Wirawan, Andre (2011) Efektifitas pembelajaran bidang studi Al-Qur’an Hadits melalui metode menghafal bagi siswa kelas VII MTs Negeri Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110182.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam mempelajari al Qur’an Hadits tidak hanya memfokuskan pada membaca saja, akan tetapi melibatkan para murid dalam kegiatan membaca, menelaah, dan menghafal al Qur’an Hadits baik secara keseluruhan maupun sebagian surat atau ayat saja. Sebenarnya untuk menguasai tugas-tugas yang diberikan yaitu menghafal al-Qur’an Hadits adalah mudah, akan tetapi mudah pula untuk lupa. Oleh karena itu, ketekunan dan keuletan sangat diperlukan. Hal ini tentunya merupakan salah satu contoh kendala tersendiri yang memerlukan penyelesaian yang tentunya tidak semudah membalikkan tangan. Sehingga, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian. Peneliti lebih memfokuskan pada madrasah tingkat Tsanawiyah, adapun pokok pembahasannya mengenai: Efektifitas Pembelajaran Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Melalui Metode Menghafal Bagi Siswa Kelas VII MTs Negeri Batu.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. “Penelitian eksperimen digunakan untuk melihat hubungan sebab akibat kepada dua atau lebih variabel dengan memberi perlakuan lebih (treatment) kepada kelompok eksperimen. Hipoteseis dari penelitian ini adalah: metode menghafal lebih efektif daripada metode ceramah dalam peningkatan nilai siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIIA MTs Negeri Batu dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa.
Hasil penelitian dari data kuantitatif yang diperoleh dari tes dan hasil tes bidang studi Al-Quran Hadits adalah sebagai berikut: Berdasarkan analisis statistik menggunakan tes-t dibahas dalam bab IV, t hitung yang didapat dari tes akhir yaitu 0,473 lebih kecil dari pada t tabel yang memiliki taraf signifikan 95% yaitu 1,68. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode menghafal pada pelajaran Al-Quran Hadits dan dari mereka yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran ceramah pada siswa kelas VII di MTs Negeri Batu Tahun ajaran 2010/2011. Sehingga, hipotesis penelitian ini terbukti. Sementara itu, pencapaian kelompok eksperimen lebih baik dari kelompok kontrol karena nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 14,50 sedangkan kelompok kontrol adalah 14,15. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa metode menghafal lebih baik dibandingkan dengan metode ceramah.
ABSTRACT
In learning al-Qur’an Hadits, it doesn’t only focus on reading, but also it should make the students to read, understand, and memorize al-Qur’an Hadits in full or part of verses. Actually, it is very easy to memorize and also to forget. So, diligence and perseverance are badly needed. This problem absolutely needs to solve which is not as easy as keep turning hand. That’s why the researcher is interested to have research. He focuses on Islamic Junior High School and his study is: the effectiveness of teaching al-Qur’an Hadits through memorizing method to the seventh grade students of Islamic Junior High School of Batu.
The research design which is used in this research is quantitative research. The research method which is used is experimental. Experimental research is used to know the correlation between two or more variables by giving more treatment to the experimental group. The hypothesis of this study is: memorizing method is more effective than lecture method in improving students’ achievement. Subject of this research is 40 students of seventh grade A of Islamic Junior High School of Batu.
Research finding from Al-Qur’an Hadits test as follows: based on the statistical analysis using t-test which is studied in chapter IV, coefficient t observed which is got from post test is 0,473. It is smaller than coefficient critical value of t table with the level of significance 95% is 1,63. It can be concluded that there is significant difference between the students’ Al-Qur’an Hadits achievement taught by using memorizing method and those who are taught by using lecture method on the seventh grade of Islamic Junior High School of Batu academic year 2010/2011. So, the hypothesis of this research is proved. Moreover, the achievement of experimental group is better than control group because the average of experimental group is 14,50 while the control group is 14,15. Therefore, it can be concluded that using memorizing method in teaching Al- Qur’an Hadits is better than lecture method.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Efektifitas; Metode Menghafal; Effectiveness; Memorizing Method | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:38 | ||||||
Last Modified: | 16 May 2023 10:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41507 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |