Aprillia Rengganis
Date Deposited: 05 Aug 2016 16:50
Last Modified: 05 Jan 2018 14:45
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4152

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item