Responsive Banner

Analisis prestasi belajar Bahasa Arab santri Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah antara santri Mukim dan santri Kalong: Studi kasus di Pondok Pesantren Modern Babussalam Putri Kerjo Mojorejo Kebonsari Madiun

Laili, Putri Nurul (2012) Analisis prestasi belajar Bahasa Arab santri Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah antara santri Mukim dan santri Kalong: Studi kasus di Pondok Pesantren Modern Babussalam Putri Kerjo Mojorejo Kebonsari Madiun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
08110128.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pondok Pesantren merupakan salah satu bentuk lingkungan yang dapat mempengaruhi prestasi siswa. Adapun yang dimaksud dengan Pondok Pesantren adalah lembaga Pendidikan keagamaan yang mempunyai kekhasan tersendiri dan berbeda dengan lembaga Pendidikan lainnya. Penyelenggaraan Pendidikan dalam lingkungan Pondok Pesantren juga ada Pendidikan formal terutama dalam pembinaan dan perkembangannya. Dikatakan demikian karena Pondok Pesantren tidak hanya berfungsi sebagai lembaga sosial, untuk itu diharapkan Pondok Pesantren menjadi pelopor pembangunan masyarakat sesuai dengan potensi dan pengetahuan yang dimilikinya.

Dengan kedudukan siswa sebagai santri, berarti mereka mempunyai tugas ganda yang harus dilaksanakan, mereka dituntut untuk berhasil dan sukses baik sebagai pelajar maupun santri. Berbeda halnya dengan santri yang hanya mempunyai tanggung jawab terhadap pelajaran di sekolah saja.

Bahwa lingkungan tempat tinggal di dalam dan di luar Pondok Pesantren mempunyai suasana lingkungan yang berbeda yang dapat menunjang dan menghambat prestasi belajar siswa. Dalam lingkungan Pondok Pesantren mempunyai suasana Pendidikan yang lebih kondusif serta aktifitas sosial kemasyarakatan dan ekonomi dalam Pondok Pesantren lebih terjaga dan ada sanksi apabila hal tersebut di langgar.

Berpijak pada latar belakang di atas maka dapat dirumuskan sebagai berikut : 1). Bagaimana prestasi belajar santri mukim Kulliyatul Mu’alimat Al- Islamiyah Pondok Pesantren Modern Babussalam Putri ?, 2). Bagaimana prestasi belajar santri kalong Kulliyatul Mu’alimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Modern Babussalam Putri?

Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mendeskripsikan : 1). Prestasi belajar santri mukim Kulliyatul Mu’alimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Modern Babussalam Putri, 2). Presatsi belajar santri kalong Kulliyatul Mu’alimat Al-Islamiyah Pondok Pesantren Modern Babussalam Putri.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian deskriptif
kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan fenomena- fenomena yang apa adanya di lokasi penelitian. Data yang dihimpun penelitian adalah melalui pengamatan yang seksama, wawancara dan dokumentasi agar hasil penelitian tersusun sistematis maka langkah-langkah peneliti dalam menganalisa data adalah pertama, dengan memilih hal-hal yang pokok dalam dan memfokuskan kepada hal-hal yang penting, kedua menyajikan data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat, tabel dan sejenisnya, ketiga menarik kesimpulan guna menjawab rumusan masalah yang dirumuskan sejak awal.

Hasil dan analisis data dapat disimpulkan adalah bahwa prestasi belajar santri mukim sangat memuaskan karena upaya-upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi belajar santri yaitu dengan memberikan dorongan atau semangat belajar, memberikan pengajaran atau ketuntasan materi, fasilitas penunjang pelajaran dan memberikan perhatian atau pendekatan yang baik bagi santri yang kurang berprestasi agar prestasinya lebih baik lagi, karena perhatian mempunyai peran yang sangat penting dalam kegiatan belajar. Begitu juga dengan prestasi belajar santri kalong tidak ada bedanya dengan prestasi belajar santri mukim karena dalam pembelajaran tidak ada penanganan yang khusus bagi santri mukim maupun santri kalong. Faktor-faktor kesamaan dalam prestasi belajar santri Kulliatul Mu’alimat Al-Islamiyah antara santri mukim dan santri kalong yaitu antara lain :

a. Faktor perhatian dalam proses belajar menjajaran
b. Faktor motivasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa c. Faktor guru dan cara mengajarnya

ABSTRACT

Boarding School is one of the environments that can influence student achievement. While the definition of boarding school is an institution of religious education that has its own peculiarities and it has different from other education institutions. Delivery of education in a boarding school environment is also formal education, especially in coaching and development. It is so because the boarding school not only serves as a social institution, but it is also expected to board school became a pioneer of community development in accordance with the potential and knowledge.

With the position of students as Santri, in interpretation they have a double task to be performed, they are required to be successful both as a student or Santri. It is Different from students who only have a responsibility to the lessons at school.

The environment in boarding school and out of boarding school has a different condition that can support and hinder student achievement. Boarding school has a more conducive situation than staying in out of boarding school, and it has social and economic activities that can be more alert.

Based on the background in Chapter I, it can be formulated as follows: 1). How to be a resident of students in learning achievement Kulliyatul Mu'alLimat Al-Islamiyah Babussalam Princess Modern Boarding School?, 2). How are the learning achievement of santri kalong Kulliyatul Mu'alLimat Al-Islamiyah Babussalam Modern Boarding School Putri?

The objectives of the study are: 1). Learning achievements of student mukim Kulliyatul Mu'alimat Al-Islamiyah Babussalam Modern Boarding School Putri, 2). Students Learning achievements of santri kalong Kulliyatul Mu'alimat Al-Islamiyah Babussalam Modern Boarding School Putri.

The research was conducted using a qualitative descriptive study by describing or illustrating the phenomena that it is at the sites. Data collected by the researcher is through observation, interviews and documentation in order to study systematically arranged. So the steps in analyzing the data are: first, selecting the main things and focus on things that are important. Second, presenting data done in the form of a brief description, tables. Third, drawing conclusions to answer the formulation of the problems are formulated from the beginning.

The results and data analysis can be concluded that students learning achievement Santri Mukim is very satisfying because of the efforts that teachers do to improve students learning achievement is to give encouragement or enthusiasm for learning, providing instruction or completeness of material, support facilities and learning to pay attention or a good approximation for underachieving students for better performance, because of the full of attention that has a crucial role in learning activities. And also learning achievement of Santri Kalong is no different from in learning achievement of Santri Mukim because, in learning there is no special treatment for them. The same factors in the learning achievements of students of Kulliatul Mu'alimat Al-Islamiyah are:

a. Attention factor in learning process
b. Motivating factor for improving student achievement c. Teacher factors and the way how teachers teach

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Masduki, Masduki
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMasduki, MasdukiUNSPECIFIED
Keywords: Prestasi Belajar; Pondok Pesantren; Learning Achievement; Boarding Schools
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadlli Syahmi
Date Deposited: 14 Nov 2022 10:41
Last Modified: 14 Nov 2022 10:41
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41491

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item