Alam, Anil Bachtiar (2009) Upaya Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam membina dan meningkatkan Profesionalitas tenaga pengajar Di MTs Al Hidayah Wajak Kab. Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02110237.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dituntut untuk berupaya meningkatkan mutu pendidikan disekolah yaitu dengan cara meningkatkan profesionalitas tenaga pengajar dalam proses belajar mengajar. Sebab hasil belajar sebagian besar ditentukan oleh profesionalitas guru oleh karena itu guru merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain untuk mengetahui bagaimana profesionalitas guru di MTs Al Hidayah Wajak Kab. Malang. Untuk mengetahui sejauh mana usaha yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru di MTs Al Hidayah Wajak Kab. Malang. Dan untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat usaha yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka meningkatkan profesionalitas guru di MTs Al Hidayah Wajak Kab. Malang.
Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif metode dengan teknik analisis deskriftif-kualitatif sedangkan teknik pengumpulan data melalui metode intervieuw, documenter dan observasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dideskripsikan secara mendetail serta dikorelasikan dengan teori-teori kepemimpinan pendidikan.selanjutnya dinterpretasikan dalam sebuah kesimpulan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini secara singkat menunjukan bahwa, pertama, kepala sekolah di MTs Al Hidayah Wajak Malang telah berjalan dengan baik dalam upayanya sebagai supervisor dengan gaya demokratis, kooperatif, partisipatif dan delegatif. Kedua, kepala sekolah dalam usaha-usahanya yang cukup relevan dan signifikan untuk meningkatkan profesionalitas guru dan segenap kegiatan belajar mengajar dapat berjalan secara efektif dan efisien, yang pada gilirannya dapat mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran yang telah diharapkan. Ketiga, faktor yang mendukung usaha kepala sekolah sebagai supervisor adalah membuka berbagai jenis kegiatan dan pelatihan yang mendukung sebagai sarana pemberdayaan potensi-potensi tenaga kependidikan yang bekerja dilingkungan sekolah secara efektif dan efesien sehingga mampu secara produktif. Sedangkan, faktor yang menghambat upaya kepala sekolah adalah masalah ekonomi dan hambatan finansial dari pihak sekolah, keluarga serta kurangnya kesadaran guru akan pentingnya kedisplinan dan tanggung jawab guru dalam mengajar.
ABSTRACT
Head master as a supervisor of education is expected to do some efforts in increasing the quality of education at the school that is by increasing teacher’s professionalism in the learning process.it is an obligation, because most of the resultof learning is depended on the teacher’s professionalism.therefore,teacher is one of the some important factors in obtaining a success of education.and the main purposes of this research are to know how far the effort that has been done by the head master as asupervisor of education in icreasing teacher’s
Professionalism is.and the last purpose is to know how many factors which support and to know what kinds of supported and decreased factors which appear in the process ofincreasing teacher’s professionalsm at al hidayah islaic junior high school Wajak Malang.
This research uses qualitative methodology: the technique is doing descriptive qualitative analsyis.while the technique of collecting data trough interview method,documentasion,and observation.then,the
colleted data analsyis is described explicitly and it si correlated with the theory of educational leaderhip.finally,it is interpreted in a conclusion.
The conclusion of this research at glance shows that first:the head master at al hidayah Islamic junior highSchool has done his obligation as the supervisor of education well.second; the head master has tried to increase the teacher’s professionalism and every learning activity can run effectively and efficiently,which is expected in obtaining the purpose of education.third; some factors that support the head master has tried to increase the teacher’s profesionalism and every learning activity can run efficiently,which is expected in obtaining the purpose of education. Third;some factors that support the head mater as the supervisor can produce some various activies and workshops which can support in creasing the quality of teachears that work in the school efficiently.And the decreased factor the effort of the head master is economic and financial problem from the school institution,family, and less of teacher emotion about the important of discipline and the responsibility of the teacher when they are teaching.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sulalah, Sulalah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala Sekolah; Supervisor Pendidikan; Profesionalitas Tenaga Pengajar; head master; supervisor of Education; teacher’s professionalism | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:40 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41502 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |