Hasanah, Uswatun (2011) Penggunaan media berbasis audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 12 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
07110141.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam pemilihan metode pembelajaran tentunya membutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu seorang guru dalam menyampaikan pesan bisa lebih jelas dan dipahami oleh siswa. Selain itu media pembelajaran dapat membangkitkan motivasi dan minat belajar yang baru dalam diri siswa. Salah satu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran adalah meda audio visual. Media ini mempunyai kemampuan yang lebih, karena media ini mengandalkan dua indera sekaligus, yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan. Dengan media tersebut diharapkan bisa membangkitkan motivasai dalam belajar dan memperjelas materi yang disampaikan.
Penelitian ini mendeskripsikan tentang penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 12 Malang. Dengan rumusan masalah yang peneliti gunakan adalah penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual, peranan media pembelajaran audio visual, dan faktor pendukung dan faktor penghambat media pembelajaran audio visual dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 12 Malang.
Penelitian ini termasuk penelitian deskrifsif kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis dapat menggunakan analisis deskriftif kualitatif yaitu berupa data-data yang tertulis atau dari interview dari pihak-pihak tersebut.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, penggunaan media pembelajaran audio visual tidak dapat disiarkan langsung dengan parabola melainkan dengan rekaman VCD. Adapun kurikulum yang digunakan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah saat ini, tetapi pelaksanaannya ditambahkan dengan media pembelajaran audio visual. dan media audio visual mempuyai peranan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Adapun kendala yang dihadapi dalam pembelajaran audio visual adalah: a) keterbatasan rekaman materi, b) progam tidak dapat diulang, c) siswa yang terlambat. Dan penunjangnya adalah: a) tersedianya media audio visual, b) tersedianya waktu untuk menggunakan media audio visual, c) kedisiplinan guru.
Adapun dalam proses pembelajarannya ada faktor penghambat seperti keterbatasannya rekaman siaran materi sejarah kenabian, adanya alat yang rusak, dan lain-lain. Adapun faktor pendukung seperti tersedianya audio visual dan VCD projector diruangan lab. komputer. Sehingga dapat digunakan untuk mengakses kapan saja dan lai-lain.
ABSTRACT
In the selection method of learning itself requires a medium of learning that can assist a teacher in conveying the message could be more clear and understood by students. Besides learning media can generate motivation and interest in new learning in students. One of media that can be used in audio-visual learning is Meda. This media has a greater ability, because the media relies on two senses at once, the sense of hearing and sense of vision. With the media is expected to generate motivasai in learning and clarify the material presented.
This study describes the use of audio-visual media-based learning in enhancing students' motivation in learning PAI in SMP Negeri 12 Malang. With the formulation of the problem that the researchers use is the use of audio-visual media-based learning, learning the role of audio visual media, and the factors supporting and inhibiting factors media audio-visual learning in enhancing students' motivation Islamic Religious Education in SMP Negeri 12 Malang.
This study includes deskrifsif qualitative research, data collection is done by using the method of observation, interviews, and documentation. The analysis can use the qualitative descriptive analysis of the data is written or from interviews of the parties.
The results of this study are as follows, the use of audio-visual instructional media can not broadcast directly by satellite dish but with VCD recordings. The curriculum used in accordance with the curriculum set by the current government, but implementation is added to the audio-visual learning media. mempuyai visual and audio media role in improving students' motivation. The constraints faced in the audio-visual learning are: a) the limitations of the recording material, b) program can not be repeated, c) students who are late. And supporting are: a) availability of audio visual media, b) availability of time to use the audio visual media, c) the discipline of teachers.
As for the learning process there are inhibiting factors such as limitations of prophetic history record the broadcast content, the broken tools, and others. The supporting factors such as availability of audio visual and projector VCD the room lab. computer. So it can be used to access anytime and started on.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Rahmawati | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Audio Visual; Motivasi; dan PAI; Audio Visual Media; Motivation; and PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 14 Nov 2022 10:47 | ||||||
Last Modified: | 14 Nov 2022 10:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/41484 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |