Arifin, Zainal (2011) Upaya guru agama dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Islam Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04110148.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Guru Pendidikan Agama Islam (di sekolah maupun di luar sekolah), seperti halnya guru mata pelajaran lain, bukanlah orang yang serba tahu. Lebih-lebih dengan tersedianya berbagai alternatif sumber informasi baik dalam bentuk cetak maupun elektronik. Sebagaimana tugas guru umum yang bertanggung jawab membelajarkan peserta didik, Guru Pendidikan Agama Islam dituntut mampu menerapkan pembelajaran agama secara efektif. Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai peran sangat penting bagi keberhasilan pendidikan agama Islam. Secara teoritis, keberhasilan proses pendidikan dalam membangun kompetensi beragama siswa antara lain dipengaruhi oleh ketepatan seorang guru dalam memilih dan mengaplikasikan metode-metode penanaman nilai-nilai agama. Membicarakan pendidikan agama adalah membicarakan tentang keyakinan, pandangan dan cita -cita hidup dan kehidupan umat manusia dari generasi ke generasi. Pendidikan agama tidak dapat dipahami sebatas „pengajaran agama‟. Prestasi belajar merupakan suatu proses perubahan yang terjadi dalam diri seseorang baik pengetahuan keterampilan dan sikap. Perubahan ini dapat dilihat secara langsung juga ada yang tidak dapat dilihat secara langsung. Perubahan yang dapat dilihat secara langsung dapat diketahui melalui sikap, tingkah laku. Sedang perubahan yang tidak dapat dilihat sebelumnya dapat diketahui dengan cara pemberian tes. Karena itu, parameter keberhasilan pendidikan agama tidak cukup diukur hanya dari segi seberapa jauh anak menguasai hal-hal yang bersifat kognitif atau pengetahuan tentang ajaran agama atau ritus-ritus keagamaan semata.Lebih-lebih penilaian yang diberikan melalui „angka-angka‟ yang didasarkan pada seberapa siswa didik menguasai materi sesuai dengan buku ajar. Justru penekanan yang lebih penting adalah seberapa dalam tertanamnya nilai-nilai keagamaan tersebut dalam jiwa dan seberapa dalam pula nilai-nilai tersebut terwujud dalam tingkah laku dan budi pekerti siswa didik sehari-hari. Wujud nyata nilai-nilai tersebut dalam tingkah laku dan budi pekerti sehari-hari akan melahirkan budi luhur (akhlakul karimah)
Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskripsikan upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP Islam Jabung Malang. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Islam Jabung Malang. Untuk mendiskripsikan upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi hambatan dalam meembangun kompetensi beragama siswa di SMP Islam Jabung Malang. Penelitian ini bertujuan mendapatkan gambaran mendalam tentang upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam membangun kompetensi beragama siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang
hasilnya berupa data deskriptif berupa kata-kata tertulis / lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Untuk menciptakan kompetensi beragama siswa di sekolah, maka Guru Pendidikan Agama Islam menerapkan perencanaan membangun kompetensi beragama siswa, kegiatan ekstra keagamaan. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam membangun kompetensi beragama siswa adalah pendekatan kelompok yaitu seluruh kelas, dimana siswa boleh pindah dari satu pokok bahasan ke pokok bahasan selanjutnya. Dalam pelaksanaan pembelajaran tentu tidak selancar seperti yang diharapkan, semua itu tidak terlepas dari hambatan-hambatan yang ada, diantaranya adalah terbatasnya waktu, padatnya materi dan diberlakukannya UAN dan UAS, minat siwa kurang, minimnya pemahaman sebagian Guru Pendidikan Agama Islam terhadap penanaman nilai-nilai agama kepada siswa, penilaian hasil belajar dan pelaporan yang rumit dan kurangnya perhatian orang tua. Sedangkan faktor pendukung Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di SMP Islam Jabung Malang adalah sumber daya manusia Guru Pendidikan Agama Islam yang bagus, sarana dan prasarana yang memadai, input siswa yang cukup tinggi, dukungan dari pemerintah dan beberapa stakeholder lainnya dan adanya kegiatan ekstra keagamaan.
ABSTRACT
The Teacher of Islamic Education (in school or out school), like teacher of other lesson, be not people who know everything. More available multiple of alternative information center in form although electronic. In the same manner as general duty who has responsible of learn the student, the Teacher of Islamic Education strive for able to applying the process of learn in religious according to effective. The Teacher of Islamic Education has important character to success in Islamic Education. According to the theoretical, be successful process education in begun the religious competence of student influence by appropriate the teacher in choose and to be connected begun the methods religious moral. Talk about islami education is same with talk about believing, a view and dreams of life and human life from generation to generation. The religious education can not be understand just ’religious learn’. The success of study is process of change in someone like skilled and attitude. The change can see directly and can not see directly. The change is can see with directly from attitude, behavior. While the change can not be see by directly, before knowing with giving test. Because of, parameter success of religious education is not enough measure from far of the aspect to able cognitive knowladge or religious knowladge. The score giving by ’numbers’ is basis to how far the student know about the material according to the book’s material. Eactly the pressure, more important is how far the religious value in the soul of student and how far the moral applying to the behavior and attitude of student in activity. The fact that value in behavior and attitude for daily activity will create good attitude (akhlakul karimah)
The purpose of this research is to discribe eforts of the Teacher Islamic Education to grown the achievement study of student in SMP Islam Jabung Malang. To know the factor of support and cumberer eforts the teacher of islamic education to grown the achievement study of student in SMP Islam Jabung Malang. To discribe eforts the teacher of Islamic Education to solve the obstacle in bagun religious competence the student in SMP Islam Jabung Malang. This research purpose to get the picture of eforts the teacher islamic education in begun religious competence to student. This research is using kualitative method that the result of the research is descriptive data, the form is written words/mouth from people and the behavior research.
To create religious competence for student in the school, then the Teacher of Islamic Education giving a plan to begun religious competence the student, the religious activity. The eforts of Teacher Islamic Education begun religious competence of student close by group that is all class, where the student can move from main topic to the next main topic. In doing the proccess of study fixed not fast like with the hope, that all is not free from obstacles, like limited time, full of material, and be valid of UAN dan UAS, the minus interest of student, the minimum of understanding some Teacher Islamic Education about giving religious value to student, the score result from study and crucial report and minimum of attention parents. Whereas the support of eforts, from Teacher Islamic Education in grown the achievement study of student in SMP Islam Jabung Malang is energy of human source the good Teacher Islamic Education, the good medium and infrastructure, the high input from student, support from the government and some stakeholder and religious activity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashori, Bashori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Guru Pendidikan Agama Islam; Prestasi Belajar; Teacher of Islamic Education; Archievement Study | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:38 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41506 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |