Rohmah, Nihayatur (2016) Pengembangan bahan ajar matematika berbasis buku fabel berkarakter untuk meningkatkan hasil belajar tematik materi bangun datar kelas IV A SD Islam As-Salam Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
12140033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (9MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan bahan ajar berbasis buku fabel berkarakter materi bangun datar merupakan salah satu sumber belajar untuk membantu meningkatkan hasil belajar tematik pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD/MI. Bangun datar merupakan bangun dua dimensi yang memiliki panjang dan lebar, tetapi tidak memiliki tinggi atau ketebalan. Konsep bangun datar sering kali dirasakan sulit bagi siswa yang tidak paham, karena untuk memahami konsep siswa membutuhkan pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, dengan adanya bahan ajar berbasis buku fabel ini dapat membantu siswa memahami konsep materi melalui aktivitas hewan dalam cerita fabel.
Tujuan peneliti mengembangkan bahan ajar ini adalah: (1) Menghasilkan bahan ajar berbasis buku fabel berkarakter pada materi bangun datar, (2) Mengetahui tingkat kemenarikan bahan ajar berbasis buku fabel berkarakter dan (3) Mengetahui pengaruh bahan ajar berbasis buku fabel berkarakter terhadap peningkatan hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R & D), dengan desain pengembangan bahan ajar Borg, W.R and Gall, M.D yang memiliki 10 langkah dalam prosedur rancangan dan pengembangannya. Subyek penilaian produk untuk kelayakan bahan ajar terbatas pada 3 para ahli antara lain ahli materi, ahli desain, dan ahli pembelajaran matematika kelas IV A, sasaran uji coba produk yaitu seluruh siswa kelas IV A SD Islam As-Salam Malang yang berjumlah 26 siswa.
Hasil dari penelitian dan pengembangan bahan ajar tematik berbasis praktikum memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 80%, ahli desain mencapai 83,3%, ahli pembelajaran matematika kelas IV A mencapai 78%, dan hasil uji coba lapangan mencapai 84,5%. Hasil perhitungan uji-t dari pre-test dan post-test kelas eksperimen thitung diperoleh sebesar 6,77. Selanjutnya hasil perolehan thitung akan dilakukan uji hipotesis dengan taraf signifikasi 0,05 (5%) dan derajat kebebasan (db=25) adalah 2,06 jadi thitung (6,77) > ttabel (2,06). Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikasi antara sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar matematika berbasis buku fabel berkarakter materi bangun datar terhadap hasil belajar siswa.
ENGLISH:
The development of learning materials based characteristic fables book in material 2D Shapes is one of learning resources to improve the results of thematic learning on mathematical subjects in fourth grade at SD/MI. 2D Shapes is shapes that have the length and width, but didn’t has height or thickness. The concept of a 2D Shapes include in difficult category for students who didn’t understand, because to understand the concepts need real experience in everyday life. So, with a learning material based-fabled book can help students to understand the concept of material through the activity of animals in the fable.
The purpose of this research are: (1) Produce a learning materials based characteristic fables book in material of 2D Shapes, (2) Know the interesting level of learning materials based on characteristic fables book (3) know the influence of learning materials based on characteristic fables book to increase the learning outcomes of student.
The Research methods used in this research is a Research and Development (R D &) and the development design adopted from Borg, W. R. and Gall, M. D which have 10 steps in the procedure design and development. The subject of eligibility assessment for a product limited to 3 experts such as: materials expert, design expert, and mathematic learning expert in IV A class, the trial products consist for 26 students in IV A class at SD Islam As-Salam Malang.
The results of the research and development in thematic learning material based practicum has validity criteria based on the results of material expert reached the level of validity 80%, design experts reach 83,3%, mathematic learning expert in IV A class reached 78%, and the results of field trials reached 84.5%. The results of T-test from pre-test and post test in experimental class is 6.77 with a hypothesis test for significant value 0.05 % and degrees of freedom (db = 25) get the value 2.06. it can be seen t-test (6.77) > t-table (2.06). The results of hypothesis is Ha received and Ho rejected. So that it can conclude that there is a significance differences between before and after using a mathematics learning materials based on characteristic fables book in material of 2D Shapes to increase the learning outcomes of students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djunaidi, Arif | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bahan Ajar; Fabel; Bangun Datar; Learning Materials; Fables Books; 2D Shapes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Nugroho Dwi Setyanto | ||||||
Date Deposited: | 05 Aug 2016 16:48 | ||||||
Last Modified: | 05 Aug 2016 16:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4149 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |