Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Akademika Asrikaton Kecamatan Pakis Kabupaten Malang

Farikha, Laila (2008) Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak usia dini di Taman Kanak-Kanak (TK) Akademika Asrikaton Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04110003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (626kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pembeljaran pada anak usia dini merupakan hal yangsangat penting, sebab pembelajaran yang diberikan pada saat anak-anak akan selalu diingat sampai ia dewsa. Terutama pendidkan agama islam, sangat penting unuk diberikan pada masa usia dini agar dapat membentuk pribadi yang baik pada saaat ia dewasa kelak.

Dari permasalahan tersebut diatas peneliti melakuakn penelitia tentang 1. bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendiidkan agama islam pada anak usia dini, 2. metode apa yang digunkaan dalam pembelajaran pendidkan agama Islam pada anak usia dini, 3. hambatan yang dihadapai dalam pemeblajaran pada anak usia dini dan bagaimana upaya mengatasinya sehinga fokus penelitiannya adalah bagaimana peaksanaan pembelajaran pendidkan agama islam pada anak usia dini, metode apa saja yang digunakan dalam pembelajaranm pendidkan agama islam pada aak usia dini dan apa saja faktor yang dapat menghambat dan bagaimana upaya untuk mengatasinya.

Penelitin ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam
pengumpulan data teknik yanmg digukanann adalah meliputi interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analissi data yaitu dimulai denga reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir verifikasi (menarik kesimpulan). Pengecekna keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaaan, ketekunan pengamatan dan triagulasi.

Hasil penelitian yang ditemuakn oleh peneliti tentang metode
pembelajaran pendidikan agama islam pada anak usia dini yaitu bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam berlangsung dengan baik yang khusus diberikan pada hari jumat denga materi yang beragam. Akan tetapi nilainilai keagamaaannya telah diterapkan dalam kesehariannya. Metode yang digunakan meliputi metode praktek langsung, pemberian tugas, penyampaian materi, bermain, bercerita, bernyanyi, metode keteladanan, rewrd and punisment dn metod pembiasan. Adapun faktor yang enghambat diantaranya adalah kurangnya tenaga pengajar, trbatasnya waktu, kemampuan anak yang berbda, kurangnya dukungan orang tua.

Dalam menghadapi hambatan tersebut yaiu dengan emeberikan jam
tambahan, menggunakan berbagai metode yang menyenangkan, memberikan motivasi kepada anak didk unuk terus belajar, guru memberitahukan kepada orang tua siswa tenta ng keadaan sisw baik melalui pesan tertulis maupun pemberitahuan secara langsung di sekoalh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Fanani, Bahruddin
Keywords: Metode Pembelajaran; Anak Usia Dini
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:49
Last Modified: 05 Aug 2016 09:49
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4151

Actions (login required)

View Item View Item