Sofyan, Wahyu (2011) Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dari segi profesionalisme guru di SMK NU 04 Ma’arif Pakis – Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110198.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
SMK NU 04 Ma’arif Pakis – Malang merupakan sebuah lembaga pendidikan yang di dalamnya terdapat suatu proses aktivitas pendidikan yang melibatkan beberapa orang dengan menggunakan sarana dan fasilitas guna mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Adapun orang-orang yang terlibat di dalamnya adalah kepala sekolah beserta stafnya, baik tenaga pengajar maupun tenaga administratif lainnya. Kepala sekolah sebagai pemimpin dalam lembaga pendidikan berfungsi sebagai administrator dan juga supervisor. Sebagai administrator kepala sekolah bertugas dan bertanggung jawab terhadap kemajuan lembaga, baik mengenai program pendidikan, pengelolaan kesiswaan, kepengajaran, kepegawaian, keuangan, serta sarana dan prasarana. Sedangkan sebagai supervisor kepala sekolah bertanggungjawab untuk membantu dan membimbing guru dalam meningkatkan keprofesionalan dan kompetensi guru demi tercapainya tujuan pendidikan Islam tang telah ditetapkan serta untuk memupuk suatu upaya bagi kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekolah yang dipimpimnya.
Berdasarkan uraian di atas, penulis dapat merumuskan permasalahan yang perlu di kaji yaitu Bagaimana tipe kepemimpinan kepala sekolah SMK NU 04 Ma’arif Pakis – Malang, apa saja usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK NU 04 Ma’arif Pakis – Malang, dan apa saja peran kepala sekolah dalam usahanya meningkatkan kualitas pendidikan di SMK NU 04 Ma’arif Pakis – Malang.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tipe kepemimpinan kepala sekolah di SMK NU 04 Ma’arif Pakis – Malang, untuk mengetahui usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK NU 04 Ma’arif Pakis – Malang, dan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK NU 04 Ma’arif Pakis – Malang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Maka untuk memperoleh data yang berkaitan dengan permasalahan di atas, dalam skripsi ini penulis menggunakan metode interview, observasi, angket dan dokumentasi. Selanjutnya di analisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan teknik prosentase.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah memegang peranan yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di SMK NU 04 Ma’arif Pakis – Malang. Tipe kepemimpinan yang dikembangkan kepala sekolah SMK NU 04 Ma’arif Pakis – Malang selalu berupaya untuk terus
melakukan peningkatan kualitas pendidikan dengan memposisikan dirinya sesuai dengan perannya yaitu sebagai administrator dan supervisor. Adapun usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK NU 04 Ma’arif Pakis – Malang dengan mengadakan program yang ingin dicapai dari tiap-tiap bidang. Dalam bidang ketenagaan, kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, serta bidang keuangan. Sedangkan sebagai administrator, kepala sekolah berusaha untuk mengelola dan mengawasi bidang administrasi kesiswaan, pengajaran, kepegawaian, keuangan serta sarana dan prasarana dengan sebaik-baiknya. Adapun sebagai supervisor kepala sekolah berusaha membantu memberi supervisi kepada stafnya dalam menyusun program, mempertinggi kecakapan dan ketrampilan mengajar, serta mengadakan evaluasi secara berkelanjutan.
ABSTRACT
SMK NU 04 Ma’arif Pakis-Malang is an educational institution which in it there is a teaching and learning process that uses some people using facilities to reach the specified goal. The people who are in this institution are the headmaster and his staff, teachers, and others. The headmaster as a leader in his institution has function as administrator and supervisor. As an administrator, he has duty and responsibility on the institution progress, educational program, student’s management, teaching and learning process, officialdom, finances, and facilities. As a supervisor, he has responsibility to help and supervise teachers in improving their professionalism and competence in order to reach the goal of Islamic education which had been specified to improve the education quality in his school.
Based on the explanation above, researcher can make the statement of the problem as follows: what type of leadership which had by the headmaster of SMK NU 04 Ma’arif Pakis-Malang, what efforts he does in improving the educational quality in SMK NU 04 Ma’arif Pakis-Malang, and what leading roles he does in improving the educational quality in SMK NU 04 Ma’arif Pakis-Malang. The purposes of this research are to know the type of leadership which had by the headmaster of SMK NU 04 Ma’arif Pakis-Malang, the efforts he does in improving the educational quality in SMK NU 04 Ma’arif Pakis-Malang, and the leading roles he does in improving the educational quality in SMK NU 04 Ma’arif Pakis-Malang.
The research design which is used in this research is quantitative descriptive. To get the data as the problem above, the researcher uses interview, observation, inquiry, and documentation. Next, it is analyzed by using quantitative descriptive analysis and percentage technique.
From the research finding, it shows that the headmaster had the main role in improving the education quality in SMK NU 04 Ma’arif Pakis-Malang. Type of leadership which is applied by headmaster of SMK NU 04 Ma’arif Pakis-Malang is always to keep improving quality of education is like his responsibility and duty as administrator and supervisor. The efforts of the headmaster in improving quality of education in SMK NU 04 Ma’arif Pakis-Malang by having program in each sector, in officialdom, curriculum, student’s management, facilities, and finances. And as an administrator, the headmaster always efforts to manage and supervise student’s administration, teaching and learning process, officialdom, finances, and also facilities. As a supervisor, the headmaster always efforts to help and supervise his staff in program arrangement, improve teaching ability, and evaluate all program continually.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Peran Kepala Sekolah; Kualitas Pendidikan; Headmaster’s Roles; Quality of Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:38 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 11:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41508 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |