Rohman, M. Fathur (2011) Profesionalisme guru PAI untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Diponegoro Tumpang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110224.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berjalan sangat cepat yang mewarnai seluruh aspek kehidupan manusia. Dalam rangka mengimbangi perkembangan IPTEK tersebut pemerintah telah menetapkan suatu kebijaksanaan untuk meningkatkan mutu pendidikan bagi setiap warganya.Pencapaian kualitas pendidikan merupakan langkah yang harus dilakukan dengan usaha peningkatan kemampuan professional yang dimiliki oleh guru, utamanya guru Pendidikan Agama Islam.Seorang guru sehubugan dengan tugasnya dalam memantau atau mengembangkan pembelanjaran inilah, maka guru dapat disebut sebagai ujung tombak pembaharuan yang berhasil, menjadi pendukung nilai-nilai dalam masyarakat, menciptakan kondisi belajar yang baik serta menjamin keberhasilan pendidikan, maka guru harus meningkatkan kompetensinya, yakni kompetensi pedagogis, kompetensi personal, kompetensi sosial, kompetensi profesional.
Berpijak dari permasalahan tersebut, maka tujuan dari pembahasan ini adalah untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru untuk meningkatkan motivasi bejar siswa,
Pendekatan terhadap permasalahan tersebut ditempuh dengan metode penelitian yang meliputi: pendekatan dan Jenis Penelitian, kehadiran Peneliti, lokasi Penelitian, Data dan Sumber Data, Prosedur Pengumpulan Data, Analisis Data, danpengecekan Keabsahan Data.
Penelitian ini dilakukan di SMA Diponegoro Tumpang Malang. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis dengan teknik analisis kualitatif, yakni data yang dikumpulkan berupa kata-kata atau gambaran-gambaran dan bukan angka. Hasil penelitian ini juga diharapkan berguna bagi Kepala Sekolah dan Guru1 di SMA Diponegoro Tumpang Malang yang bersangkutan maupun peneliti sendiri.
Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut, profesionalisme yang dimiliki guru dibuktikan dengan semua guru memiliki ijasah keguruan yang menjadi syarat profesional, kendala yang dihadapi guru tidak adanya minat unyuk melanjutkan pendidikan yang ke jenjang yang lebih tinggi karena kesejahteraan yang diberikan kurang memadai, upaya yang dilakukan guru dalam peningkatan profesionalitasnya di SMA Diponegoro telah nyata.
ABSTRACT
Development of science and technology running very quickly which runs all aspects of human life. In order to balance the development of science and technology, the government has set a policy to improve the quality of education for every warganya.Pencapaian quality of education is a step that has to do with efforts to increase professional skills possessed by teachers, especially teachers of Religious Education teachers Islam.Seorang sehubugan with its job of monitoring or develop pembelanjaran this, then the teacher may be cited as the spearhead of a successful renewal, a supporter of the values in society, creating conditions for good learning and ensure educational success, then teachers should improve their competence, ie, pedagogical competence, personal competence, social competence, professional competence.
Base of the problem, then the purpose of this discussion is to find out how the professionalism of teachers to improve students' motivation Bejar, The approach to the issue reached by the research methods include: the approach and type of study, the presence of researchers, the location of Research, Data and Data Sources, Data Collection Procedures, Data Analysis, Data Validity danpengecekan.
The research was conducted in Malang SMA Diponegoro Tumpang. To collect the data used several methods namely, observation, documentation and interviews. Then the collected data were analyzed with qualitative analysis techniques, ie data collected in the form of words or pictures rather than numbers. The results of this study is also expected to be useful for the principal and teachers at the high school is concerned Diponegoro Overlapping Malang and researchers themselves.
Based on the results of the discussion and research obtained the following conclusion, which is owned teacher professionalism as evidenced by all the teachers have a diploma teacher who became a professional requirement, the constraints faced by teachers' lack of interest unyuk continuing education to a higher level because of well-being given inadequate, efforts that teachers do in an increase in professionalism in SMA Diponegoro was real.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Amrullah, Abdul Malik Karim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profesionalime Guru; Pendidikan Agama Islam; Motivasi Belajar; Siswa; teacher professionalism; Islamic Religious Education; Motivation Learning; Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:38 | ||||||
Last Modified: | 23 Jun 2023 09:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41513 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |